• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Haruskah Dicabut?

Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Haruskah Dicabut?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Haruskah Dicabut?

“Jika gigi bungsu tumbuh miring, risiko infeksi dan masalah lainnya bisa saja timbul. Satu-satunya cara untuk mengatasinya dengan mencabut gigi bungsu. Prosedurnya sering disebut operasi gigi bungsu. Selain mencabut gigi, dokter biasanya juga mengurangi sedikit jaringan di sekitarnya.”

Halodoc, Jakarta – Ibarat anak, yang lahir paling terakhir di suatu keluarga, biasanya disebut sebagai bungsu. Gigi bungsu pun demikian, karena tumbuh paling terakhir, yaitu sekitar usia 17-21 tahun. Bila gigi bungsu tumbuh miring, hal ini bisa jadi menimbulkan masalah. 

Gigi bungsu yang tumbuh miring atau ke arah yang salah, bisa melukai jaringan di sekitarnya, seperti gusi hingga pipi bagian dalam. Kondisi ini memicu rasa nyeri dan pembengkakan. Lantas, haruskah gigi bungsu yang tumbuh miring dioperasi? Yuk, simak lebih lanjut pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Baru Tumbuh, Mengapa Gigi Bungsu Terasa Sakit?

Mengatasi Gigi Bungsu Tumbuh Miring

Karena tumbuh di usia dewasa, biasanya sudah tidak ada lagi ruang tersisa di rahang untuk ditempati gigi bungsu. Akibatnya, gigi bungsu yang berusaha keluar akhirnya tumbuh miring menempati sela-sela kosong yang tersedia.

Namun, gigi bungsu tidak selalu miring. Jika ukuran rahang masih cukup untuk menampung, gigi bungsu bisa tumbuh lurus dan tidak menimbulkan masalah. Pada kondisi ini, pencabutan atau operasi tidak diperlukan.

Di dalam istilah medis, gigi bungsu tumbuh miring disebut juga impaksi gigi bungsu. Satu-satunya cara untuk mengatasinya melalui prosedur operasi. Meski terdengar menakutkan, operasi gigi bungsu termasuk dalam prosedur yang ringan.

Prosedur ini memakan waktu yang singkat dan tidak diperlukan rawat inap setelahnya. Jadi, operasi gigi bungsu sebenarnya hampir sama dengan pencabutan gigi. Hanya saja, dokter gigi biasanya melakukan sedikit pengurangan jaringan di sekitar gigi bungsu.

Bila gigi bungsu masih dalam kondisi terinfeksi, prosedur operasi biasanya tidak bisa langsung dilakukan. Dokter biasanya akan melakukan penanganan terlebih dahulu, dengan memberi obat-obatan, berupa antibiotik dan pereda nyeri. Setelah infeksi sembuh, barulah operasi bisa dilakukan. 

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Inilah Fungsi Utama Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu juga bisa dilakukan sebelum adanya masalah yang muncul. Inilah pentingnya rutin memeriksakan gigi, setidaknya satu kali dalam setahun.

Bila dokter menjumpai ada potensi gigi bungsu untuk tumbuh miring, tindakan operasi bisa dilakukan untuk pencegahan infeksi. Jadi, jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, ya. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit.

Tips Meredakan Nyeri untuk Sementara

Beberapa orang mungkin masih ragu untuk menjalani operasi, meski memiliki gigi bungsu tumbuh miring. Bisa jadi karena takut, belum ada waktu, atau masalah biaya. Sayangnya, tidak ada pengobatan alternatif untuk mengatasi kondisi ini selain operasi. 

Namun, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk meredakan nyeri akibat gigi bungsu untuk sementara, yaitu:

  1. Minum Obat Pereda Nyeri OTC

Obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep (over the counter/OTC) bisa jadi solusi untuk meredakan nyeri sementara. Kamu bisa minum paracetamol atau ibuprofen, yang bisa dibeli tanpa resep di apotik. 

Meski bisa meredakan nyeri dan bengkak, obat pereda nyeri hanya memberi efek yang sementara. Artinya, kamu tetap perlu memeriksakan diri ke dokter gigi. 

  1. Kumur Air Garam

Air garam bisa membantu meredakan infeksi bakteri yang menumpuk di sekitar gigi bungsu. Jadi, kamu bisa coba redakan nyeri akibat infeksi gigi bungsu dengan berkumur air garam.

Baca juga: Bukan Cuma Infeksi, Ini Alasan Gigi Bungsu Mesti Dicabut

  1. Kompres Hangat dan Dingin

Kompres hangat bisa memperlebar pembuluh dan melancarkan aliran darah di area infeksi. Sementara itu, kompres dingin bisa meredakan peradangan dan pembengkakan. 

Jadi, kamu bisa coba lakukan kompres hangat dan dingin bergantian di area yang terinfeksi. Misalnya, kompres hangat selama 15 menit, lalu dilanjut kompres dingin selama 15 menit. 

Itulah pembahasan mengenai gigi bungsu tumbuh miring, dan penanganan yang diperlukan. Dapat diketahui bahwa bila tumbuh miring, gigi bungsu harus dicabut agar tidak menimbulkan masalah. Lebih baik lagi bila kamu rutin memeriksakan kondisi gigi, sehingga potensi masalah gigi bungsu bisa diketahui sedini mungkin. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Impacted Wisdom Teeth.
Mouth Healthy. Diakses pada 2021. Wisdom Teeth
Healthline. Diakses pada 2021. Why Do We Have Wisdom Teeth?