• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gigi Mudah Ngilu, Kenali 8 Gangguan Mulut Ini

Gigi Mudah Ngilu, Kenali 8 Gangguan Mulut Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Gigi Mudah Ngilu, Kenali 8 Gangguan Mulut Ini

“Gigi ngilu dapat mengganggu aktivitas. Jangan abaikan gigi ngilu, kondisi ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan pada gigi dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Kondisi gigi sensitif, gigi berlubang, adanya abses periapikal, sering menggertakkan gigi, hingga penggunaan produk perawatan gigi berlebih menjadi alasan gigi mudah ngilu.”

Halodoc, Jakarta - Gigi ngilu kerap membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan gigi ngilu bisa muncul secara tiba-tiba, apalagi jika kamu sedang melakukan aktivitas, seperti makan dan minum. Sebaiknya jangan abaikan kondisi ini, ya. Gigi ngilu bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada gigi maupun gusi.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab gigi ngilu? Di dunia medis, gigi ngilu dapat disebabkan berbagai hal, mulai dari kerusakan lapisan gigi hingga kebiasaan buruk. Yuk, simak ulasannya di bawah ini 

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

1. Gigi Sensitif

Gigi sensitif akan memunculkan sensasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Nah, rasa ngilu ini terjadi sebagai respons terhadap sejumlah kondisi. Contohnya, setelah makan atau minum makanan yang terlalu panas atau dingin.

Rasa ngilu yang terjadi dapat berlangsung sementara atau jangka panjang, serta pada satu gigi atau pada beberapa gigi secara bersamaan. Lalu, apa yang menyebabkan gigi sensitif? 

Gigi sensitif dapat terjadi ketika menipisnya enamel gigi atau terbukanya akar gigi. Rasa tidak nyaman pada gigi juga bisa disebabkan karena gigi retak, gigi berlubang, atau prosedur medis yang dilakukan pada gigi, seperti prosedur memutihkan gigi. 

2. Gangguan pada Gusi

Gigi ngilu juga bisa menandai adanya gangguan pada gusi. Gangguan pada gusi ini bisa dipicu berbagai hal. Mulai dari perawatan gigi yang kurang baik, penumpukan karang gigi, terlalu keras menyikat gigi, hingga kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.

Radang gusi merupakan salah satu gangguan pada gusi yang umum terjadi. Kondisi dikarenakan lapisan plak atau bakteri yang menumpuk di gigi. Meski bukan sebuah penyakit periodontal yang tidak menyebabkan kerusakan, tetapi bila tidak diobati radang gusi dapat berkembang menjadi periodontitis. Kondisi ini dapat akan menyebabkan dampak yang lebih serius hingga terjadinya kehilangan gigi.

Baca juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

3. Abses Periapikal

Selain dua hal di atas, abses periapikal tau abses gigi juga bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Abses gigi merupakan kondisi ketika terdapat kumpulan nanah di pangkal gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

4. Gigi Berlubang

Masalah gigi yang satu ini bisa menimbulkan beragam gejala, salah satunya membuat gigi terasa ngilu. Gigi berlubang bisa disebabkan berbagai hal, tetapi umumnya terjadi akibat bakteri atau kuman yang menggerogoti gigi. 

Jangan main-main dengan gigi berlubang, sebab masalah ini bisa menimbulkan nyeri atau sakit yang mungkin tak tertahankan. Pada beberapa kasus, gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi. Mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal. 

5. Gigi yang Retak

Timbulnya rasa ngilu pada gigi bisa disebabkan oleh gigi yang retak. Gigi retak bisa disebabkan karena mengunyah makanan yang terlampau keras. Selain itu, benturan atau pukulan dan usia yang makin bertambah juga dapat memicu gigi retak menjadi retak. 

6. Tambalan gigi rusak atau longgar

Gigi ngilu bisa disebabkan oleh tambalan gigi yang rusak atau longgar. Tambalan yang sudah longgar bisa memengaruhi akar gigi, sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu. 

7. Memiliki Kebiasaan Menggertakan Gigi

Kebiasaan menggertakan gigi meningkatkan risiko pengikisan pada email gigi. Hal ini memicu gigi berlubang sehingga lubang menuju saraf gigi terlihat. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa ngilu hingga sakit gigi yang cukup mengganggu.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak 

8. Penggunaan Perawatan Gigi Berlebih

Menggosok gigi dan menggunakan cuci kumur mulut merupakan kebiasaan baik yang dapat digunakan untuk merawat gigi. Namun, penggunaan berlebih membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Hal ini disebabkan produk perawatan gigi yang ditemukan di toko memiliki kandungan alkohol dan kimia lainnya. Apalagi jika area dentin sudah terbuka, kondisi ini bisa memicu rasa ngilu yang lebih buruk.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah gigi ngilu? Kamu bisa bertanya langsung dengan dokter gigi melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What causes sensitive teeth, and how can I treat them?
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Toothache.
Health. Diakses pada 2020. 14 Reasons Your Tooth Hurts.
WebMD. Diakses pada 2020. What Causes Sensitive Teeth?
Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Biggest Causes of Tooth Sensitivity.