• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gizi Anak yang Harus Dipenuhi saat MPASI

Gizi Anak yang Harus Dipenuhi saat MPASI

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Gizi Anak yang Harus Dipenuhi saat MPASI

Halodoc, Jakarta - Orangtua harus memerhatikan gizi anak dengan baik. Selama enam bulan pertama kehidupan, bayi mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang dari ASI atau susu formula. Secara bertahap, tepatnya pada usia enam bulan, nutrisi juga berasal dari makanan padat. Tahap pemberian makanan padat ini juga disebut sebagai MPASI (makanan pendamping air susu ibu). 

Menu MPASI sebaiknya menggabungkan berbagai sumber bahan makanan dalam MPASI untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Untuk mencukupi gizi anak, berikan sumber makanan yang bervariasi sebagai menu MPASI Si Kecil. Hal ini karena satu jenis makanan saja biasanya tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak secara harian. 

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Kandungan Gizi Anak yang Penting dalam MPASI

Perlu dipahami, tidak ada yang namanya nutrisi atau gizi yang tidak penting. Hanya saja, beberapa gizi berperan lebih besar dalam makanan bayi dibanding yang lainnya. Berikut ini adalah gizi yang dibutuhkan bayi yang sedang tumbuh untuk berkembang:

1. Protein

Saat memasuki fase MPASI, waktu yang tepat bagi Si Kecil untuk mulai mencicipi makanan kaya protein lainnya, termasuk telur, daging, ayam, ikan dan beberapa biji-bijian yang mengandung protein. 

2. Kalsium

Makanan ramah bayi dan kaya kalsium seperti keju susu murni (cheddar, muenster) dan yogurt susu murni, ricotta, dan keju cottage adalah tambahan yang lezat dan bergizi. 

3. Biji-bijian Utuh dan Karbohidrat Kompleks

Makanan ini mengandung vitamin dan mineral penting, serta beberapa protein untuk asupan harian bayi. Pilihan makanan yang bisa diperkenalkan yaitu roti gandum, sereal gandum utuh, pasta gandum, beras merah, lentil, buncis, dan kacang polong. 

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

4. Vitamin A, B, C, dan E

Keempat vitamin ini berperan penting untuk pertumbuhan bayi, meningkatkan perkembangan otak dan saraf yang sehat, serta fungsi dan perkembangan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Adapun vitamin-vitamin ini terkandung dalam beberapa makanan, seperti:

  • Wortel dan ubi jalar (vitamin A)
  • Sayuran hijau, pisang, dan kacang-kacangan (vitamin B)
  • Tomat, stroberi, dan melon (vitamin C)
  • Sereal dan biji-bijian (vitamin E). 

5. Makanan Berlemak Tinggi

Penting untuk memastikan bahwa asupan lemak dan kolesterol tidak turun terlalu rendah. Itulah alasannya sebagian besar produk susu yang disajikan untuk bayi (keju, yogurt) harus penuh lemak atau dibuat dari susu murni. Lemak dalam dosis sehat juga bisa diperoleh dari alpukat atau minyak zaitun. 

6. Besi

Sereal bayi yang diperkaya bisa memenuhi kebutuhannya dengan mudah. Zat besi tambahan bisa berasal dari makanan kaya zat besi seperti daging, kuning telur, bibit gandung, roti dan sereal gandum, kacang polong kering yang dimasak, dan kacang-kacang lainnya saat dimasukkan ke dalam makanan. 

7. Asam Lemak Omega-3

Kelompok lemak esensial, omega-3 (termasuk DHA), sangat penting untuk pertumbuhan, penglihatan, dan perkembangan otak bayi yang optimal. Setelah kebiasaan makan bayi mulai terbentuk, tambahkan makanan lain yang tinggi asam lemak omega-3, seperti ikan (salmon), daging, tahu, biji rami, minyak kanola, dan yogurt, sereal, dan telur yang diperkaya DHA. 

Baca juga: Ketahui Jenis MPASI yang Paling Cocok untuk Si Kecil

8. Cairan

Begitu bayi mulai MPASI pada usia 6 bulan, cairan tidak hanya bersumber dari ASI atau susu formula saja. Dalam jumlah kecil mulai masuk sumber lain, seperti minum air putih saat makan, serta buah dan sayuran yang berair. Saat cuaca panas, cairan harus meningkat. Bila perlu tawarkan air saat suhu melonjak. 

Itulah yang perlu diketahui tentang gizi anak yang harus dipenuhi saat MPASI. Mungkin masih banyak wawasan seputar gizi anak lainnya, ayah dan ibu bisa berdiskusi dengan dokter gizi spesialis anak melalui aplikasi Halodoc sesuai tumbuh kembang Si Kecil. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2021. Nutritional Needs of Babies: the First 12 Months
Health Engine. Diakses pada 2021. Nutrition in Children