• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Golongan Darah Anak dan Ayah Tidak Selalu Sama, Ini Faktanya

Golongan Darah Anak dan Ayah Tidak Selalu Sama, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Mengetahui jenis golongan darah menjadi hal yang penting bagi diri sendiri atau orang lain. Hal ini disebabkan tiap individu memiliki jenis golongan darah yang berbeda satu sama lain. Ada beberapa jenis golongan darah yang perlu diketahui, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Golongan Darah

Pada anak, golongan darah yang dimiliki belum tentu mengikuti sang ayah. Hal ini disebabkan golongan darah yang dimiliki oleh anak mengikuti gen yang lebih kuat di antara ayah atau ibunya. Berikut ini fakta tentang kemungkinan golongan darah yang dimiliki oleh anak dari orangtua dengan golongan darah yang berbeda.

Golongan Darah Anak dan Ayah Belum Tentu Sama

Bukan hanya pada antar individu, golongan darah pada anak dan ayah pun nyatanya belum tentu sama. Meskipun Gen, DNA, golongan darah, dan banyak bagian dari diri anak yang bersumber dari orangtua, belum tentu golongan darah yang dimiliki anak akan sama dengan ayahnya.

Orangtua memberikan banyak informasi mengenai gen atau DNA dirinya pada anak melalui darah. Umumnya, pasangan suami istri dengan golongan darah yang sama, akan memiliki golongan darah yang sama dengan anak yang dilahirkan.

Namun, jika golongan darah kedua orangtua berbeda, tentunya yang memiliki gen paling dominan yang akan diikuti oleh anak.

Baca juga: Bukan Cuma Golongan Darah, Rhesus Juga Perlu Diketahui

Melalui hal ini, ayah belum tentu memiliki gen yang paling dominan. Sehingga anak dan ayah belum tentu memiliki golongan darah yang sama.

Melansir Dr. Greene, berikut ini golongan darah yang akan dimiliki anak sesuai dengan golongan darah orangtua.

  1. Orangtua dengan golongan darah A dan B akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, AB, bahkan O.
  2. Orangtua dengan golongan darah A dan AB akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, dan AB.
  3. Orangtua dengan golongan darah A dan O akan memiliki anak dengan golongan darah A dan O.
  4. Orangtua dengan golongan darah B dan AB akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, dan AB.
  5. Orangtua dengan golongan darah B dan O akan memiliki anak dengan golongan darah B dan O.
  6. Orangtua dengan golongan darah AB dan O akan memiliki anak dengan golongan darah A dan B.

Itulah fakta seputar golongan darah yang akan dimiliki oleh anak berdasarkan golongan darah yang dimiliki oleh orangtua.

Tidak ada salahnya orangtua melakukan tes golongan darah pada anak agar mengetahui golongan darah yang dimiliki oleh anak ke rumah sakit terdekat setelah anak dilahirkan.

Ketahui Pentingnya Mengetahui Golongan Darah

Melansir The Globe and Mail, sangat penting mengetahui golongan darah diri sendiri maupun anak-anak. Hal ini diperlukan untuk mencegah kesalahan dalam melakukan transfusi darah atau menjalani pengobatan dengan metode operasi.

Ketidakcocokan darah yang diterima dari penyumbang darah dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang dikenal sebagai inkompatibilitas ABO.

Inkompatibilitas ABO dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan tubuh mengalami kondisi pusing, demam, nyeri pada perut, urine yang disertai darah, hingga pembengkakan pada area suntikan jarum yang digunakan untuk transfusi darah.

Baca juga: Urine Disertai Darah, Hati-Hati Gejala Inkompatibilitas ABO

Inkompatibilitas ABO yang tidak segera diatasi dengan baik dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan, seperti penggumpalan darah, gagal jantung, hingga menurunnya tekanan darah.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan tentang golongan darah, tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Dr. Greene. Diakses pada 2021. Blood Types 102: The Role of A, B, O, and AB Groups in Determining Paternity
The Globe and Mail. Diakses pada 2021. Why Should I Know My Blood Type?