Goyang Ala Duo Semangka, Ini Dampaknya Buat Kesehatan Payudara

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Goyang Ala Duo Semangka, Ini Dampaknya Buat Kesehatan Payudara

Halodoc, Jakarta – Sebegitu “kreatifnya” upaya-upaya orang mencari nafkah, sampai menggunakan segala aset, termasuk payudara. Pasti kamu pernah mendengar tentang duo semangka yang memiliki goyangan khas dengan memantul-mantulkan dadanya.

Dengan ukuran yang cukup besar tersebut, payudara digoyangkan seperti mau jumpalitan. Yang melihat saja ngilu, apalagi yang melakoni? Sedangkan saat joging saja kamu butuh sport bra untuk mendukung payudara supaya tidak sakit saat memantul. Lantas, menjadikannya semacam “goyangan”, apakah bisa berdampak pada kesehatan?

Melukai Jaringan dan Mengubah Bentuk

Menurut Dr. Joanna Scurr dari University of Portsmouth Breast Health Research Group, payudara yang memantul—apalagi sengaja dipantul-pantulkan tidak hanya menyakitkan, tetapi juga bisa membahayakan kesehatan payudara. 

Ini tidak hanya menempatkan perempuan dengan payudara besar akan risiko kesehatan, tetapi pemilik payudara dengan ukuran rata-rata saja juga bisa mengalami gangguan kesehatan bila secara intens dilakukan. 

Baca juga: Masih Populer, Ketahui 3 Hal Penting tentang Permak Payudara

Salah satu risikonya adalah kerusakan permanen pada struktur pendukung payudara, sehingga menyebabkan payudara melorot. Kemudian, risiko-risiko kesehatan apalagi yang membuat memantul-mantulkan payudara, baik sengaja mau maupun tak sengaja bisa berdampak pada kesehatan?

  1. Ukuran Payudara

Semakin besar payudara yang seorang perempuan miliki maka semakin berat juga beban yang dibawa. Sejatinya gravitasi akan menarik payudara dan membuat bahu “dipaksa” menurun secara tidak langsung. Apalagi bila kamu tidak membiasakan diri jalan tegak. 

  1. Rasa Nyeri dan Sakit

Cobalah kamu olahraga, seperti joging atau jenis olahraga lain yang melibatkan aktivitas melompat dan atraktif. Penggunaan bra yang tidak tepat, kekecilan, terlalu longgar, atau yang cup-nya tidak bisa menampung dada secara keseluruhan akan menimbulkan nyeri pada dada. Rasa nyeri ini bisa berlangsung sampai waktu yang lama, apalagi kalau ada ligament atau jaringan pada payudara yang menegang akibat goncangan.

  1. Menyebabkan Stretch Mark

Stretch mark sering dikaitkan dengan kehamilan atau penurunan berat badan yang dramatis, tetapi juga bisa menjadi akibat dari gravitasi. Payudara yang lebih besar dapat tertarik dan menyamping ketika berbaring. Ini dapat berkontribusi untuk meregangkan kulit dan menimbulkan lipatan di antara payudara dari waktu ke waktu. Itu saat berbaring saja dalam kondisi netral. Apalagi kalau diguncang-guncang?

  1. Mengubah Ukuran 

Bukan dalam pengertian yang baik ya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Portsmouth, terdapat perubahan struktur payudara perempuan yang aktif berolahraga. Perubahan ini adalah payudara yang menurun memanjang sampai 2 sentimeter, karena tarikan ligament coopers pada payudara yang terus-menerus memantul ke atas dan ke bawah.

Baca juga: Terdapat Benjolan pada Payudara, Ini Penyebabnya

Pergerakan tak terkendali pada payudara ketika kamu tidak mengenakan sport bra yang tepat dapat mengubah bentuk payudara sedemikian rupa. Bisa dipastikan tidak hanya ukuran saja, tetapi ini juga melibatkan rasa sakit. 72 persen perempuan yang berolahraga pernah merasakan rasa sakit di dada karena guncangan dan hentakan. 

Punya masalah dengan kesehatan payudara? Bisa tanyakan langsung ke HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu kapan dan di mana saja. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Tentunya, inilah alasan kenapa menggunakan bra yang tepat adalah salah satu cara untuk menghindar dari sakit dan nyeri pada payudara. Nah, setelah membaca artikel ini, apa yang kamu bayangkan setiap melihat duo semangka beraksi?

Referensi:

Health.com. Diakses pada 2019. 5 Things You Really Shouldn’t be Doing to Your Breast.
The Conversation. Diakses pada 2019. Bouncing breasts: The Science of the Sport Bra.
Buband. Diakses pada 2019. 5 Ways Boob Bounce is Bad for Your Breasts.