• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Dapat Dilakukan agar Bayi Prematur Tumbuh Cerdas

Hal yang Dapat Dilakukan agar Bayi Prematur Tumbuh Cerdas

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Hal yang Dapat Dilakukan agar Bayi Prematur Tumbuh Cerdas

“Selain melakukan perawatan secara medis, ibu bisa memberikan ASI eksklusif di awal kehidupan Si Kecil. ASI dapat mengoptimalkan perkembangan otak bayi yang bisa membuat bayi prematur tumbuh cerdas. Ibu juga bisa lakukan stimulasi yang sesuai dengan usia bayi agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berlangsung lebih optimal.”

Halodoc, Jakarta – Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin dan memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizi ibu hamil menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelahiran prematur. Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu atau lebih rendah. 

Bukan hanya pada ibu, kelahiran prematur juga dapat menyebabkan dampak pada bayi. Komplikasi jangka panjang, seperti gangguan pada otak dan penurunan kecerdasan menjadi hal yang berisiko dialami bayi dengan kelahiran prematur. Namun jangan khawatir, ibu bisa simak dalam artikel ini perawatan yang bisa dilakukan agar bayi prematur tumbuh cerdas.

Perawatan Bayi Prematur Agar Pertumbuhannya Optimal

Saat bayi mengalami kelahiran prematur kondisi ini menyebabkan bayi berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Hal ini terjadi karena kondisi organ tubuh yang belum tumbuh dan berfungsi secara sempurna. 

Minggu terakhir bayi dalam kandungan merupakan usia yang sangat penting karena pada tahap ini otak dan paru-paru bayi akan terbentuk dengan sempurna. Tidak hanya itu, biasanya bayi akan mengalami kenaikan berat badan yang baik di minggu terakhir dalam kandungan.

Komplikasi dapat dialami oleh bayi kelahiran prematur. Komplikasi jangka panjang dapat berupa gangguan pada otak dan penurunan kecerdasan. Namun, ibu jangan khawatir, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi komplikasi jangka panjang pada bayi prematur. Dengan begitu, bayi prematur dapat tumbuh cerdas. 

Lalu, bagaimana merawat bayi prematur tumbuh cerdas? Pertama, ibu harus memastikan kondisi kesehatan bayi prematur tetap stabil. Kemudian, jangan ragu untuk memberikan ASI pada bayi prematur.

ASI menjadi salah satu asupan yang sangat berharga bagi para bayi, khususnya bayi prematur. Dengan memberikan ASI secara rutin pada bayi kondisi ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak baik dengan lebih optimal. Hal ini disebabkan ASI dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang bayi.

Pada ASI terdapat kandungan protein yang bisa menjaga kesehatan pencernaan bayi. Kandungan lemak berfungsi untuk meningkatkan berat badan, serta kandungan karbohidrat.

Sebuah penelitian di Washington University School of Medicine di St. Louis, bayi prematur yang mengonsumsi ASI sekitar 50 persen kebutuhannya memiliki lebih banyak jaringan pada otak dan permukaan kortikal yang lebih luas dibandingkan dengan bayi prematur yang lebih sedikit mengonsumsi ASI.

Menurut Cynthia Rogers, MD, asisten profesor psikiatri anak di St. Louis Children Hospital, memberikan ASI secara rutin dapat memberikan efek positif pada perkembangan otak bayi prematur. 

Bayi prematur yang diberikan ASI lebih banyak memiliki volume otak yang lebih besar. Para peneliti pun menemukan kaitan antara ukuran volume otak dan perkembangan kognitif bayi prematur.

Keterlambatan pertumbuhan dan perkembang pada bayi prematur umum terjadi karena adanya perbedaan usia. Hal yang harus dilakukan orangtua adalah sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir. 

Selalu stimulasi anak dengan hal-hal yang sesuai dengan usianya. Ibu bisa bertanya langsung pada dokter anak cara menghitung usia bayi prematur dengan tepat. Dengan begitu, ibu dapat memberikan stimulasi yang sesuai agar pertumbuhan dan perkembang bayi lebih optimal. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Tumbuh kembang yang optimal tentunya membuat bayi prematur tumbuh cerdas. Jangan khawatir, menginjak usia 2 – 2,5 tahun, umumnya bayi prematur mampu mengejar dan menyesuaikan kemampuannya dengan anak-anak.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Baby Centre. Diakses pada 2021. How Can I Help My Premature Baby to Catch Up With Her Development?
Washington University School of Medicine in St. Louis. Diakses pada 2021. Breast Milk Linked to Significant Early Brain Growth in Preemies.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Breastfeeding Benefits for Preemies.
Parents. Diakses pada 2021. Parenting a Premature Baby: What to Expect.