• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Dapat Mengurangi Risiko Vertigo Kambuh

Hal yang Dapat Mengurangi Risiko Vertigo Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Hal yang Dapat Mengurangi Risiko Vertigo Kambuh

“Risiko vertigo kambuh bisa diminimalisir, bila kamu memahami apa yang jadi penyebabnya. Secara umum, upaya yang bisa dilakukan adalah menghindari posisi yang memicu serangan, mengurangi asupan garam, dan menerapkan gaya hidup sehat.”

Halodoc, Jakarta – Saat vertigo kambuh, rasanya tentu sangat mengganggu, bukan? Pusing dengan sensasi sekeliling berputar adalah ciri khas dari kondisi ini. Untuk mengurangi risiko kekambuhan, kamu perlu memahami penyebab dari vertigo itu sendiri. Simak tipsnya berikut ini!

Baca juga: Cara Mengurangi Gejala Vertigo di Rumah

Tips Mencegah Vertigo Kambuh

Vertigo sebenarnya adalah sekumpulan gejala, dan penting untuk memahami apa penyebabnya. Namun, secara umum, berikut ini tips mencegah vertigo kambuh:

  1. Hindari Posisi yang Memicu Serangan

Vertigo yang disebabkan oleh BPPV (benign paroxysmal positional vertigo) biasanya kambuh karena posisi kepala tertentu. Cobalah ingat-ingat posisi apa yang memicu kekambuhan, dan sebisa mungkin menghindarinya.

  1. Kurangi Asupan Garam

Bila vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere, mengurangi asupan garam bisa jadi upaya untuk mencegah kekambuhan. Mengurangi asupan garam dipercaya dapat mengurangi tekanan dari endolimfatik, serta menurunkan frekuensi parahnya penyakit Meniere penyebab vertigo.

  1. Aktif Bergerak

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Archives of Otorhinolaryngology meneliti hubungan antara aktivitas fisik dan vertigo yang disebabkan oleh BPPV pada orang berusia lanjut. Hasilnya, aktivitas fisik diketahui dapat menurunkan risiko pada wanita, tetapi tidak pada pria.

Baca juga: Adakah Obat yang Efektif Mengatasi Vertigo?

  1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Tentunya, menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan adalah hal yang penting dalam menurunkan risiko vertigo kambuh. Mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang setiap harinya, minum air putih yang cukup, istirahat, hindari stres, dan hindari kebiasaan merokok. 

Itulah beberapa tips mencegah vertigo kambuh yang bisa dicoba. Bila vertigo yang kamu idap sering mengalami kekambuhan, gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit dan jalani pemeriksaan, ya.

Referensi:
International Archives of Otorhinolaryngology. Diakses pada 2021. Physical Activity in the Prevention of Benign Paroxysmal Positional Vertigo: Probable Association. 
Emedicine Health. Diakses pada 2021. Vertigo Symptoms, Treatment, Medications & Causes.
American Academy of Family Physicians. Diakses pada 2021. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV).
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Dizziness – Diagnosis and Treatment.