• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan oleh Pengidap Hipertiroid

Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan oleh Pengidap Hipertiroid

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan oleh Pengidap Hipertiroid

“Hipertiroid yang dikenal juga sebagai hipertiroidisme adalah gangguan kesehatan akibat berlebihnya jumlah hormon tiroid. Kondisi ini memicu gejala pada tubuh, seperti gangguan suasana hati hingga jantung berdebar. Jika kamu didiagnosis mengalami gangguan kesehatan ini, lakukan pengobatan secara rutin dan konsumsi makanan sehat. Jangan mengonsumsi alkohol dan merokok untuk menjaga kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Hipertiroid atau hipertiroidisme adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi dalam tubuh. Berbagai gejala dapat dirasakan oleh pengidap hipertiroid, mulai dari jantung berdebar, gangguan suasana hati, hingga penurunan berat badan.

Namun jangan khawatir, gangguan ini dapat diatasi dengan melakukan pengobatan secara medis. Selain itu, ada hal yang harus diperhatikan ketika kamu mengidap hipertiroid agar gangguan kesehatan ini tidak semakin memburuk. Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Jangan Sepelekan Bahaya Hipertiroidisme yang Perlu Diketahui

Kenali Gejala Hipertiroid

Hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid memproduksi hormon melebihi jumlah yang dibutuhkan. Hal ini bisa disebabkan akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Sebenarnya, hormon tiroid memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh, seperti proses metabolisme, mengatur suhu tubuh, hingga mengatur denyut jantung.

Namun, hormon tiroid yang berlebihan dapat menyebabkan sejumlah keluhan kesehatan pada pengidapnya, seperti:

  1. Detak jantung cepat.
  2. Gemetar dan gugup.
  3. Penurunan berat badan secara tiba-tiba.
  4. Peningkatan frekuensi BAB.
  5. Gangguan penglihatan.
  6. Gangguan menstruasi pada pengidap wanita.
  7. Keringat berlebihan.
  8. Gangguan tidur.
  9. Kerontokan rambut.

Itulah gejala hipertiroid yang perlu diwaspadai. Tidak ada salahnya untuk segera melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan gejala hipertiroid.

Ada beberapa kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami hipertiroid, seperti memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tiroid, memiliki riwayat penyakit anemia, diabetes, atau penyakit Addison, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung iodine, memasuki usia lanjut (60 tahun ke atas), dan sedang menjalani kehamilan.

Baca juga: Mengenal Penyebab dan Faktor Risiko Hipertiroidisme

Hal yang Harus Dilakukan Pengidap Hipertiroid

Jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat ketika mengalami gejala terkait hipertiroid. Hal yang harus dilakukan oleh pengidap hipertiroid adalah menjalankan pengobatan untuk meminimalkan risiko perburukan gejala maupun penyakit. Pengobatan dilakukan sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan dari hipertiroid.

Radioaktif iodine adalah salah satu pengobatan bagi hipertiroid. Perawatan ini dilakukan untuk menyusutkan kelenjar tiroid sehingga jumlah produksi hormon tiroid akan berkurang. Kemudian, ada tindakan operasi yang dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid. 

Pemberian obat-obatan juga bisa dilakukan untuk menurunkan gejala yang dialami oleh pengidap hipertiroid. Lakukan pengobatan secara rutin dan berkala agar kondisi ini dapat segera diatasi dengan baik.

Tidak hanya itu, pengidap hipertiroid juga harus melakukan gaya hidup sehat untuk memaksimalkan pengobatan yang sedang dijalani. Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu kamu menurunkan perburukan gejala. Perbanyak mengonsumsi sayur, buah, gandum utuh, dan makanan mengandung protein.

Jangan mengonsumsi makanan cepat saji atau yang memiliki kandungan garam berlebih. Selain itu, jangan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Baca juga: Pengidap Hipertiroidisme Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini

Lakukan olahraga secara rutin agar kondisi kesehatan dapat kembali dengan optimal. Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kondisi kesehatan yang kamu alami semakin memburuk. Kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Hyperthyroidism.

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hyperthyroidism.

Everyday Health. Diakses pada 2021. Diet and Lifestyle Tips to Help Manage Hyperthyroidism.