• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Harus Dihindari saat Mengidap Pulpitis

Hal yang Harus Dihindari saat Mengidap Pulpitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah pulpitis? Pulpitis merupakan masalah kesehatan gigi yang terjadi akibat peradangan pada bagian gigi terdalam, yang berisi saraf dan pembuluh darah, serta jaringan periradikuler yang mengelilingi akar gigi. Kondisi tersebut menjadi penyebab utama dari sakit dan tanggalnya gigi pada anak muda karena tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. 

Peradangan pada pulpa ini bukan hanya memicu rasa sakit dan tidak nyaman saja, tetapi juga meningkatkan risiko komplikasi yang mampu mengancam nyawa, seperti infeksi pada ruang fascia dalam, di bagian kepala dan leher. Parahnya, komplikasi bisa saja muncul tanpa disertai dengan gejala. Untuk mencegah munculnya komplikasi, ketahui hal-hal yang harus dilakukan setelah terdiagnosis di sini.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Setelah Didiagnosis, Ini yang Perlu Dihindari Pengidap Pulpitis

Setelah didiagnosis mengidap pulpitis, kamu bukan hanya disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saja. Beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini juga perlu dihindari agar kesehatan gigi tetap terjaga dengan baik, sekaligus menunjang proses pengobatan yang dilakukan:

1. Hindari Minuman Bersoda

Pantangan pengidap pulpitis yang pertama adalah minuman bersoda. Minuman jenis ini mengandung tinggi gula, yang menjadi penyebab gigi berlubang. Selain menyebabkan sakit gigi, minuman jenis ini dapat menyebabkan mulut kering, yang menjadi tempat bagi bakteri jahat perusak gigi. Soda juga mampu merusak warna asli gigi dan membuatnya terlihat lebih gelap atau kusam.

2. Hindari Konsumsi Buah Kering

Pantangan pengidap pulpitis selanjutnya adalah konsumsi buah kering. Buah jenis ini termasuk kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan. Buah kering cenderung sangat manis dan lengket, yang dapat membahayakan kesehatan mulut. Jika sudah terlanjur mengonsumsinya, pastikan berkumur dengan air sebelum menyikat gigi.

3. Hindari Konsumsi Makanan Asam

Bukan hanya makanan manis saja yang dapat memicu sakit gigi makanan asam pun memiliki risiko yang sama. Makanan asam tersebut termasuk permen asam, yang mampu mengikis enamel atau lapisan luar gigi. Kamu perlu mengetahui jika menyikat gigi setelah mengonsumsi permen asam tidak dapat mencegah kerusakan tersebut. Menyikat gigi justru semakin mengikis enamel gigi.

Baca juga: Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

4. Hindari Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Mengunyah es batu menjadi kebiasaan yang buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. Jika hal tersebut terus-menerus dilakukan, maka dapat merusak email gigi, sehingga gigi menjadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak. Bukan itu saja, memiliki kebiasaan mengunyah es batu dapat membuat gigi melonggar dan rentan copot.

5. Hindari Minuman Berkafein

Minuman berkafein adalah salah satu jenis minuman yang digemari banyak orang, tetapi menjadi pantangan pengidap pulpitis. Bukan hanya dapat meninggalkan noda dan mengubah warna gigi menjadi lebih kuning, kafein menjadi pemicu sakit gigi. Noda kopi yang lengket pada gigi dapat menarik partikel makanan dan juga bakteri.

6. Hindari Minuman Beralkohol

Selain menjadi pantangan pengidap pulpitis, minuman jenis ini mampu memicu kerusakan jantung dan ginjal, dehidrasi, dan mulut kering. Padahal, mulut membutuhkan air liur untuk membersihkan sisa-sisa makanan, serta melindungi jaringan dalam mulut dari infeksi dan iritasi.

Baca juga: Pentingnya Mengajarkan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Itulah sejumlah pantangan pengidap pulpitis yang perlu dihindari. Jika kondisi yang kamu alami semakin bertambah parah, segera lakukan pemeriksaan ulang di rumah sakit terdekat, ya. Ingat, komplikasi paling parah yang bisa saja muncul adalah kehilangan nyawa. Jadi, jangan disepelekan dan atasi dengan cara yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Pulpitis?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about pulpitis.
Healthline. Diakses pada 2021. The 8 Worst Foods for Your Teeth.
Health. Diakses pada 2021. Best and Worst Foods for Your Teeth.