• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Mampu Meningkatkan Kesuburan pada Wanita

5 Hal yang Mampu Meningkatkan Kesuburan pada Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang dilakukan untuk memiliki tubuh yang sehat. Mulai dari menjalankan gaya hidup sehat, pola makan teratur, hingga rajin berolahraga menjadi beberapa cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, menjaga kesehatan kesuburan menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan baik pria maupun wanita.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Kesuburan Wanita

Banyak mengonsumsi vitamin D, vitamin C, dan mengurangi stres menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan para pria untuk menjaga kesuburannya. Lalu, bagaimana cara wanita dapat menjaga dan meningkatkan kesuburan? Berikut ini penjelasan tentang beberapa hal yang mampu meningkatkan kesuburan pada wanita.

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kesuburan pada wanita berperan penting untuk menjalani masa kehamilan. Ketahui beberapa hal yang tingkatkan kesuburan pada wanita, yaitu:

1. Gaya Hidup Sehat

Melansir Mayo Clinic, menjalani gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Hindari kebiasaan merokok dan juga mengonsumsi alkohol. Selain dapat mengganggu kesuburan pada wanita, kebiasaan ini nyatanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan jantung maupun paru-paru.

2. Jaga Berat Badan

Journal of The Turkish German Gynecological Association mengatakan obesitas berkaitan langsung dengan masalah kesuburan. Wanita dengan berat badan yang berlebih berisiko alami gangguan pada kesehatan reproduksi. Selain obesitas, wanita dengan berat badan kurang sama berisiko mengalami masalah kesehatan pada reproduksi yang memengaruhi kesuburan. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu menerapkan pola makan sehat agar kamu dapat memiliki berat badan yang stabil.

Baca juga: Inilah 10 Faktor Kesuburan pada Wanita

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Melansir Healthy Women, memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, tidak ada salahnya perbanyak beberapa jenis makanan yang memengaruhi kesuburan, seperti sayuran yang berwarna hijau, buah alpukat, buah bit, yoghurt, ikan salmon, dan juga kacang-kacangan.

4. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga membantu untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Melansir Healthline Parenthood, rutin berolahraga setiap minggunya dapat berkaitan langsung dengan penurunan risiko tidak subur pada wanita sebanyak 5 persen. Jadi, jangan ragu untuk melakukan olahraga setiap harinya. Namun ingat, jangan olahraga secara berlebihan. Olahraga secara berlebihan bisa memberikan dampak buruk pada kesuburan.

5. Hindari Stres

Salah satu hal yang meningkatkan kesuburan dengan mengurangi tingkat stres yang dialami. Gangguan kecemasan, gelisah, stres, dan depresi dapat menurunkan kesuburan pada wanita. Tidak ada salahnya sempatkan untuk beristirahat atau berlibur sejenak agar mampu mengelola stres dengan baik. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung dengan psikolog agar kondisi yang kamu alami dapat segera diatasi dengan baik.

Baca juga: Awas, 6 Faktor Ini Bisa Menurunkan Kesuburan Wanita

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk tingkatkan kesuburan bagi wanita. Jangan lupa untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi memengaruhi kesehatan tubuh termasuk masalah kesuburan. Jadi, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Female Fertility
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. 17 Natural Ways to Boost Fertility
Healthy Women. Diakses pada 2020. 19 Ways to Boost Your Fertility
Journal of The Turkish German Gynecological Association. Diakses pada 2020. Impact of Obesity on Fertility in Women