• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Perlu Diketahui sebelum Tes Buta Warna

Hal yang Perlu Diketahui sebelum Tes Buta Warna

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hal yang Perlu Diketahui sebelum Tes Buta Warna

“Tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum menjalani tes buta warna. Ketika tes buta warna dilakukan, kamu akan diminta untuk menyebut angka dalam suatu diagram warna. Jika kamu tidak bisa melihat angka dalam warna tersebut, kemungkinan kamu mengalami buta warna.”

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang yang mengalami buta warna tidak sadar kalau dia mengalami gangguan tersebut. Gangguan buta warna tidak serta merta membuat penglihatanmu menjadi serba abu-abu. 

Kebanyakan orang yang buta warna mengalami kesulitan membedakan beberapa warna. Biasanya, pengidapnya tidak dapat membedakan antara merah dan hijau atau biru dan kuning. Ada banyak cara untuk mengetahui kondisi buta warna, tes yang paling umum digunakan adalah diagram berwarna. Apa saja yang perlu diketahui sebelum tes buta warna? Baca selengkapnya di sini!

Ketahui Penyebab Buta Warna

Tes buta warna dilakukan untuk mengukur kemampuan kamu dalam hal membedakan warna. Jika kamu tidak lulus tes ini, ada kemungkinan kamu memiliki gangguan penglihatan warna atau memang mengidap buta warna. Kamu dinyatakan benar-benar buta warna ketika kamu hanya melihat segala sesuatunya dengan warna abu-abu. Ini adalah kondisi yang sangat langka.

Baca juga: Bisakah Tes Buta Warna Dilakukan di Rumah?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai tes buta warna, ada baiknya kamu tahu dulu penyebab buta warna sehingga kamu bisa mengukur risiko kemungkinan mengalami kondisi ini. Buta warna dapat disebabkan oleh:

1. Genetika.

2. Penuaan.

3. Konsumsi obat atau mengalami penyakit tertentu.

4. Paparan bahan kimia.

Terkadang, masalah dengan penglihatan warna disebabkan oleh penyakit yang memengaruhi saraf optik, seperti glaukoma. Penglihatan warna yang buruk juga bisa menjadi hasil dari masalah bawaan dengan sel kerucut (fotoreseptor peka warna) di retina.

Penyakit tertentu dapat menyebabkan gangguan penglihatan warna, termasuk:

1. Diabetes.

2. Alkoholisme.

3. Degenerasi Makula.

4. Leukemia.

5. Penyakit alzheimer.

6. Penyakit Parkinson.

7. anemia sel sabit.

Kemampuan kamu melihat warna bisa membaik jika kamu menjalani perawatan untuk kondisi yang mendasarinya.

Prosedur Tes Buta Warna

Untuk anak-anak yang hendak menjalani pemeriksaan mata standar, ada baiknya mereka juga melakukan pemeriksaan ketajaman visual. Ini dapat membantu mengatasi masalah potensial sejak dini, jika anak mengalami buta warna.

Lantas, apa yang dilakukan saat tes buta warna? Jika kamu memakai kacamata atau lensa kontak, kamu harus terus memakainya selama tes berlangsung. Dokter akan menanyakan apakah kamu sedang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu, apakah kamu memiliki kondisi medis, dan apakah ada riwayat penglihatan warna yang buruk di keluarga. Sebenarnya tidak dibutuhkan persiapan khusus saat menjalani tes buta warna, pun tidak ada risiko saat menjalaninya.

Baca juga: Harus Tahu, Inilah 7 Fakta Penting Mengenai Buta Warna

Dokter mata akan meminta kamu untuk duduk di ruangan terang. Lalu, kamu akan diminta untuk menutup satu mata dan dengan menggunakan mata yang tidak tertutup, kamu diminta melihat serangkaian kartu tes. 

Setiap kartu berisi pola titik warna-warni. Ada angka atau simbol di setiap pola warna. Jika kamu dapat mengidentifikasi nomor atau simbol, kamu akan memberi tahu dokter. Angka, bentuk, dan simbol harus mudah dibedakan dari titik-titik di sekitarnya jika kamu memiliki penglihatan warna yang normal. Jika memiliki gangguan penglihatan warna, kamu mungkin tidak dapat melihat simbol. Atau kamu mungkin mengalami kesulitan membedakan pola di antara titik-titik.

Setelah memeriksa satu mata, kamu akan menutupi mata yang lain dan melihat kartu tes lagi. Dokter mungkin meminta kamu untuk menggambarkan intensitas warna tertentu seperti yang dirasakan oleh masing-masing mata. 

Baca juga: Inilah Penjelasan Tentang Buta Warna Parsial

Inilah prosedur pemeriksaan tes buta warna yang perlu kamu ketahui sebelum menjalaninya. Kalau kamu ingin tahu lebih jelas mengenai buta warna dan pemeriksaan gangguan mata lainnya, tanyakan saja langsung di Halodoc. Kamu juga bisa buat janji ketemu dokter lewat aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Colour Blindness Tests.
Healthline. Diakses pada 2021. Colour Vision Tests.