Hal yang Perlu Diketahui Soal Kurikulum Cambridge International

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hal yang Perlu Diketahui Soal Kurikulum Cambridge International

Halodoc, Jakarta - Di sekolah, proses belajar-mengajar tak lepas dari yang namanya kurikulum. Kalau memilih sekolah internasional untuk anak, kamu tentu sudah tidak asing dengan kurikulum Cambridge International, bukan? Kurikulum sekolah anak internasional ini adalah bagian dari organisasi non profit dari Cambridge Assessment, University of Cambridge, Inggris, yang pertama kali diberlakukan pada 1858. 

Di Indonesia, kurikulum Cambridge International mulai diperkenalkan beberapa tahun lalu, dan saat ini telah mengalami beberapa penyesuaian. Sebelumnya, kurikulum ini bernama Cambridge International Examination, tetapi pada 2018 berubah menjadi Cambridge Assessment International Education. Perubahan nama ini seolah menegaskan bahwa Cambridge International bukan semata-mata soal ujian, melainkan pada pendidikan itu sendiri. 

Baca juga: Jangan Asal, Ketahui Ini Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Fokus pada Minat dan Bakat

Tujuan dari penerapan kurikulum Cambridge International adalah agar siswa mencintai proses belajar itu sendiri, bukan hanya berorientasi pada hasil. Kurikulum ini juga didesain agar siswa dapat mengeksplorasi pengetahuannya dari “apa” menjadi “bagaimana”. Jika kurikulum lain biasanya mengharuskan siswa berhasil di semua subjek pelajaran, kurikulum Cambridge International justru memfokuskan pada minat dan bakat yang dimiliki siswa. 

Hal itu membuat kemampuan terspesialisasi siswa lebih terasah secara mendalam. Selain itu, keistimewaan dari kurikulum Cambridge International adalah siswa mempunyai kompetensi global, serta menjamin siswa untuk:

  • Fasih berbahasa Inggris.
  • Memiliki cara pandang internasional.
  • Mendapatkan pendidikan yang terbaru dan modern.
  • Berkesempatan untuk kuliah di kampus terbaik dunia.

Mengapa kurikulum Cambridge International bertujuan agar siswa fasih berbahasa Inggris? Sebab, kemampuan berbahasa Inggris diyakini akan membuat sekaligus melatih mental anak agar bisa bersaing secara global. Kurikulum ini juga bisa memberikan kesempatan untuk anak belajar di universitas terbaik di dunia.

Baca juga: Ini Trik yang Perlu Dilakukan Supaya Anak Enggak Takut ke Sekolah

Dari semua tujuan itu, terdengar sangat menjanjikan untuk masa depan Si Kecil, ya? Itulah sebabnya banyak orangtua yang memasukkan anaknya ke sekolah dengan kurikulum ini. Namun selain sibuk mencermati kurikulum, penting juga bagi orangtua untuk memperhatikan kesehatan dan asupan nutrisi anak, lho. Hal ini bertujuan agar anak bisa tumbuh sehat, kuat, dan tetap fokus dalam mengikuti pelajaran di sekolah, apapun kurikulumnya.

Nah, untuk urusan gizi Si Kecil, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan memanfaatkannya untuk berdiskusi dengan dokter gizi, kapan dan di mana saja. Dokter biasanya akan memberikan saran menu sehat harian untuk Si Kecil, yang bisa kamu jadikan acuan. Lalu, jika Si Kecil sakit, segeralah gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit andalan kamu, agar pemeriksaan dan pengobatan bisa segera dilakukan.

Jenjang Pembelajaran Kurikulum Cambridge International

Dalam hal jenjang pembelajarannya, kurikulum Cambridge International terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Cambridge Primary

Jenjang pembelajaran ini diperuntukkan bagi anak usia 5-11 tahun. Tujuan dari jenjang ini adalah mengajarkan dan mengarahkan anak untuk bisa mencapai hal-hal yang seharusnya bisa dicapai di usia awal. Proses pembelajarannya dilakukan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, matematika, sains, Cambridge Global Perspectives, dan ICT.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Suka Berhitung dan Matematika

2. Cambridge Lower Secondary

Jenjang pembelajaran ini diperuntukkan bagi anak usia 11-14 tahun, dengan tujuan mengembangkan dan mendalami keterampilannya. Program Cambridge Lower Secondary akan berlangsung selama tiga tahun dengan bahasa Inggris, matematika, dan sains.

3. Cambridge Upper Secondary

Kelanjutan dari jenjang sebelumnya, Cambridge Upper Secondary adalah program untuk usia 14-16 tahun. Siswa dapat memilih program ini dengan menggunakan 2 cara, yaitu Cambridge IGCSE maupun Cambridge O Level. Meski merupakan program lanjutan, setiap siswa tidak diwajibkan untuk mengikuti dan menyelesaikan tahapan Cambridge Lower Secondary.

4. Cambridge Advanced

Seperti namanya, program ini tergolong lebih advance dan diperuntukkan bagi anak usia 16-19 tahun. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan mereka masuk universitas atau perguruan tinggi. Pada tahapan ini, siswa diberikan pilihan untuk menggunakan Cambridge International AS & A Level, dan Cambridge Pre-U.

Itulah 4 jenjang pembelajaran dalam kurikulum Cambridge International. Melihat setiap program dan tahapan pembelajarannya, kurikulum sekolah anak internasional ini memiliki jumlah mata pelajaran yang lebih sedikit, sehingga materi pembahasannya akan lebih mendalam dan detail. Setiap siswa pun bahkan bisa memilih pelajaran sesuai bakat dan minatnya.

Referensi:
Cambridge Assessment International Education Official Website. Diakses pada 2020. A broad and balanced curriculum.