• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Sebabkan Kucing Tidak Mau Makan

Hal yang Sebabkan Kucing Tidak Mau Makan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hal yang Sebabkan Kucing Tidak Mau Makan

“Memeriksakan kucing ke dokter hewan adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah ada alasan yang membuatnya tidak mau makan. Sebab, penyebab utama kucing tidak mau makan adalah hewan tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Salah satunya adalah gangguan pernapasan yang membuatnya tidak dapat mencium bau makanan, sehingga tidak nafsu makan.”

Halodoc, Jakarta – Hewan peliharaan seperti kucing yang tidak mau makan, tentu dapat menimbulkan kekhawatiran pada pemiliknya. Bila hal ini terjadi, kucing akan menggunakan cadangan lemak untuk dijadikan energi. Nah, cadangan lemak tersebut akan diproses pada hati menggunakan protein. Namun, hal tersebut fatal dampaknya bila terjadi secara terus-menerus. 

Sebab, protein yang semakin menurun menyebabkan hati akan bekerja lebih keras. Alhasil, hati berlemak atau lipidosis hati akan timbul, sehingga memicu gagal hati. Maka dari itu, ketahuilah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mengapa kucing tidak mau makan. Penasaran apa saja? Simak informasinya di sini!

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Penyebab Kucing Tak Mau Makan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kucing enggan untuk makan, antara lain:

  1. Mengalami Gangguan Kesehatan Tertentu 

Penurunan nafsu makan merupakan salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh kucing. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kucing yang sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Salah satunya adalah gangguan pernapasan yang membuat kucing tidak nafsu makan. 

Pasalnya, gangguan pernapasan membuat kucing sesak napas dan terganggu penciumannya. Selain itu, sejumlah gangguan kesehatan serius lainnya juga dapat memicunya. Misalnya seperti, gangguan pencernaan, sakit gigi, gagal ginjal, adanya infeksi, pankreatitis, masalah usus, hingga kanker.

  1. Akibat Vaksinasi

Salah satu cara menjaga kesehatan kucing adalah melakukan vaksinasi. Namun, vaksinasi juga dapat menimbulkan efek samping pada sebagian kucing. Salah satu efeknya  adalah kehilangan nafsu makan. Hal tersebut bisa jadi merupakan reaksi negatif kucing terhadap suntikan. Meski begitu,  kehilangan nafsu makan akibat vaksinasi biasanya bersifat sementara dan ringan.

  1. Adanya Masalah Kesehatan Mental   

Layaknya manusia, kucing adalah makhluk yang menjalani hidup berdasarkan kebiasaan. Nah, perubahan rutinitas, perpindahan ke tempat atau lingkungan asing, hingga perjalanan jauh dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Sebab, perubahan kebiasaan dapat memicu masalah kesehatan mental pada kucing. Misalnya seperti gangguan kecemasan hingga depresi. Perlu diketahui bahwa kucing membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menyesuaikan diri dengan hal baru.

  1. Tidak Menyukai Makanan yang Diberikan

Dilansir dari The Spruce Pets, sebagian kucing dapat mengonsumsi makanan yang sama selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, lalu memutuskan untuk tidak memakannya lagi. Hal tersebut umumnya murni karena selera setiap kucing akan berbeda. 

Di samping itu, kucing juga bisa sensitif terhadap bentuk dan tekstur tertentu dalam makanan. Beberapa kucing menyukai bentuk segitiga, bisa saja sebagian lainnya menyukai bentuk bulat. Sebagian kucing juga hanya akan mengonsumsi makanan kering yang renyah atau makanan basah kalengan.

Baca juga: Jangan Sepelekan Cakaran Kucing, Ini Dampaknya

Apa yang Perlu Dilakukan?

Memeriksakan kucing ke dokter hewan adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah ada alasan yang membuatnya tidak mau makan. Jika masalah kesehatan menjadi penyebabnya, dokter hewan mungkin akan melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Misalnya seperti perubahan jenis dan jadwal makanan, meresepkan obat-obatan stimulan nafsu makan, hingga merekomendasikan pemberian makanan cair dengan jarum suntik.

Bila gangguan kesehatan bukanlah penyebabnya, beberapa hal dapat dilakukan untuk mendorong kucing mau makan. Kamu mungkin dapat mencoba mengganti rasa dan bentuk makanannya, atau memberikan makanan kaleng seperti tuna atau ayam. Pasalnya, makanan kaleng dapat bertindak sebagai stimulan nafsu makan pada kucing tertentu. Namun, jangan memberikan makanan kaleng secara berlebihan karena dapat membahayakan kucing.  

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mengapa kucing tidak mau makan. Mulai dari adanya gangguan kesehatan tertentu, adanya masalah psikologis akibat perubahan kebiasaan, hingga tidak menyukai makanan yang disajikan. 

Oleh sebab itu, selalu perhatikanlah kebiasaan kucing saat mengonsumsi makanannya. Jangan sampai kucing tidak dapat memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan pada tubuhnya. Bila hal ini terjadi, tentu dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang fatal dampaknya.

Bila kucing peliharaan mendadak tidak mau makan, segeralah periksakan dirinya ke dokter hewan. Sebab, hal tersebut bisa jadi merupakan indikasi bahwa kucing sedang sakit. Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter hewan terpercaya untuk memeriksakan kucingmu. Lewat fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. What to Do When Your Cat Won’t Eat
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 8 Reasons Why Your Cat Is Not Eating