• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Kulit saat Alami Karsinoma Sel Skuamosa

Hal yang Terjadi pada Kulit saat Alami Karsinoma Sel Skuamosa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian. Sel kanker dapat tumbuh dan menyebar pada bagian mana saja, termasuk pada bagian kulit. Berbagai jenis kanker rentan dialami oleh siapa saja, salah satunya jenis karsinoma sel skuamosa. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kanker kulit yang menyerang sel skuamosa. Sel ini membentuk lapisan tengah dan juga bagian luar kulit.

Baca juga: Ketahui Tahap Perkembangan Karsinoma Sel Skuamosa

Jenis kanker kulit ini sangat rentan menyerang bagian-bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara langsung, misalnya bagian wajah, leher, tangan, hingga kaki. Sebaiknya kenali tanda yang terjadi pada kulit ketika alami karsinoma sel skuamosa agar kamu dapat lakukan penanganan dengan tepat. Karsinoma sel skuamosa yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat membuat sel kanker menyebar pada bagian tubuh yang lain, seperti kelenjar getah bening.

Waspada Bercak Kemerahan pada Kulit

Karsinoma Sel Skuamosa menjadi salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya mutasi DNA yang menyebabkan sel skuamosa tumbuh secara tidak terkendali. Adanya mutasi DNA dapat dipengaruhi adanya paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet secara langsung. Tidak hanya itu, kebiasaan melakukan tanning pada salon perawatan tubuh juga rentan meningkatkan risiko kondisi ini.

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah atau melakukan kebiasaan tanning di salon, sebaiknya perhatikan beberapa kondisi pada kulit yang bisa menjadi tanda adanya penyakit karsinoma sel skuamosa. Melansir dari Skin Cancer Foundation, kondisi ini akan diawali dengan munculnya benjolan dan ruam kemerahan pada bagian kulit yang sering mengalami paparan sinar matahari. Selain itu, kondisi kulit akan disertai dengan kondisi bersisik, kulit yang menjadi kasar dan menebal, serta mengalami luka terbuka.

Biasanya, gejala pada kulit tersebut disertai dengan rasa gatal yang cukup parah. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami pada bagian kulit. 

Penanganan lebih dini akan membuat penyakit ini dapat diatasi dan tidak menyebar pada bagian tubuh lain sehingga menurunkan risiko gangguan kesehatan yang lebih buruk. Tidak hanya pada tubuh yang terpapar sinar matahari, kondisi ini juga dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh lain, seperti bekas luka pada kulit hingga tahi lalat.

Baca juga: Jarang Gunakan Sunscreen, Waspada Karsinoma Sel Skuamosa

Lakukan Pemeriksaan dan Pencegahan

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi adanya sel kanker pada bagian skuamosa, seperti pemeriksaan fisik pasien hingga pengambilan sampel kulit yang mengalami gejala untuk diperiksa pada laboratorium.

Karsinoma sel skuamosa yang dideteksi tentunya dapat diobati sesuai dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami. Namun, secara umum, pengobatan dapat dilakukan dengan cara:

1.Kuretase dan Elektrodesikasi

Sel kanker akan dibuang dengan cara dikuret dan menghilangkan pangkal kanker dengan cara dibakar menggunakan jarum listrik.

2.Terapi Laser

Terapi laser dapat dilakukan pada kondisi kanker kulit yang masih terbilang ringan. Sinar laser akan digunakan untuk menghancurkan sel kanker pada skuamosa.

3.Bedah Mohs

Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi karsinoma sel skuamosa yang sudah cukup besar. Proses ini akan dilakukan dengan mengangkat lapisan per lapisan kanker untuk diperiksa kembali pada laboratorium guna memastikan seluruh sel kanker telah hilang.

4.Terapi Radiasi

Tindakan ini biasanya dilakukan setelah operasi atau tindakan bedah. Selain itu, terapi ini juga dapat dilakukan ketika terdeteksi adanya risiko sel kanker akan kembali muncul.

Baca juga: Mengidap Karsinoma Sel Skuamosa, Apakah Berbahaya?

Itulah beberapa pengobatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi karsinoma sel skuamosa. Lakukan pencegahan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung saat matahari sedang terik. Mengenakan pakaian tertutup dan menggunakan tabir surya menjadi cara lain yang bisa kamu lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kesehatan kulit secara mandiri agar kondisi ini dapat ditangani lebih dini.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Squamous Cell Carcinoma of The Skin.
Skin Cancer Foundation. Diakses pada 2020. Squamous Cell Carcinoma.