• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kekurangan Fosfor
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kekurangan Fosfor

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kekurangan Fosfor

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Fosfor adalah mineral yang ditemukan di tulang dan diproses oleh ginjal. Tanda tubuh kekurangan fosfor adalah lemah pada gigi dan tulang, sendi kaku dan nyeri, kurang berenergi serta penurunan nafsu makan.”

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kekurangan FosforHal yang Terjadi pada Tubuh saat Kekurangan Fosfor

Halodoc, Jakarta – Studi dalam International Review of Cell and Molecular Biology menyebutkan, sebanyak 85 persen fosfor yang terdapat pada tubuh berada pada gigi dan tulang. Sama halnya dengan kalsium, fosfor juga punya fungsi yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Kekurangan fosfor menjadi masalah kesehatan yang sebenarnya jarang terjadi. Kondisi ini muncul ketika tubuh memiliki kadar mineral vital yang rendah. Pola makan yang buruk atau gangguan makan dapat menyebabkan defisiensi fosfor. Selain itu, kondisi medis lain yang turut menjadi pemicunya termasuk diabetes, kelainan bawaan, dan alkoholisme.

Tanda Tubuh Kekurangan Fosfor

Ketika mengalami kekurangan fosfor, tubuh akan menunjukkan gejala seperti berikut:

  • Lemah pada tulang dan gigi. Tidak berbeda dengan kalsium, fosfor juga punya peran penting untuk meningkatkan kekuatan gigi dan tulang.
  • Sendi kaku dan nyeri. Mineral ini memainkan peran besar dalam pertumbuhan dan perkembangan sendi pada tubuh. 
  • Tubuh menjadi tidak berenergi. Fosfor membantu tubuh memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat untuk memberikan energi pada tubuh. 
  • Penurunan nafsu makan. Penurunan nafsu makan yang diikuti dengan tiga gejala sebelumnya menunjukkan tubuh mengalami kekurangan fosfor. 

Apa Penyebab Tubuh Kekurangan Fosfor?

Tubuh mendapatkan fosfor melalui makanan yang kamu konsumsi. Jadi, apabila asupan makanan yang kamu konsumsi tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral tersebut, bukan tidak mungkin kamu mengalami kekurangan fosfor atau disebut juga hipofosfatemia. 

Beberapa kondisi yang dimaksud di antaranya:

  1. Kelaparan

Kekurangan fosfor jarang terjadi. Bahkan ketika orang tidak mendapatkan cukup mineral ini dalam makanan, tubuh dapat mengimbanginya dengan menyerap kembali apa yang sudah ada dalam aliran darah. Namun, kasus kelaparan yang parah diduga menjadi penyebab utama dari hipofosfatemia.

Jika kamu kekurangan vitamin lain, seperti vitamin D, tubuh mungkin juga mengalami lebih banyak masalah dalam menyerap fosfor dan mineral lain. Ini termasuk kalsium, karena keduanya bekerja dengan cara yang sama untuk melindungi dan menguatkan gigi dan tulang.

  1. Diabetes

Diabetes juga dapat menyebabkan defisiensi, terutama bagi orang yang baru pulih dari ketoasidosis diabetikum. Ini berarti bahwa tubuh tidak memproduksi cukup insulin dan tidak dapat memecah lemak sebagai bahan bakar. Akibatnya, asam menumpuk dalam darah yang dapat menyebabkan kekurangan fosfor.

  1. Kecanduan alkohol

Alkohol juga dapat menyebabkan malnutrisi. Akibatnya, orang yang mengalami kecanduan alkohol dapat mengalami kekurangan nutrisi, termasuk hipofosfatemia. Defisiensi mungkin sangat mungkin terjadi pada orang yang dirawat di rumah sakit karena penyalahgunaan alkohol.

  1. Anoreksia

Seseorang yang sedang dalam perawatan untuk gangguan makan seperti anoreksia, mungkin sedang menjalani perawatan refeeding atau perbaikan pola makan. Jika perawatan ini tinggi kalori tetapi terlalu rendah fosfor, defisiensi bukan tidak mungkin akan terjadi.

  1. Kelainan bawaan

Ada juga kelainan genetik tertentu yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyimpan fosfor. Gangguan ini sering kali merupakan akibat dari terlalu banyak mengeluarkan fosfor dalam urine atau tidak menyerap mineral dari makanan.

Jika kamu merasakan gejala yang mengarah pada defisiensi fosfor, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji berobat di rumah sakit, kamu bisa dengan mudah download aplikasi Halodoc di Play Store atau App Store. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Hypophosphatemia?
Healthline. Diakses pada 2022. Phosphorus Deficiency.
International Review of Cell and Molecular Biology. Diakses pada 2022. Phosphorus.
GB Health Watch. Diakses pada 2022. What happens if I don’t get enough phosphorus?