• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kelaparan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kelaparan

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kelaparan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 November 2022

“Membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, tubuh manusia membutuhkan asupan makanan dan minuman sebagai sumber energi agar organ-organ tubuh bekerja dengan normal.”

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat KelaparanHal yang Terjadi pada Tubuh saat Kelaparan

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini, warga Jakarta Barat dihebohkan dengan penemuan empat jenazah dalam satu rumah di sebuah komplek perumahan. Dokter dan polisi memiliki dugaan awal bahwa penyebab kematiannya adalah kelaparan. Pasalnya, dokter tidak menemukan sisa makanan dalam lambung keempat jenazah tersebut setelah dokter melakukan autopsi.

Kasus ini masih berada dalam penyelidikan lebih lanjut karena polisi masih menemukan beberapa bukti yang janggal. Akan tetapi, kelaparan atau membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama, bahkan terlalu lama, memang dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, tubuh manusia membutuhkan asupan makanan dan minuman sebagai sumber bahan bakar agar organ-organ tubuh bekerja dengan normal.

Lantas, apa yang terjadi jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan untuk waktu yang lama? Simak penjelasan berikut ini!

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kelaparan

Pada delapan jam pertama, tubuh akan masih mencerna makanan terakhir. Tubuh akan terus mencerna seolah-olah akan mendapatkan asupan makan lagi dengan menggunakan karbohidrat yang tersimpan sebagai energi. Otak pun akan menggunakan sekitar 25 persen glukosa yang berada dalam tubuh untuk otot dan sel darah merah.

Kemudian, glukosa akan habis setelah delapan jam tanpa makanan. Untuk menggantikannya, tubuh akan menggunakan lemak dengan memecahnya dalam bentuk asam lemak untuk menjadi energi. Tubuh akan membuat keton sebagai produk sampingan dari metabolisme lemak saat menggunakan lemak untuk energi. Para ahli menyebut proses ini sebagai ketosis.

Tubuh akan terus menggunakan lemak yang tersimpan untuk menghasilkan energi sepanjang 24 jam tanpa makan. Jika tubuh tidak juga mendapatkan makanan lebih dari 24 jam, tubuh akan mulai mengubah protein menjadi energi.

Sayangnya, beberapa organ tidak dapat bekerja dengan baik meskipun menerima energi dari asam lemak maupun protein. Organ seperti otak hanya bisa menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Akibatnya, fungsi otak akan mengalami gangguan. 

Dampak Negatif pada Tubuh saat Kelaparan Panjang

Banyak orang yang masih menyepelekan kondisi lapar dengan menunda makan dan menahan lapar. Tidak sedikit juga, orang yang menyalahgunakan diet dengan tidak makan sama sekali sehingga malah berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Padahal, rasa lapar adalah cara tubuh memberitahu bahwa tubuh membutuhkan energi agar dapat berfungsi dengan baik.

Berikut beberapa dampak negatif tubuh saat kelaparan:

1. Malnutrisi

Efek paling nyata yang muncul adalah tubuh akan mengidap malnutrisi atau kekurangan gizi. Selain membuat tubuh tampak kurus, hal ini juga mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan tambahan. Salah satunya adalah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dan masalah imunologis akibat kekurangan vitamin C.

2. Masalah Metabolisme

Kelaparan juga dapat memengaruhi masalah metabolisme tubuh. Jika kamu memiliki jadwal makan yang tidak menentu, ini bisa memengaruhi ritme sirkadian yang menyebabkan berbagai masalah pada metabolisme tubuh. Masalah ini termasuk kenaikan berat badan, masalah imunologi, dan masalah kesehatan lainnya.

3. Risiko Terkena Penyakit Kronis

Terdapat hubungan antara kelaparan dan penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Potensi risiko penyakit ini bisa meningkat jika kamu juga menjalani gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan, merokok, begadang, dan tidak berolahraga. Hidup sehat ini berarti memiliki pola makan yang teratur dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Itulah beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat kelaparan dalam waktu lama. Apabila kamu perlu pemeriksaan medis, cobalah berkonsultasi ke dokter. Kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Happens If You Don’t Eat for a Day?
Soft. Diakses pada 2022. This Is What Happens in Your Body When You’re Skipping Meals.