• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Mengalami Athelia

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Mengalami Athelia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat membahas puting, kebanyakan orang berpikir tentang ibu yang menyusui bayinya. Meski begitu, beberapa wanita dan juga dapat terjadi pada pria tidak memiliki salah satu puting atau keduanya sejak lahir. Gangguan tersebut disebut juga dengan athelia yang biasanya terjadi jika orangtuanya mengidap masalah yang sama. Namun, dampak buruk apa saja yang dapat terjadi saat mengidap gangguan ini? Berikut ulasannya!

Dampak Buruk yang Terjadi saat Mengidap Athelia

Athelia adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang lahir tanpa adanya salah satu atau kedua puting di dadanya. Meski begitu, gangguan ini terbilang jarang ditemukan dan lebih berisiko tinggi terjadi pada anak-anak yang lahir dengan kondisi tertentu, seperti sindrom Polandia dan displasia ektodermal.

Baca juga: Mengenal Athelia, Tak Adanya Puting Susu pada Tubuh

Seseorang yang mengidap gangguan ini dapat menimbulkan masalah yang berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Umumnya, pengidap athelia bukan hanya kehilangan putingnya, tetapi juga areola yang merupakan lingkaran berwarna di sekitar puting. Jika disebabkan oleh sindrom Polandia, bayi mungkin lahir tanpa seluruh payudara, puting, dan areola. Kondisi ini disebut juga dengan amastia.

Bayi yang mengidap kelainan ini karena sindrom Polandia lebih banyak menimbulkan dampak buruk pada pria. Gangguan ini dapat menyebabkan kekurangan darah di dada yang akhirnya tidak berkembang dengan normal. Jika gangguan ini tidak segera mendapatkan penanganan, maka beberapa komplikasi berbahaya dapat terjadi, antara lain gangguan paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

Lalu, dampak buruk juga dapat terjadi pada bayi perempuan yang mengidap sindrom Polandia karena otot yang kurang berkembang di bawah payudara. Hal tersebut juga dapat memengaruhi kesehatan dari ginjal, tulang belakang, hingga rahim. Maka dari itu, sangat penting untuk hafal terhadap bentuk, ukuran, dan warna payudara serta puting. Jika terjadi perubahan, pemeriksaan dengan ahli medis segera dapat dilakukan.

Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya atau masih ingin tahu lebih jauh terkait athelia, dokter dari Halodoc dapat membantu untuk menjelaskannya dengan lebih rinci. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan fitur tersebut hanya dengan menggunakan smartphone. Manfaatkan kemudahan akses tersebut sekarang juga!

Baca juga: Si Kecil Lahir Tanpa Puting, Berbahayakah?

Cara Mengatasi Athelia

Sebenarnya, seseorang yang mengidap athelia tidak perlu mendapatkan penanganan kecuali hal tersebut sudah terbilang mengganggu. Jika seseorang kehilangan seluruh payudara, seseorang dapat menjalani operasi rekonstruksi menggunakan jaringan dari perut, bokong, hingga punggung. Setelah itu, ahli medis dapat membentuk puting dan areola dengan prosedur tambahan lainnya.

Pembentukan puting tidak mudah, sehingga ahli bedah harus membentuk lipatan jaringan menyesuaikan bentuk yang ada. Alternatif lainnya yang dapat dilakukan adalah membuat tato berbentuk areola di kulit. Metode yang menggunakan tato 3-D terbaru telah menggunakan jarum berosilasi yang telah dilapisi pigmen agar puting dan areola terlihat lebih realistis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah athelia dapat menimbulkan dampak buruk pada harga diri seseorang. Maka dari itu, jika kamu mengalami kesulitan untuk menghadapi perbedaan pada tubuh dengan orang lain, ada baiknya untuk berbicara dengan psikolog, terapis, atau ahli kesehatan lainnya. Dengan begitu, kamu dapat menerima perbedaan fisik tersebut ke depannya.

Baca juga: Kenali Sindrom Poland yang Bisa Sebabkan Athelia

Itulah beberapa hal yang dapat terjadi pada tubuh saat mengalami athelia dan dampak buruknya. Jadi, jika suatu saat kamu memiliki bayi dan lahir tanpa puting, maka langkah penanganan yang harus dilakukan sudah diketahui. Selain itu, anak yang mengalami masalah ini sangat membutuhkan dukungan dari orangtuanya agar kuat mengatasi perbedaan yang ada.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Does It Mean to Have No Nipples (Athelia)?
Young Women's Health. Diakses pada 2020. Is it normal that I don’t have a nipple on one side?