Hampir Telat Sahur? Ini Makanan Siap Santap yang Disarankan

Hampir Telat Sahur? Ini Makanan Siap Santap yang Disarankan

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang yang menjalani ibadah puasa, menjalani waktu sahur memiliki tantangan tersendiri. Bagi yang tidak terbiasa, menjalankan sahur pada waktu dini hari membuat beberapa orang tidak nyaman dan akhirnya memilih untuk meninggalkan sahur.

Baca juga: Makan Mie Instan Saat Sahur Bolehkah?

Padahal, ketika sedang puasa, menjalankan sahur adalah hal yang penting. Sahur menjadi kesempatan untuk memenuhi nutrisi tubuh dengan asupan makanan yang sehat. Tujuannya agar kamu memiliki energi untuk menjalankan ibadah puasa selama satu hari.

Namun, waktu dini hari terkadang membuat orang sulit bangun sampai akhirnya kesiangan untuk sahur. Padahal banyak sekali manfaat sahur yang bisa dirasakan seperti mencegah dehidrasi selama menjalani ibadah puasa dan membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, dengan menjalani sahur, kamu juga bisa menjaga kesehatan pencernaan. Jadi sebaiknya jangan tinggalkan sahur ketika akan berpuasa.

Baca juga: 5 Tips Memanaskan Makanan untuk Sahur

Jangan khawatir ketika kamu hampir telat sahur. Berikut ini pilihan makanan sehat yang bisa kamu konsumsi ketika sahur hampir selesai:

1. Buah dan Sayuran

Jika kamu sudah tidak sempat memasak makanan untuk dikonsumsi ketika sahur, buah dan sayuran bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu sahur kamu. Kamu tinggal mencuci buah dan mengonsumsinya. Banyak pilihan buah yang bisa kamu konsumsi untuk menu sahur kamu, seperti pisang, pepaya, anggur, apel, kurma dan juga alpukat.

Sedangkan untuk sayuran, kamu bisa mengukus sayuran seperti brokoli, wortel atau kentang. Jangan lewatkan mengonsumsi buah dan sayur ketika sahur. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin, serat, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat dalam buah dan sayur membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga kamu juga merasakan kenyang lebih lama.

2. Telur Rebus

Sahur dengan telur rebus tidak memerlukan waktu penyajian yang terlalu lama. Selain cepat, konsumsi telur ketika sahur baik karena telur mengandung vitamin D dan sumber protein yang baik untuk tubuh. Kandungan protein dalam telur mampu membuat rasa kenyang lebih lama dan tubuh lebih bertenaga. Sebaiknya, kamu mengonsumsi 2 hingga 3 butir telur rebus ketika sahur.

3. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi pilihan menu sahur kamu ketika kamu tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan lain. Oatmeal bisa menjadi salah satu alternatif menu sahur yang sehat karena mengandung serat yang cukup tinggi. Selain itu, agar nutrisi dan gizi seimbang, kamu bisa mengonsumsi oatmeal dengan buah seperti pisang. Mineral dan vitamin penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta menghasilkan energi sehingga tubuh tetap sehat meskipun tengah berpuasa.

Setelah makan jangan lupa mengonsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan tubuh ketika kamu berpuasa. Saat sahur, jangan lupa untuk konsumsi air putih minimal sebanyak 2 hingga 3 gelas. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika berpuasa dapat menghindarkan kamu dari dehidrasi dan kondisi yang mudah lelah.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan nutrisi saat puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu ketika menjalankan ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 4 Makanan Sahur yang Bikin Kenyang Selama Berpuasa