• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harga Tes Swab yang Umum di Rumah Sakit

Harga Tes Swab yang Umum di Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan swab test mandiri? Memang, untuk masyarakat awam tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang membingungkan. Terlebih lagi sekarang pemerintah telah menetapkan harga tes swab di mana setiap orang bisa melakukannya dengan membayar sendiri di rumah sakit ataupun laboratorium klinik. Namun, berapakah besaran harga yang telah ditetapkan? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Harga untuk Tes Swab yang Telah Ditetapkan

Dengan banyaknya pilihan untuk melakukan pemeriksaan terkait COVID-19, tentu kamu bingung kan mana yang terbaik untuk dipilih? Sebelumnya, ada rapid test dan PCR swab test, sekarang bertambah lagi dengan swab test antigen. Kamu harus tahu yang cocok untuk dipilih dengan keinginan, seperti hasil pemeriksaan yang cepat atau ketepatan yang sangat tinggi.

Baca juga: Akses Layanan Rapid Test Drive Thru Bisa Dilakukan Melalui Halodoc

Sekarang ini, pemerintah telah menetapkan harga tes swab standar yang harus dipatuhi oleh setiap rumah sakit atau laboratorium klinik terkait pemeriksaan tes Swab dengan metode PCR. Metode ini menggunakan teknik usap yang mengambil sekresi dari hidung. Pemeriksaan diagnostik ini menggunakan teknologi PCR atau polymerase chain reaction.

Tes swab ini masih menjadi cara diagnosis yang paling akurat untuk memastikan seseorang benar mengidap COVID-19 atau tidak. Meski begitu, virus tersebut membutuhkan waktu beberapa hari agar dapat berkembang biak di tubuh, terutama pada tenggorokan dan hidung. Maka dari itu, cara ini tidak dapat memastikan seseorang yang terinfeksi tahap awal.

Nah, sekarang berapa harga yang telah ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan swab test antigen secara mandiri?

Mengacu pada ketentuan yang telah diumumkan oleh Kemenkes, batas tarif tertinggi untuk swab test mandiri ini sebesar Rp 900 ribu. Harga swab test tersebut sudah mencakup secara keseluruhan hingga hasilnya keluar. Pemeriksaan ini diajukan atas permintaan sendiri dan dilakukan oleh tenaga medis profesional di rumah sakit atau laboratorium klinik, bukan pada seseorang yang mempunyai catatan pernah berinteraksi dengan pengidap atau kegiatan penelusuran kontak.

Baca juga: Tes Risiko terinfeksi Virus Corona atau COVID-19

Jika kamu ingin melakukan tes swab secara mandiri, Halodoc telah menyediakan layanan pemeriksaan tersebut yang bekerjasama dengan beberapa rumah sakit dan laboratorium klinik pilihan. Yuk, download aplikasi Halodoc dan daftarkan diri kamu untuk memastikan jika tubuh tidak terserang virus corona!

Selain tes swab PCR, salah satu cara yang dapat dilakukan jika seseorang ingin memastikan telah terinfeksi pada tahap awal adalah dengan swab test antigen. Pemeriksaan swab test antigen ini merupakan pemeriksaan rapid test yang pengambilan sampel dengan metode swab. Pola yang dilakukan sama dengan tes swab PCR, menggunakan alat usap yang dimasukkan ke hidung. Metode ini akan mendeteksi ada-tidaknya kandungan protein dari virus tersebut di dalam tubuh.

Baca juga: Ini yang Dimaksud Pemeriksaan Spesimen untuk Diagnosis Corona

Swab test antigen dapat menjadi pilihan untuk memastikan kesehatan. Kamu dapat memesan pemeriksaan antigen ini melalui aplikasi Halodoc. Dengan memastikan tubuh kamu tidak terserang virus corona, perasaan khawatir terjangkiti penyakit tersebut pada keluarga yang ada di rumah akan hilang. Meski hasil pemeriksaan negatif, tetapi kamu tetap harus melakukan segala protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, rajin mencuci tangan, hingga rutin berolahraga. Niscaya, virus tersebut akan sulit untuk menyerang tubuh kamu.

Referensi:
Kemenkes. Diakses pada 2020. Pemerintah Tetapkan Batas Tertinggi Biaya Pemeriksaan Swab Mandiri Rp. 900.000.
Detik Health. Diakses pada 2020. Tes Swab Mandiri Maksimal Rp 900 Ribu, Kok Masih Banyak yang Jutaan?
Reuters. Diakses pada 2020. Countries turn to rapid antigen tests to contain second wave of COVID-19.