• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hari Gizi Nasional, Ini 5 Tips Terapkan Pola Makan Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hari Gizi Nasional, Ini 5 Tips Terapkan Pola Makan Sehat

Hari Gizi Nasional, Ini 5 Tips Terapkan Pola Makan Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Januari 2022

“Menerapkan pola makan sehat memang perlu waktu, tetapi tidak sulit jika menjalaninya dengan positif. Kamu bisa memulainya dengan perbanyak makan sayur dan buah, atau makan camilan yang bergizi.”

Hari Gizi Nasional, Ini 5 Tips Terapkan Pola Makan Sehat

Halodoc, Jakarta – Hari Gizi Nasional yang jatuh setiap tanggal 15 Januari menjadi pengingat pentingnya kecukupan gizi bagi kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat secara konsisten.

Namun, banyak yang mungkin merasa bahwa disiplin dalam mengonsumsi makanan sehat adalah hal yang sulit. Padahal sebenarnya tidak, lho. Ada beberapa tips yang bisa dicoba, jika kamu ingin menerapkan pola makan sehat.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan sehat pada dasarnya adalah membangun kebiasaan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

  1. Selalu Selipkan Sayuran dalam Menu Makan

Sayuran kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Idealnya, kamu perlu makan 5 porsi sayur dan buah setiap harinya. Meski kedengarannya berat untuk makan begitu banyak sayur, kamu bisa menyiasatinya, kok.

Misalnya dengan cara mengganti pasta dengan zucchini yang diiris tipis panjang, atau giling kembang kol dalam food processor sampai terlihat seperti nasi. 

Selipkan sebisa mungkin sayuran dalam setiap menu makan kamu. Ini dapat menambah nutrisi dari makanan dan memangkas jumlah kalori, tetapi tetap mengenyangkan.

  1. Pilih Camilan Tinggi Protein

Menerapkan pola makan sehat tidak perlu terasa menyiksa. Jika kamu hobi ngemil, boleh-boleh saja. Namun, pilihlah camilan yang tinggi protein, alih-alih tinggi karbohidrat seperti makanan cepat saji. 

Protein dapat membuat kamu kenyang lebih lama daripada karbohidrat, dan tentunya baik untuk tubuh. Pilih makanan dan camilan yang mencakup hal-hal seperti telur rebus, Greek yogurt, kacang-kacangan, atau ayam tanpa kulit.

  1. Kurangi Tontonan Kuliner

Berbagai acara kuliner di TV, youtube, ataupun instagram sebaiknya mulai dibatasi jika ingin konsisten dengan pola makan sehat. Terlebih jika makanan yang ditampilkan bukan makanan yang sehat.

Gambar atau video makanan tersebut dapat membuat kamu ikut merasa lapar. Jika masih ingin tetap menontonnya, cobalah tonton setelah kamu makan atau dalam kondisi kenyang. 

  1. Rencanakan Menu Mingguan

Mungkin sulit untuk berpikir jernih ketika pulang dengan lelah di penghujung hari. Ini juga waktu terburuk untuk mencoba mencari tahu apa yang harus dibuat untuk makan malam. 

Agar tidak membuat kamu kalap makan yang tidak sehat, kamu bisa merencanakan menu mingguan. Misalnya dengan cara menyetok bahan makanan siap masak di kulkas. 

  1. Tetap Nikmati Makanan Favorit

Seperti dikatakan tadi, kamu tidak perlu menyiksa diri saat menerapkan pola makan sehat. Jika kamu memiliki satu makanan favorit yang membuat kamu tidak bisa hidup tanpanya, maka tetaplah makan makanan itu.

Merampas makanan yang kamu sukai sebenarnya bisa menjadi bumerang. Dalam jangka pendek, hal ini cenderung membuat hasrat terhadap makanan tersebut semakin kuat. Ini kemudian bisa jadi bom waktu yang dapat meledak kapan saja.

Jadi, alih-alih meninggalkan makanan kurang bergizi yang kamu sukai, cobalah makan hanya sesekali sambil mempraktikkan kontrol porsi. Misalnya dengan menetapkan waktu kapan bisa memakannya. Lalu kembali pada kebiasaan makan sehat lagi setelahnya.

Nah, itulah beberapa tips menerapkan pola makan sehat yang bisa kamu coba. Untuk membangun pola makan yang sehat, kamu perlu menciptakan sebuah kebiasaan.

Tentunya, untuk menjadi kebiasaan, butuh waktu dan juga kedisiplinan. Namun, jangan sampai menyiksa juga. Sesekali mengonsumsi makanan favorit yang kurang sehat tidak masalah, kok. Asalkan bisa kembali pada pola makan sehat lagi setelahnya.

Jika kamu merasa butuh bantuan untuk mengatur pola makan sehat, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter gizi kapan saja.

Referensi:

NHS Choices UK. Diakses pada 2022. 8 Tips for Healthy Eating.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. 11 Easy Ways to Make Healthy Eating a Habit.
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Simple Ways to Adopt a Healthy, Sustainable Eating Pattern.