Hari Jantung Sedunia, Ini Makanan yang Baik untuk Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Hari Jantung Sedunia, Ini Makanan yang Baik untuk Jantung

Halodoc, Jakarta - Jantung menjadi organ yang berperan penting untuk kehidupan. Tanpa adanya organ satu ini, kamu tidak bisa lagi hidup. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung menjadi tugas utama setiap orang. Sayangnya, tidak semua mengerti pentingnya organ ini sampai penyakit mematikan menyerang dan membuatnya mengalami kerusakan. 

Rokok, alkohol, gaya hidup tidak sehat yang diimbangi dengan pola makan tidak beraturan menjadi penyebab utama seseorang mudah mengalami penyakit yang berkaitan dengan jantung maupun penyakit lainnya. Memperingati hari jantung sedunia, setidaknya luangkan waktu untuk menyadari, betapa keras jantungmu bekerja selama ini untuk menunjang kehidupanmu. Mengapa tidak menjaganya lebih baik? 

Makanan yang Baik untuk Jantung

Semua penyakit yang berhubungan dengan jantung tidak boleh dianggap remeh. Semuanya terbilang fatal dan membutuhkan perawatan segera. Jika tidak, dapat terjadi komplikasi yang lebih serius dan membahayakan. Tidak jarang, semuanya berujung pada satu hal, kematian. Jadi, mengenali gejalanya tentu lebih baik. Lalu, buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. 

Baca juga: 4 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Disadari

Tidak hanya itu, menjaga pola makan tetap sehat juga perlu. Jantung bisa mengalami malfungsi atau kerusakan karena peran serta makanan, tidak sebatas pada gaya hidupmu yang berantakan. Jadi, ubah pola dietmu sekarang, berikan asupan yang dibutuhkan, bukan justru yang merugikan. Ini rekomendasi makanan yang baik untuk jantung yang bisa dikonsumsi:

  • Ikan Salmon

Ikan satu ini memiliki harga yang terbilang tinggi. Namun, itu sebanding dengan manfaat yang kamu peroleh. Salmon kaya omega-3 yang tinggi manfaat untuk kesehatan jantungmu. Omega-3 termasuk ke dalam golongan lemak sehat yang membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi risiko masalah pada ritme jantung. 

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

  • Kacang Almond

Kedua, adalah kacang almond. Kacang ini memiliki kandungan, lemak, serat, dan sterol yang baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, konsumsi kacang ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bagi jantung yang lebih sehat, disarankan untuk mengonsumsi kacang almond setiap hari sebanyak satu genggaman tangan. Supaya rasanya lebih nikmat, kamu bisa memanggang terlebih dulu sebelum mengonsumsinya. 

  • Tahu

Lalu, tahu yang merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Makanan ini juga memiliki beragam mineral yang baik untuk menjaga jantung tetap sehat, termasuk pula serat dan lemak tidak jenuh ganda. Tahu memiliki kemampuan untuk menyerap bumbu dan rempah yang dipakai untuk mengolahnya. 

  • Kacang Edamame

Kacang edamame terkenal sebagai salah satu menu di restoran-restoran Jepang. Tahukah kamu kalau kacang satu ini adalah kedelai dalam bahasa Indonesia? Memang tidak sama, karena kedelai ini memang khas Jepang. Namun, tidak masalah, karena kandungan dalam kacang ini sangat bermanfaat untuk jantungmu. Edamame memiliki protein tinggi untuk menurunkan kolesterol, juga serat yang baik untuk jantung dan kesehatan sistem pencernaan. 

  • Ikan Tuna

Tidak hanya ikan salmon, ikan tuna juga memiliki kadar omega-3 yang sangat tinggi. Bahkan, jenis tuna putih disinyalir lebih kaya omega-3 dibandingkan dengan tuna lainnya. Harganya lebih murah dibandingkan dengan ikan salmon, dan cocok dijadikan menu alternatif untuk kamu yang tidak suka salmon. 

Baca juga: Benarkah Penyakit Iskemia Bisa Picu Serangan Jantung?



Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. Foods to Save Your Heart.
Healthline. Diakses pada 2019. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.
Health Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet.