Harus Tahu, 8 Tanda Tubuh Kurang Olahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Harus Tahu, 8 Tanda Tubuh Kurang Olahraga

Halodocb, Jakarta - Tubuh diprogram untuk melakukan berbagai macam kegiatan untuk menjaga kondisinya. Jika kamu tidak menggunakannya dengan baik seperti latihan dan olahraga, tubuh memiliki alarm yang akan memintanya sendiri. Ini adalah tanda-tanda yang tubuh kirimkan jika kamu kurang olahraga.

1. Pegal-pegal pada badan

Pegal-pegal apalagi jika dirasakan sejak bangun pagi bisa jadi adalah tanda tubuh sudah meminta untuk digerakan dengan benar. Jika ini terjadi pada kamu, jangan tunda untuk melakukan olahraga. Karena faktanya, dengan menggerakan otot-otot, persendian akan relaks dan darah mengalir lebih lancar ke seluruh bagian tubuh. Hasilnya, kamu akan merasakan pegal-pegal dan sakitnya berkurang

2. Lelah yang Tidak Pernah Berhenti

Pernahkah kamu merasakan Lelah yang berkepanjangan sepanjang hari walaupun tidak ada kegiatan? Ini sering kali bukanlah sinyal untuk beristirahat, tapi justru kebutuhan tubuh untuk berolahraga. Karena dengan berolahraga secara teratur, tubuh nantinya akan bisa melawan perasaan lelah hingga 65 persen.

3. Stres

Otak dan kesehatan mental juga terkena dampak dari kamu yang jarang berolahraga. Karena olahraga teratur akan membuat kadar endorfin dalam tubuh kamu lebih tinggi. Hormon ini adalah hormon yang bertanggung jawab atas perasaan dan mood baik dari diri kita. Itulah mengapa olahraga akan memperbaiki mood dan menghindarkan kita dari stres.

4. Selalu Merasa Lapar

Kurang olahraga akan membuat tubuh menjadi gampang lelah. tubuh yang lelah menghasilkan lebih banyak hormon ghrelin hormon yang mengatur sensor lapar. Produksi hormon ini secara berlebihan akan membuat kita ingin makan lebih banyak. Masalahnya pada fase ini, tubuh tidak tahu bahwa kelelahan ini bukan dari kekurangan energi, tetapi justru karena kurangnya pergerakan dan penyempitan pembuluh darah. Olahraga secara teratur akan bisa mengendalikan hormon  ghrelin dan menjaga perasaan lapar.

5. Sembelit

Olahraga sangat membantu  dalam melancarkan sistem pencernaan. Ketika kamu kurang olahraga, proses pencernaan tubuh ikut melambat. Terlebih pada kamu yang memiliki lemak viseral (lemak abdominal atau lemak perut) dan sering kesulitan untuk buang air besar. Semakin jarang kamu olahraga, kesulitan buang air atau sembelit ini akan semakin menjadi.

6. Susah Tidur

Orang yang melakukan olahraga 30-40 menit dan 4 kali dalam seminggu akan mendapatkan  peningkatan kualitas tidur dan istirahatnya. Perasaan mengantuk yang datang pada siang hari juga akan berkurang. Olahraga meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Dengan begitu, siklus istirahatnya akan penuh saat malam dan tidak terbagi fokus pada siang hari dan terjaga pada malam hari.

7.Kesulitan berpikir

Saat kita kurang olahraga, maka suplai oksigen ke otak ikut terganggu. Kandungan oksigen dan air yang kurang pada otak akan memperberat kerja otak. Jadi jika kamu merasa kamu lebih sulit berpikir dibandingkan sebelumnya, bisa jadi itu tanda dari tubuh kalau kamu sudah terlalu lama tidak berolahraga.

8. Mudah terserang flu

Flu disebabkan oleh virus yang hanya dapat menyerang tubuh yang sistem imunitasnya sedang lemah. Ketika kamu jarang melakukan olahraga, tubuh akan sangat Lelah dan memiliki pertahanan yang mudah ditembus. Karena ketika berolahraga, tubuh akan meningkatkan fungsi limfatik dan kadar leukosit yang bisa memerangi infeksi. Selain itu, dengan berolahraga hormone regenerasi sel akan bekerja lebih baik.

Nah, jika kamu merasa kesehatanmu terganggu atau memiliki pertanyaan seputar olahraga yang cocok, yuk tanyakan pada dokter atau spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: