Harus Tahu, Cara Ampuh untuk Mengobati Tinea Corporis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Harus Tahu, Cara Ampuh untuk Mengobati Tinea Corporis

Halodoc, Jakarta – Memiliki masalah pada kulit dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, loh. Sebaiknya jaga kebersihan tubuh kamu dan jangan lupa konsumsi makanan agar kamu terhindar dari berbagai penyakit kulit. Salah satunya adalah tinea corporis.

Tinea corporis dikenal juga dengan istilah kurap pada orang awam. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi jamur yang disebut dermatofita. Kondisi ini merupakan penyakit kulit yang menimbulkan ruam merah pada kulit dan biasanya berbentuk bulat. Tinea corporis atau kurap bisa muncul pada bagian tubuh yang kurang mendapatkan perawatan dan kebersihannya tidak terjaga. Misalnya kulit kepala, pangkal paha, telapak tangan, dan telapak kaki.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Cara Penularan Tinea Corporis yang Perlu Diketahui

Sebaiknya hindari beberapa faktor yang meningkatkan kamu mengalami kurap. Terlalu sering menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan memiliki keringat berlebih menjadi beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengalami penyakit kurap. Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh mereka juga berisiko tinggi mengalami penyakit tinea corporis.

Gejala yang paling umum terlihat dari kondisi ini adalah kulit yang ruam dan bersisik berwarna bulat. Makin lama, kondisi kulit menebal dengan bagian dalam berwarna putih dan bagian luar memiliki tekstur bergelombang. Selain itu, kulit akan terasa sangat gatal.

Baca juga: Ini 3 Gejala Terkena Tinea Corporis yang Perlu Diketahui

Meskipun kondisi ini bukan kondisi yang serius, namun tinea corporis dapat menular dan menimbulkan komplikasi penyakit kulit lainnya jika tidak segera ditangani.

Lalu bagaimana penanganan yang tepat untuk penyakit kurap atau tinea corporis ini? Ya, nyatanya tidak terlalu sulit untuk mengobati penyakit kurap. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk pengobatan penyakit kurap:

  • Obat Antijamur

Penggunaan obat krim antijamur yang berbentuk krim atau sabun mandi dapat mengobati kurap. Biasanya dengan rutin mengoleskan krim antijamur perlahan penyakit kurap akan menghilang dan membaik. Namun ketika penggunaan krim atau obat anti jamur tidak membaik, sebaiknya kunjungi dokter untuk tindakan selanjutnya. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami yang nyatanya dapat membantu untuk mengobati infeksi jamur ini, salah satunya lidah buaya. Lidah buaya mengandung antiseptik untuk mengobati jamur maupun bakteri pada kulit. Selain itu, sensasi dingin pada lidah buaya mengurangi rasa gatal dan iritasi yang terjadi pada kulit yang terinfeksi.

  • Jaga Kebersihan

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan ketika kamu terserang penyakit tinea corporis. Rutin mandi dan mengganti pakaian yang kotor atau berkeringat dapat menurunkan risiko penyakit ini bertahan lebih lama pada kulit kamu. Selalu jaga kulit kamu agar tetap kering dari keringat. Jangan sampai kulit lembap karena keringat karena menambah risiko infeksi jamur. Selain itu, sebaiknya selalu cuci tangan ketika kamu selesai atau melakukan aktivitas apa pun. Tidak ada salahnya, selama terinfeksi jamur, kamu rajin mengganti pakaian atau mengganti sprei agar jamur dermatofita tidak mudah menyebar.

  • Istirahat

Jangan lupa untuk beristirahat ketika kamu mengalami penyakit tinea corporis. Kondisi ini nyatanya sangat mudah menular pada orang disekeliling kamu. Tidak ada salahnya untuk mencegah penularan lebih banyak. Kurap sering menyebar melalui kontak kulit dengan kulit. Selain itu, jamur dermatofita dapat menempel dan berpindah di permukaan benda yang terkontaminasi dengan pengidap tinea corporis termasuk pada lantai. Jangan lupa menggunakan alas kaki ketika kamu berjalan untuk pencegahan penularan infeksi jamur.

Meskipun terasa gatal, sebaiknya hentikan untuk menggaruk daerah yang terinfeksi jamur dermatofita. Menggaruk nyatanya bisa memperparah kondisi. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai masalah penyakit kulit tinea corporis. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Alasan Pengidap Diabetes Tipe 1 Rentan Kena Tinea Corporis