• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini 4 Fakta tentang Hormon Wanita (Bagian 1)

Harus Tahu, Ini 4 Fakta tentang Hormon Wanita (Bagian 1)

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Harus Tahu, Ini 4 Fakta tentang Hormon Wanita (Bagian 1)

“Pria dan wanita memiliki beberapa hormon yang berbeda. Hormon di dalam tubuh memiliki fungsi yang berbeda-beda dan dapat berbahaya jika mengalami gangguan. Maka dari itu, setiap wanita perlu mengetahui beberapa fakta tentang hormon yang ada di dalam tubuhnya.”

Halodoc, Jakarta - Hormon di dalam tubuh mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Pada pria dan wanita, beberapa hormon yang dimiliki juga dapat berbeda, terutama yang berhubungan dengan organ reproduksi. Hormon tersebut memengaruhi perubahan fisik yang terjadi pada masa pertumbuhan yang akhirnya membentuk ciri khas seseorang menjadi pria atau wanita dewasa.

Pada wanita, payudara akan mulai membesar saat hormon reproduksi sudah bekerja. Selain itu, beberapa hormon juga dapat memengaruhi suasana hati, nafsu makan, sehingga sistem imun. Maka dari itu, setiap wanita perlu mengetahui beberapa fakta terkait hormon yang berada di tubuhnya. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Hormon Estrogen pada Wanita Menurun, Ini Penyebabnya

Beberapa Fakta tentang Hormon Wanita

Banyak wanita yang bertanya tentang pengaruh hormon terhadap kenaikan berat badan, timbulnya jerawat, hingga suasana hati yang tidak stabil. Sebenarnya, hormon diproduksi oleh kelenjar sistem endokrin yang berada di dalam darah. Nah, kelenjar sistem endokrin yang memerintahkan segala yang dibutuhkan untuk hidup, seperti bernapas dan menimbulkan rasa lapar.

Perlu diketahui, ada banyak hormon pada wanita dengan fungsi yang berbeda-beda satu sama lain. Setiap hormon di dalam tubuh dapat berdampak fatal jika mengalami gangguan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa fakta yang mungkin kamu belum tahu terkait hormon pada wanita. Berikut beberapa fakta tersebut:

1. Hormon Berada di Seluruh Tubuh

Salah satu fakta yang harus kamu ketahui terkait hormon wanita adalah kelenjar tersebut tersebar di semua bagian tubuh. Faktanya, hormon di dalam tubuh semuanya memiliki manfaat masing-masing.

Contohnya, hormon kortisol yang menjadi penyebab stres ternyata dapat membantu tubuh menjaga tekanan darah dan sirkulasi darah. Pada sisi lain, hormon tersebut juga dapat mendorong seseorang untuk makan lebih banyak karena stres.

Baca juga: Wanita Harus Tahu, Ini Dampak Hormon Estrogen Rendah

2. Perubahan Kecil Dapat Berdampak Besar

Kamu perlu tahu jika adanya perubahan kecil terkait hormon dapat menyebabkan dampak besar pada tubuh. Maka dari itu, penting untuk setiap orang menjaga jumlah hormon yang tepat.

Jika hormon tubuh terlalu sedikit atau berlebih, maka perubahan ini dapat menimbulkan kelainan fungsi yang membahayakan. Untuk menghindarinya, kamu dapat memastikan kadar hormon dengan pemeriksaan darah.

3. Hormon Testosteron Penting untuk Wanita

Fakta lainnya yang harus diketahui terkait hormon, ternyata testosteron juga penting untuk wanita. Hormon yang sangat berhubungan dengan pria ini diproduksi oleh ovarium dan kelenjar adrenal yang penting agar libido tetap terjaga.

Hormon tersebut akan menurun sedikit secara alami saat usia memasuki 30-an. Namun, kadar hormon testosteron tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan gangguan PCOS yang menimbulkan kemandulan.

4. Berat Badan Memengaruhi Hormon

Fakta terkait hormon wanita lainnya yang wajib diketahui adalah berat badan dapat memengaruhi hormon seseorang. Penambahan berat badan ternyata memengaruhi hormon insulin, estrogen, progesteron, dan beberapa hormon lainnya. Agar respons hormon, terutama insulin, kembali normal, cobalah untuk mendapatkan berat badan ideal. Hal ini agar dapat mencegah diabetes tipe 2.

Nah, itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui terkait hormon wanita di dalam tubuh. Pastikan untuk menjaga hormon untuk tetap sehat agar semua organ di dalam tubuh berfungsi dengan normal. Jika kamu mengalami beberapa gejala yang berhubungan dengan gangguan hormon, ada baiknya untuk memeriksakan diri.

Baca juga: Fungsi Hormon Testosteron Bagi Pria dan Wanita

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait hormon dan kesehatan tubuh. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari! Unduh aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. The Facts About Female Hormones.
Prevention. Diakses pada 2021. 10 Surprising Facts About Female Hormones That Every Woman Should Know.