• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini 7 Bahaya Makan Mi Instan Terlalu Sering
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini 7 Bahaya Makan Mi Instan Terlalu Sering

Harus Tahu, Ini 7 Bahaya Makan Mi Instan Terlalu Sering

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2022

“Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi mi instan. Ada berbagai bahaya makan mi instan yang bisa kamu rasakan, terlebih jika kamu tidak mengontrol asupan makanan ini dengan baik.”

Harus Tahu, Ini 7 Bahaya Makan Mi Instan Terlalu SeringHarus Tahu, Ini 7 Bahaya Makan Mi Instan Terlalu Sering

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi mi instan? Makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang banyak ditemui dimana saja dengan banyak varian rasa. Selain itu, proses pembuatannya yang terbilang mudah membuat banyak orang merasa lebih praktis ketika mengonsumsi mi instan.

Namun pastikan kamu tidak mengonsumsi mi instan secara berlebihan. Meskipun dapat membuat kamu merasa kenyang, tetapi terlalu banyak mengonsumsi mi instan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Nah, berikut ini adalah berbagai bahaya yang berisiko terjadi akibat terlalu banyak makan mi instan!

Bahaya Makan Mi Instan Berlebihan

Mi instan menjadi salah satu makanan yang dinilai sangat praktis saat penyajiannya. Selain itu, berbagai jenis varian yang ditawarkan kerap membuat masyarakat tergoda untuk mencoba mi instan.

Namun, sebaiknya pastikan kamu tidak mengonsumsi mi instan terlalu sering. Ada berbagai dampak kesehatan yang berisiko kamu alami jika kamu berlebihan saat mengonsumsi mi instan.

Berikut ini penyakit yang berisiko dialami saat kamu terlalu banyak mengonsumsi mi instan, yaitu:

1. Tekanan Darah Tinggi

Tentunya sudah banyak masyarakat yang mengetahui bahwa di dalam mi instan terdapat kandungan garam yang sangat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi garam membuat kamu berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, salah satunya tekanan darah tinggi.

Jika tidak diatasi dengan baik, tekanan darah tinggi dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, gangguan ginjal, gangguan mata, hingga demensia.

2. Diabetes

Bukan hanya kandungan garam, ternyata mi instan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya. Hal ini berisiko menyebabkan penyakit diabetes memburuk atau berisiko mengalami penyakit diabetes.

3. Keguguran

Jika kamu sedang menjalani kehamilan, sebaiknya perhatikan porsi saat mengonsumsi mi instan. Kandungan garam dan bahan pengawet dalam makanan instan ini bisa memicu berbagai gangguan kehamilan. Bahkan yang lebih parahnya lagi, kebiasaan makan mi instan berlebih saat hamil meningkatkan risiko keguguran.

Sebaiknya pastikan kamu selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat agar kebutuhan nutrisi selama hamil dapat terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, ibu akan terhindar dari berbagai gangguan kehamilan yang bisa menyebabkan dampak buruk pada ibu maupun bayi dalam kandungan.

4. Sakit Kepala Kronis

Mengonsumsi mi instan dalam jumlah porsi yang banyak dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan garam serta MSG yang terkandung dalam mie instan.

Mengonsumsi MSG secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dari yang terbilang ringan hingga yang cukup parah. Jadi, pastikan kamu mengontrol asupan mi instan agar tidak berlebihan.

5. Gangguan Hati

Kandungan pengawet di dalam mi instan dinilai dapat memicu gangguan pada hati. Selain itu, tingginya kandungan garam juga berisiko menyebabkan kerusakan hati.

6. Obesitas

Dampak lain yang bisa kamu alami ketika terlalu sering mengonsumsi mie instan adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi ini yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu munculnya penyakit kronis.

7. Malnutrisi

Terlalu banyak mengonsumsi mi instan dapat meningkatkan risiko malnutrisi, khususnya pada anak-anak. Menyiapkan mi instan untuk anak-anak merupakan hal yang menarik karena dinilai praktis dan pasti disukai oleh anak. Namun, jangan lupakan berbagai kebutuhan nutrisi yang perlu ibu penuhi agar tumbuh kembang anak berjalan secara maksimal.

Itulah berbagai bahaya yang bisa dialami ketika seseorang berlebihan mengonsumsi mi instan. Tidak ada salahnya bertanya langsung pada dokter mengenai cara tepat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
My Bharat. Diakses pada 2022. 12 Instant Noodles Side Effects.
Top Count. Diakses pada 2022. Top 10 Side Effects of Eating Instant Noodles.