• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini Jenis Vaksin Flu untuk Anak dan Dewasa

Harus Tahu, Ini Jenis Vaksin Flu untuk Anak dan Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Mendapatkan dosis vaksin flu adalah salah satu langkah tepat untuk melindungi dirimu dan anggota keluarga yang lain dari ancaman influenza. Meski tidak sepenuhnya efektif, kamu tetap perlu memperhitungkannya.

Biasanya, vaksin flu tahunan akan memberikan perlindungan terhadap tiga atau empat virus influenza. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia, vaksin flu tersedia untuk mereka gunakan untuk mencegah komplikasi lain yang tidak diinginkan akibat flu atau penyakit infeksi saluran pernapasan lainnya. 

Baca juga: 5 Mitos Vaksin Flu yang Tidak Perlu Dipercaya


Apa Saja Jenis Vaksin Flu yang Tersedia?

Influenza adalah infeksi saluran pernapasan yang bisa menyebabkan komplikasi serius, terutama pada anak kecil, dan orang dengan kondisi medis tertentu. Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar setiap orang yang telah berusia enam bulan ke atas untuk mendapatkan vaksin flu setiap tahunnya.

Berikut adalah jenis vaksin flu yang tersedia di Indonesia:

●     Vaksin Influenza Trivalent. Vaksin flu trivalent yang dirancang untuk melindungi dari tiga virus flu yang berbeda.

●     Vaksin Influenza Quadrivalent. Vaksin flu quadrivalent yang dirancang untuk melindungi dari empat virus flu yang berbeda.

Apa sih Perbedaan Vaksin Flu Trivalent dan Quadrivalent?

Mulanya semua vaksin flu bersifat trivalent, hanya dapat melindungi tubuh dari 3 jenis virus flu, yaitu 2 virus influenza tipe A dan 1 virus influenza tipe B. Meskipun terdapat dua garis keturunan pada flu tipe B, vaksin trivalent hanya mampu mencegah satu jenis saja.

Oleh karena itu peneliti menciptakan vaksin quadrivalent yang dapat melindungi tubuh dari 4 jenis virus flu, yaitu 2 virus influenza tipe A dan 2 virus influenza tipe B untuk perlindungan lebih luas.

Jadi, perlindungan yang lebih luas merupakan perbedaan signifikan antara vaksin flu trivalent dan quadrivalent.

Baca juga: Punya Alergi Telur, Perlu Waspada saat Vaksin Flu


Mengapa Vaksin Flu Dibutuhkan?

Dibutuhkan waktu hingga dua minggu untuk membangun kekebalan setelah vaksin flu. Ada banyak jenis virus influenza. Mereka pun terus bermutasi dan berubah. Vaksin flu musiman juga diubah setiap tahun untuk mengikuti tiga jenis virus yang menurut penelitian akan paling umum terjadi pada musim flu yang akan datang. Supaya terhindar dari risiko yang tidak diinginkan, kamu perlu mendapatkan vaksin baru setiap tahun agar tetap aman.

Kenyataannya, kamu bisa terkena flu kapan saja sepanjang tahun, tetapi musim flu terjadi pada pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan. Infeksi cenderung memuncak antara November dan Maret. Jadi, sebaiknya lakukan vaksinasi pada awal pergantian musim, seperti misalnya Oktober.

Baca juga:  Apakah Vaksin Influenza Efektif untuk Dilakukan?


Sedang mencari klinik atau rumah sakit yang menyediakan vaksin flu untuk kamu dan anggota keluarga lainnya? Kini kamu bisa mendapatkan vaksin flu dari Sanofi lebih mudah lewat Halodoc, lho. Caranya gampang, kamu hanya hanya perlu memilih menu Buat Janji Rumah Sakit dan kemudian pilih layanan Vaksin Dewasa atau Vaksin Anak.

Setelah itu, kamu bisa memilih lokasi Rumah Sakit Mitra Keluarga mana yang terdekat dari rumahmu dan memilih sendiri jadwal untuk melakukan vaksinasi. Kemudian, kamu juga perlu memasukkan beberapa detail informasi pribadi dan kemudian memilih metode pembayaran lewat aplikasi Halodoc. Dalam beberapa saat, rumah sakit pun akan segera mengkonfirmasi jadwal vaksinasi untuk anak.

Jangan takut dompet terkuras, karena HaloDoc punya potongan harga sebesar 50 ribu rupiah tanpa minimal transaksi yang bisa kamu dapatkan hanya dengan memasukkan kode voucher VAKSINFLU. Kini buat janji untuk vaksinasi jadi lebih mudah berkat Halodoc, yuk segera jadwalkan vaksin flu untuk kamu dan keluarga melalui aplikasi Halodoc, sekarang!

Referensi:
Centers for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. Different Types of Flu Vaccines.
Centers for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. Who Should and Who Should NOT get a Flu Vaccine.
Healthline. Diakses pada 2020. The Annual Flu Shot: Is It Necessary?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Does My Child Need a Flu Shot This Year?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Flu Shot: Your Best Bet for Avoiding Influenza.