• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini Pentingnya Penyuntikan Vaksin COVID-19 Tahap 2

Harus Tahu, Ini Pentingnya Penyuntikan Vaksin COVID-19 Tahap 2

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Proses vaksinasi COVID-19 kini telah memasuki tahap golongan kedua. Setelah tenaga medis dalam tahap pertama, kini petugas layanan publik akan menjalani vaksinasi tahap kedua. Mulai dari tentara, polisi, hingga petugas yang memberikan pelayanan langsung pada masyarakat.

Baca juga: Vaksin Corona Tidak Cukup Sekali Suntik, Ini Alasannya

Sama dengan tahap pertama, penyuntikan vaksin COVID-19 akan dilakukan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan yaitu dua kali penyuntikan. Penyuntikan vaksin COVID-19 tahap 2 ini diperlukan agar antibodi yang dibentuk oleh tubuh dapat optimal. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dalam artikel ini!

Inilah Alasan Vaksin COVID-19 Perlu Dilakukan 2 Tahap

Selain melakukan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M dan menghindari kerumunan, kamu juga bisa mencegah COVID-19 dengan melakukan vaksin COVID-19 yang telah diselenggarakan oleh pemerintah. 

Vaksinasi merupakan proses memasukkan vaksin dalam tubuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu. Dengan menerima vaksin, maka, seseorang tersebut akan memiliki gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.

Agar vaksin COVID-19 semakin optimal, tentunya kamu perlu menjalankan penyuntikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Vaksinasi COVID-19 akan dilakukan 2 kali tahap penyuntikan.

Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa vaksin COVID-19 wajib diterima sebanyak 2 dosis dalam dua kali penyuntikan. Vaksin COVID-19 Sinovac yang digunakan oleh pemerintah Indonesia akan membentuk antibodi secara optimal setelah 28 hari setelah penyuntikkan.

Dalam waktu 14 hari setelah suntikan pertama, vaksin akan bekerja sekitar 60 persen. Setelah itu, penerima vaksin perlu melakukan penyuntikkan dosis kedua. Saat 28 hari setelah suntikan pertama, barulah vaksin yang diberikan dapat bekerja optimal. 

Baca juga: Disuntik Dosis Kedua Vaksin Corona, Kapan Antibodi Presiden Jokowi Terbentuk?

Hal serupa juga dikatakan oleh Bambang Heriyanto, Corporate Secretary Bio Farma. Ia menjelaskan bahwa penerima vaksin wajib mendapatkan dua dosis suntikan untuk mengoptimalkan manfaat vaksin.

Namun, jika penerima vaksin sakit atau ada beberapa persyaratan yang tidak bisa dipenuhi saat penyuntikan kedua berlangsung, maka penerima vaksin dapat mengunjungi klinik kesehatan sesegera mungkin saat persyaratan sudah bisa dipenuhi.

Meskipun terdapat toleransi keterlambatan, bukan berarti penerima vaksin corona boleh dengan sengaja melakukan keterlambatan suntikan yang kedua. Tentunya, seluruh masyarakat yang terlibat akan diminta untuk mengikuti jadwal yang telah diberikan agar program vaksinasi COVID-19 dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Yuk Vaksin untuk Mengatasi Pandemi COVID-19!

Nah, untuk mendapatkan manfaat vaksin COVID-19, sebaiknya jangan ragu untuk mengikuti proses vaksinasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Vaksin yang berasal dari Sinovac merupakan jenis vaksin yang digunakan oleh pemerintah Indonesia. 

Tentunya, vaksin Sinovac telah melalui proses panjang sehingga dipastikan aman untuk digunakan oleh masyarakat. Vaksin Sinovac juga telah melalui beberapa tahap uji klinis sehingga dinilai efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang sudah hampir berjalan setahun di Indonesia. 

Vaksin COVID-19 dapat menimbulkan beberapa efek samping yang terbilang ringan. Pada lokasi penyuntikkan, biasanya akan terasa nyeri dan mengalami sedikit pembengkakan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengompres dingin bagian yang disuntik.

Sakit kepala, demam ringan, dan rasa tidak nyaman juga menjadi efek ringan lainnya dari proses vaksinasi ini. Atasi dengan perbanyak istirahat, minum air putih, dan konsumsi makanan sehat. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan vitamin dapat terpenuhi.

Baca juga: Wajib Tetap Menggunakan Masker Meski Sudah Vaksin Corona, Mengapa?

Kini, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc sebagai solusi lengkap untuk kesehatan kamu. Dengan menggunakan layanan beli obat, kamu bisa membeli obat dari rumah dan obat akan langsung diantar dari apotek dalam waktu 60 menit. Praktiskan? Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Efek samping yang ringan dinilai cukup normal setelah proses vaksinasi. Hal ini disebabkan vaksin sedang bekerja dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini akan segera membaik dalam beberapa hari setelahnya.

Referensi:
Kompas Online. Diakses pada 2021. Vaksinasi COVID-19 Tak Berjalan Sesuai Rencana Awal, Apa Akibatnya?
Kompas Online. Diakses pada 2021. Alasan Pentingnya Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What to Expect after Getting a COVID-19 Vaccine.