04 January 2019

Harus Tahu, Ini yang Diinginkan Si Kecil saat Berlibur

Harus Tahu, Ini yang Diinginkan Si Kecil saat Berlibur

 Halodoc, Jakarta - Liburan akhir tahun biasanya berbarengan dengan liburan sekolah Si Kecil, oleh sebab itu banyak sekali orangtua yang akan mengajak anaknya untuk pergi ke salah satu destinasi wisata. Liburan bersama anak atau liburan keluarga biasanya menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu karena momen ini memang jarang dilakukan, oleh karena itu waktu yang berharga ini harus dihabiskan dengan cara yang tepat. Sebab melakukan aktivitas menyenangkan selama liburan keluarga juga diyakini mampu mempererat ikatan antara anggota keluarga sehingga keluarga akan menjadi lebih harmonis.

Tapi sebetulnya, apakah sebagai orang tua, kamu paham benar apa yang diinginkan Si Kecil saat liburan? Memahami kemauan Si Kecil saat liburan merupakan hal yang penting. Sebab apa gunanya jika sudah mengeluarkan banyak uang namun Si Kecil tidak senang dengan aktivitas yang dilakukan saat liburan keluarga? Nah, sebuah survei Kidpinions yang digelar website HomeAway dan majalah Family Fun menuliskan hasil temuan mereka tentang hal apa saja yang sebenarnya diinginkan Si Kecil ketika liburan.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Sebelum Ajak Anak Liburan

Liburan Bersama Anak, Ajak Si Kecil Berpartisipasi Memilih Destinasi

Orang tua bisa memanjakan Si Kecil saat liburan keluarga dengan mengajaknya menginap di hotel mewah dengan fasilitas yang lengkap, tapi buat apa jika kamu melarangnya melakukan hal yang ia suka? Cara pertama yang wajib dilakukan saat liburan bersama keluarga adalah menanyakan kepada Si Kecil, destinasi wisata apa yang ia inginkan. Beberapa tempat yang mereka sukai adalah taman bermain dan pantai, orang tua dapat mempertimbangkan kedua jenis destinasi wisata ini.

Keinginan lain anak-anak ketika liburan keluarga adalah tinggal di penginapan khusus untuk berlibur, atau mengundang teman-teman mereka ke rumah serta mencoba beragam hal baru. Bahkan, anak-anak mengaku tidak keberatan kalau liburannya jadi super sibuk. Mereka akan sangat senang jika mereka dibolehkan untuk begadang atau makan junk food selama liburan. Sederhana memang, tapi orang tua harus tetap berhati-hati. Hal ini boleh saja dilakukan, asalkan setelahnya Si Kecil tetap memiliki jam tidur yang normal dan pola makan yang sehat.

Baca Juga: 5 Benda Wajib Dibawa saat Liburan bareng Anak

Selain itu, liburan yang diisi dengan petualangan dan relaksasi juga merupakan hal yang cukup seru dilakukan menurut Si Kecil. Jika orang tua khawatir apabila anak terlalu asyik liburan dan butuh bantuan ekstra saat masuk sekolah kembali, orang tua dapat menyiasati hal ini. Saat pergi berlibur, orang tua tidak perlu repot membawa buku pelajaran anak, orang tua cukup menyelipkan beberapa materi ringan saat liburan melalui permainan tebak-tebakan atau pertanyaan berdasarkan objek yang ditemui saat berlibur.

Tapi jika orang tua berpikir bahwa liburan bersama anak atau liburan keluarga adalah saat untuk istirahat dari hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, maka ini sah-sah saja. Asalkan orang tua dan Si Kecil memanfaatkan waktu liburan dengan baik, hal ini berpengaruh pada psikologis keluarga.

Baca Juga: 5 Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

Hal terpenting saat liburan bersama anak adalah memastikan kondisi kesehatannya. Tak sedikit anak-anak yang memiliki kondisi khusus seperti alergi makanan misalnya. Jadi saat berlibur, orang tua harus berhati-hati dalam memilih makanan. Selain itu, karena si kecil juga mudah kelelahan jadi sebaiknya membawa vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan agar ia tetap sehat selama berlibur.

Agar kondisi kesehatan si kecil terus terjaga selama liburan sedia selalu aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc, orang tua dapat menghubungi dokter kapan saja, di mana saja. Dengan Halodoc, dokter spesialis anak dapat dihubungi melalui Voice/Video Call dan Chat. Jadi sebelum berlibur sedia selalu aplikasi Halodoc. Download di App Store atau Google Play sekarang!