• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hasil Uji Klinis Novavax Tunjukan Tanda Positif

Hasil Uji Klinis Novavax Tunjukan Tanda Positif

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pada Agustus lalu, perusahaan Amerika Serikat, Novavax Inc, telah mengeluarkan hasil penelitian mengenai vaksin novavax yang dinilai dapat mengatasi pandemi COVID-19 dengan optimal. Saat itu, vaksin novavax telah memasuki tahap uji klinis fase 1 dengan 131 sukarelawan. Masing-masing sukarelawan diberikan dua dosis vaksin, hasilnya antibodi penetral meningkat empat kali lebih besar dibandingkan antibodi yang dikembangkan oleh orang yang pernah mengalami COVID-19.

Baca juga: 4 Tahun Dibutuhkan untuk Sediakan Vaksin COVID – 19 Sedunia

Namun kini, vaksin novavax telah direncanakan memasuki tahap akhir pengujian di daerah Inggris dan Amerika sekitar bulan Oktober 2020. Vaksin Novavax saat ini menjadi salah satu dari 11 produk vaksin corona yang hingga hari ini sudah memasuki tahap akhir pengujian. Jika tahap akhir pengujian dilakukan secara optimal dan menunjukkan hasil yang baik, bukan tidak mungkin novavax dapat memproduksi vaksin corona secara massal.

Tahap Fase 3 Vaksin Novavax

Tahap uji klinis fase 3 vaksin novavax merupakan studi acak yang akan digunakan untuk mengevaluasi keefektifan, keamanan, serta imunogenitas NVX-CoV2373 dengan Matrix-M pada 10.000 sukarelawan. Adapun beberapa syarat untuk menjadi peserta sukarelawan adalah memiliki usia 18–24 tahun dan tanpa penyakit bawaan maupun penyakit kronis. Penelitian juga akan berlangsung selama 4–6 minggu ke depan.

Pada proses uji klinis, setengah dari sukarelawan akan menerima dua suntikan intramuskular vaksin yang terdiri dari 5 µg antigen protein dan juga 50 µg matrix–m adjuvan, yang akan diberikan selang 21 hari. Lalu, setengah sukarelawan yang lain akan menerima plasebo. 

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Virus Corona Kini Diuji pada Manusia

Kelompok yang mendapatkan suntik plasebo diharapkan mendapatkan efek plasebo. Hal ini merupakan kondisi di mana seseorang tersugesti mendapatkan obat atau vaksin dengan hasil yang sama. Untuk mendapatkan hasil yang objektif, tentunya sukarelawan tidak akan mengetahui siapa saja yang mendapatkan vaksin atau plasebo.

Uji klinis fase 3 ini akan memiliki dua titik akhir. Pertama, mereka akan mengevaluasi kasus COVID–19 setelah 7 hari setelah vaksin. Dan yang kedua, jika adanya kasus COVID–19 yang terbilang ringan atau sedang setelah menerima vaksin uji coba fase 3 vaksin novavax. Uji tahap fase 3 akan kembali dianalisis jika hasil uji coba vaksin dinilai 67 persen lebih efektif dibandingkan efek plasebo.

Presiden Penelitian dan Pengembangan Novavax, Gregory Glenn, mengungkapkan rasa optimis terhadap uji klinis fase 3 vaksin novavax yang dapat memperlihatkan hasil baik dari NVX-CoV 2373 untuk membantu dunia dalam mengatasi kasus pandemi COVID-19 yang hingga saat angka penularan masih cukup tinggi. Dengan begitu, data uji klinis fase 3 dapat mendukung Novavax untuk pengajuan peraturan lisensi di Inggris dan negara sekitarnya. Mereka berharap pada pertengahan tahun 2021, Novavax sudah bisa memproduksi vaksin corona dalam jumlah besar.

Kenali NVX-CoV2373 dan Matrix-M

NVX-CoV2373 merupakan kandidat vaksin yang telah direkayasa dari genetik SARS-Cov-2, yang merupakan salah satu virus penyebab COVID-19. NVX-CoV2373 dibuat menggunakan teknologi nanopartikel rekombinan Novavax untuk menghasilkan antigen dari protein yang mengandung Matrix – M berbahan dasar saponin. Menurut Novavax, saponin dapat berfungsi dalam meningkatkan kekebalan dan merangsang antibodi penetralisir virus corona. 

Itulah beberapa informasi seputar vaksin novavax yang perlu kamu ketahui. Namun perlu diingat, penggunaan vaksin pun perlu disertai dengan gaya hidup sehat sebagai peningkatan daya tahan tubuh untuk pencegahan virus corona. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak aman terhadap orang lain agar kamu terhindar dari paparan virus corona.

Baca juga: Berjuang Hasilkan Vaksin COVID-19, Ini Kandidatnya

Mengenali gejala utama dari virus corona menjadi cara lain untuk pencegahan penularan. Jika kamu mencurigai diri kamu terpapar virus corona, sebaiknya tetap di rumah saja. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan dan juga lakukan pemeriksaan kesehatan dari rumah dengan membuat janji menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan begitu, kamu dapat membantu mencegah penularan COVID-19. 


Referensi:
Novavax. Diakses pada 2020. Novavax Initiates Phase 3 Efficacy Trial of COVID – 19 Vaccine in The United Kingdom.
Clinical Trials. Diakses pada 2020. Novavax Launches Phase III Trial of COVID – 19 Vaccine in UK.
The Wall Street Journal. Diakses pada 2020. Covid – 19 Vaccine From Novavax Begins Phase 3 Trial in UK.