04 June 2018

Hati-Hati Bahaya Anorexia Pada Ibu Hamil!

Hati-Hati Bahaya Anorexia Pada Ibu Hamil!

Halodoc, Jakarta – Gejala seperti anorexia juga bisa terjadi pada ibu hamil. Gejala itu disebut dengan pregorexia (pregnancy anorexia). Perempuan hamil dengan gangguan ini memiliki ketakutan mengalami kelebihan berat badan selama masa kehamilan. Perempuan yang mengidap ketakutan ini melakukan latihan dan pembatasan kalori secara ekstrim untuk mencegah kenaikan berat badan.

Sebenarnya, wajar-wajar saja kalau ibu hamil mengalami kenaikan berat badan hingga belasan kilogram. Memang ada angka kenaikan berat badan tertentu yang harus dicapai setiap calon ibu agar memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan janin. Itulah sebabnya pregorexia pada ibu hamil sangat mengkhawatirkan.

Kekurangan nutrisi pada ibu akan membuat si janin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Pada kasus yang parah, pregorexia bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan serius. Tidak hanya mengancam janin, tetapi juga berbahaya bagi ibu hamil.

Lantas, apa yang menyebabkan seorang ibu hamil mengalami pregorexia? Kita tahu bahwa di masa-masa kehamilan, seorang perempuan cenderung mengalami pasang surut emosi. Bisa juga terjadi karena pengaruh hormon kecemasan tentang proses melahirkan dan membesarkan anak, apalagi terhadap calon ibu baru. Di masa-masa ini, seorang perempuan juga menjadi mudah merasa depresi dan sensitif terhadap bentuk dan berat badannya.

Makanya, sangat diperlukan dukungan emosional di masa-masa ini, terutama bila lingkungan sekitarnya menimbulkan stres. Si ibu bisa melewatkan makan secara sengaja demi melampiaskan tekanan yang dialami.

Gangguan makan pada ibu hamil ini enggak bisa dibiarkan begitu saja. Gangguan makan ini bisa disembuhkan dengan melakukan pengobatan secara fisik dan psikis dengan  melibatkan dokter kandungan, ahli gizi, ginekolog, atau psikoterapis. Jika kamu mengalami gejala ini atau ingin tahu lebih banyak tentang pregorexia, disarankan untuk langsung tanya ke dokter ahli di Halodoc melalui Voice/Video Call dan Chat. Tak hanya itu, beli obat/vitamin serta cek laboratorium juga bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Tunggu apalagi? download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang, yuk!