• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun bagi Kesehatan

Hati-Hati, Ini Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 November 2022

“Meski rebusan daun sukun bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi ada beberapa efek sampingnya yang perlu diwaspadai. Contohnya seperti sembelit, gangguan ginjal, hingga sariawan.”

Hati-Hati, Ini Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun bagi KesehatanHati-Hati, Ini Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sukun adalah tanaman yang akar, daun, dan getahnya dipercaya memiliki manfaat pengobatan secara herbal. Secara tradisional, banyak orang yang memanfaatkan akar dan daun sebagai obat radang sendi, asma, sakit pinggang, hingga sakit gigi. Pengolahan yang paling sering  dilakukan yaitu merebus daun sukun.

Namun, sebenarnya manfaat tersebut belum diakui secara ilmiah. Sehingga banyak ahli yang mengatakan bahwa bahaya minum rebusan daun sukun lebih besar risikonya dibandingkan manfaatnya. Apalagi jika tata cara mengonsumsinya tidak tepat. Lantas, apa saja bahaya minum rebusan daun sukun untuk kesehatan?

Bahaya Minum Rebusan Daun Sukun yang Perlu Diwaspadai

Daun sukun banyak mengandung senyawa aktif berupa zat antiinflamasi yang berperan sebagai antioksidan dan antikanker. Zat atau senyawa yang bermanfaat dari daun sukun yaitu:

  • Saponin, tanin, asam hidrosianat, zat kalium, zat quercetin, fenol dan minyak atsiri.
  • Eugenol, carvacol, eugenol methyl-ether, cyneole, caryophyliene, ketenol, cadinene senyawa aktif.
  • Senyawa akrilik, polifenol, omega-3 dan omega 6, asam amino esensial, riboflavin.

Meskipun tanaman herbal ini memiliki banyak sekali senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi ia juga bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Beberapa efek samping yang harus diwaspadai antara lain:

  1. Gangguan ginjal

Dalam daun sukun terdapat kandungan potasium yang sangat tinggi, tapi berbahaya bagi kesehatan ginjal jika dikonsumsi terus menerus setiap hari. Kalium yang berlebihan dalam tubuh menjadi penyebab munculnya efek samping bagi kinerja ginjal. Hal tersebut karena dapat mengganggu fungsinya secara bertahap.

  1. Tekanan darah menurun

Senyawa pada daun sukun memang baik untuk kesehatan tubuh, tapi rebusan daun sukun akan menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi saat tubuh dalam kondisi kekurangan zat besi, maka tekanan darah akan menurun. 

  1. Radang mulut atau sariawan

Beberapa senyawa dalam daun sukun dapat melukai dinding mulut dan menyebabkan munculnya efek samping seperti radang mulut atau sariawan. Sariawan dapat menyebabkan gusi dan lidah terluka danterasa nyeri. 

  1. Radang usus

Mengkonsumsi rebusan daun sukun secara berlebihan dapat memicu munculnya radang usus. Pada dinding dan saluran bagian dalam usus terdapat luka yang menandakan adanya peradangan akibat gesekan, lengket, dan tumpukan senyawa dari daun sukun. Perlu diwaspadai, daun sukun akan bersifat tajam jika masuk ke usus dalam jumlah banyak.

  1. Sembelit

Konsumsi rebusan daun sukun secara berlebihan atau dalam keadaan perut kosong dapat mengganggu sistem pencernaan, dan menyebabkan konstipasi atau sembelit. Zat yang terkandung dalam daun sukun dapat mengacaukan proses pelunakan feses untuk dibuang melalui saluran pembuangan akhir (anus).

  1. Gatal

Senyawa dalam daun sukun dapat menyebabkan alergi berupa ruam kemerahan yang terasa gatal. Kondisi tersebut bisa terjadi jika kamu mengonsumsi rebusan daun sukun secara terus menerus dan dengan dosis yang tidak tepat. 

Itulah yang perlu diketahui tentang bahaya minum rebusan daun sukun bagi kesehatan. Sebaiknya sebelum menggunakan tanaman herbal sebagai pengobatan, tanyakan pada dokter di Halodoc untuk mengetahui dosis dan aturan konsumsi yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
RxList. Diakses pada 2022. BREADFRUIT
Medic Pole. Diakses pada 2022. 11 Side Effects of Breadfruit Leaves for Health You Need to Consider