• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Januari 2022
Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

“Menumpuknya lemak pada arteri atau disebut juga aterosklerosis bisa mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ jantung. Plak yang berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung, nyeri pada dada atau angina, dan stroke.”

Halodoc, Jakarta - Data yang berasal dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa penyakit jantung menyumbang kematian terbanyak nomor dua di Indonesia. Tak selesai sampai di situ saja, masalah kesehatan ini juga mengakibatkan kerugian dalam sektor finansial dengan angka yang bisa dibilang cukup besar. Ini ditunjukkan dari data milik BPJS yang menyebutkan bahwa biaya untuk penyakit jantung cenderung meningkat dari tahun ke tahun. 

Inilah mengapa, diagnosis perlu segera dilakukan pada seseorang yang mengalami masalah kesehatan ini sehingga penanganan pun bisa segera dilakukan. Nah, supaya diagnosis bisa didapatkan, tentu semua orang perlu tahu apa saja tanda penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Lebih cepat diagnosis ditegakkan, tentu pencegahan bisa segera dilakukan dan angka kematian karena penyakit ini pun bisa dikurangi. 


Kenali Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Jika penyakit jantung menyumbang angka kematian kedua terbanyak di Indonesia, masalah kesehatan ini ternyata menjadi sumber kematian paling tinggi di Amerika Serikat. Ternyata, para ahli dari National Institutes of Health - MedlinePlus, ada banyak jenis dari penyakit jantung. Kamu bisa melakukan pengecekan risiko diri lebih mudah melalui tautan berikut.

Menumpuknya plak lemak pada bagian arteri atau aterosklerosis bisa mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ jantung. Plak berlebihan ini bisa mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyumbatan maupun penyempitan yang berujung pada serangan jantung, nyeri pada dada atau angina, dan stroke. Kondisi ini disebut dengan penyakit arteri koroner dalam dunia medis. 

Masalah kesehatan satu ini bisa berkembang seiring waktu dan bisa menjadi lebih buruk. Bahkan, perkembangannya bisa terjadi pada masa anak-anak atau remaja. Lalu, apa saja yang menjadi ciri penyakit jantung yang sebaiknya kamu waspadai? Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Rasa tidak nyaman pada dada menjadi salah satu ciri penyakit jantung yang paling sering ditemui dan patut kamu waspadai. Memang benar, ketika seseorang mengalami penyumbatan pada bagian arteri atau serangan jantung, akan muncul perasaan nyeri, sesak, hingga rasa seperti tertekan pada bagian dada. 

Gejala tersebut biasanya akan terasa selama beberapa menit dan bisa muncul ketika tubuh sedang beristirahat atau melakukan aktivitas fisik. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan rasa tidak nyaman pada dada yang menandakan adanya masalah pada jantung ini tidak terasa, terlebih pada wanita. Ini artinya, kamu harus mengetahui gejala lain dari penyakit jantung. 

  • Pusing

Ada banyak kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami hilang keseimbangan atau lemas. Bisa jadi, kamu tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, bisa pula karena kamu berdiri terlalu cepat setelah sebelumnya duduk cukup lama. 

Akan tetapi, apabila kamu merasakan sakit kepala yang diikuti dengan sesak napas bahkan hingga ingin pingsan, kamu perlu segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat sehingga bisa segera mendapatkan penanganan. 

  • Rasa Nyeri yang Menyebar Hingga ke Lengan

Rasa nyeri yang menjalar hingga ke bagian dada sebelah kiri juga menjadi gejala serangan jantung yang kerap dirasakan. Inilah mengapa, ketika kamu merasa dada tidak nyaman dan nyeri yang menyebar hingga ke area lengan, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Apabila memang benar karena masalah kesehatan pada jantung, tentunya penanganan bisa segera dilakukan sehingga komplikasi pun bisa dicegah. 

  • Mendengkur

Sama halnya dengan sakit kepala, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Salah satunya adalah adanya masalah kesehatan pada jantung. Jika seseorang mendengkur keras dan terengah-engah, ia bisa jadi mengalami apnea tidur.

Jangan disepelekan, apnea tidur bisa mengakibatkan napas terhenti sejenak beberapa kali. Hal tersebut sudah pasti berdampak buruk pada organ jantung. Jadi, segera lakukan pengecekan kesehatan jika kamu mengalaminya.

Gejala Penyakit Jantung Lainnya

Selain empat gejala utama di atas, masih ada lagi ciri penyakit jantung lain yang bisa jadi turut kamu alami, yaitu: 

  • Jantung berdebar atau justru berdetak lebih lambat.
  • Tubuh demam.
  • Terjadi pembengkakan pada bagian perut, lengan, tungkai, atau area di sekitar mata. 
  • Terasa nyeri pada rahang, leher, punggung, dan bagian tenggorokan.
  • Terasa ingin pingsan.
  • Batuk kering yang tidak lekas membaik.
  • Mual dan muncul ruam pada kulit
  • Tangan maupun kaki akan terasa dingin.
  • Mengalami sianosis

Inilah mengapa pentingnya melakukan pemeriksaan dini, sehingga penanganan bisa segera diberikan dan komplikasi bisa dicegah. Selain itu, kamu juga harus membiasakan pola hidup dan pola makan yang sehat, konsumsi vitamin jika memang diperlukan. Cek kebutuhan obat dan vitamin kamu di aplikasi Halodoc. Pastikan dulu kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Ketahui Bahaya Komplikasinya

Lantas, apa saja bahaya komplikasi yang mungkin terjadi apabila gejala penyakit jantung tidak segera ditangani? Berikut beberapa di antaranya:

  • Gagal jantung, terjadi saat jantung tidak mampu memompa darah dalam jumlah cukup ke seluruh bagian tubuh. Kondisi ini bisa terjadi karena penyakit jantung koroner, infeksi jantung, dan masalah kelainan jantung lainnya.
  • Serangan jantung. Komplikasi ini bisa muncul saat ada bekuan darah yang menghambat aliran darah ke bagian jantung yang sebelumnya telah mengalami penyempitan dan merusak bagian otot. 
  • Henti jantung secara mendadak. Masalah ini bisa muncul saat fungsi jantung berhenti secara tiba-tiba. Alhasil, pengidap tidak mampu bernapas dan kehilangan kesadaran. Bahkan, yang lebih meresahkan adalah kondisi ini bisa memicu kematian jika tidak segera ditangani. 

Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa penyakit jantung koroner juga bisa memicu terjadinya stroke iskemik, kondisi saat pembuluh darah arteri ke bagian otak mengalami penyumbatan. Hal tersebut membuat otak tidak mendapatkan aliran darah dalam jumlah yang pas. 

Jadi, semakin cepat bantuan medis didapatkan, semakin besar peluang seseorang dengan masalah kesehatan jantung untuk sembuh dan bertahan hidup. Waktu paling tepat untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit yaitu sekitar satu jam sejak pengidap merasakan gejalanya. Jangan sampai terlambat ditangani, ya!

Referensi: 
American Heart Association. Diakses pada 2022. Coronary Artery Disease - Coronary Heart Disease.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Heart Disease.
Kemenkes - Sehat Negeriku. Diakses pada 2022. Penyakit Jantung Penyebab Kematian Terbanyak ke-2 di Indonesia.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2022. Heart Diseases.
Web MD. Diakses pada 2022. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.
Health Xchange. Diakses pada 2022. Heart Disease: Warning Signs to Watch Out For.