16 October 2018

Hati-Hati, Sindrom Quervain Mengintai Para Pecandu Game

Hati-Hati, Sindrom Quervain Mengintai Para Pecandu Game

Halodoc, Jakarta - Perkembangan video game di Indonesia sedang mengalami kenaikan. Lebih banyaknya game yang bisa kamu mainkan di smartphone membuat kamu sering lupa waktu jika sudah memainkannya. Jika kamu salah satu pecandu game, hati-hati kamu bisa terkena Quervain Syndrome. Berikut penjelasannya!

Apa itu Quervain Syndrome?

Quervain Syndrome sering juga dikenal di luar negeri dengan sebutan "Texting thumb". Kondisi ini membuat tendon pada jempol dan sisi pergelangan kamu terasa sakit atau pun mengalami pembengkakan. Sindrom ini sering kali diakibatkan oleh aktivitas yang memerlukan pengulangan gerakan pergelangan tangan seperti chatting dan main video game di handphone. Pengulangan ini akan menyebabkan tendonitis/tendinitis atau peradangan pada tendon, yang mengarah pada rasa nyeri, hingga kram.

Tangan dan jari-jari  bergerak dengan bantuan tulang, otot, dan urat penghubung antara keduanya. Urat penghubung itu dilindungi dengan lapisan abu-abu berbentuk silinder. Kalau jari-jari kamu terlalu banyak digerakkan karena bermain game, urat akan menipis dan robek. Jika ini tetap dilakukan secara eksesif, urat penghubung ini bisa jadi membengkak dan bergesekan dengan lapisan abu-abu tadi. Akibatnya, jempol dan pergelangan tangan kamu akan terasa sakit, bahkan bisa menjalar sampai ke siku dan pundak.

Batasi Waktu Bermain Game, atau Aktivitas di Handphone lainnya

Pencegahan yang paling efektif adalah dengan membatasi waktu bermain game. Jangan pernah melakukan aktivitas pada handphone seperti main game lebih dari 2 jam sekali bermain. Begitu kamu merasa pegal ketika bermain game atau pun kegiatan di handphone lainnya, langsung hentikan kegiatanmu itu. Istirahatkan pergelangan tangan dan otot jempol kamu. Selain otot pada jempol, kamu juga perlu mengistirahatkan mata kamu dari paparan sinar yang ada di handphone.

Jika kamu mengalami rasa pegal ketika berada di tengah-tengah sesi bermain dan tidak bisa langsung berhenti, kamu bisa mencoba bermain di atas meja. Taruh pergelangan kamu di atas meja untuk mengurangi beban kerja dari pergelangan tangan. Posisi paling buruk dan menyakitkan bagi lengan dan jempol adalah ketika mereka harus menopang dan juga mengulang gerakan mengetuk layar secara bersamaan. Hal lain yang bisa kamu lakukan apabila memungkinkan adalah mengganti tangan saat bermain.

Pengobatan Quervain Syndrome

Untuk menangani sindrom quervain, termasuk pengurangan peradangan, pencegahan sindrom terjadi kembali, dan juga pengurangan gerakan dahulu. Dokter akan mencari cara untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan seperti terapi tangan, atau kompres es. Setelah itu, dokter akan membuat jempol dan lengan kamu agar tetap lurus untuk mengistirahatkan tendon. Dalam beberapa kasus yang serius, operasi perlu dilakukan.

Nah, jika kamu merasakan sakit pada pergelangan tangan dan jempol setelah menggunakan handphone atau memiliki pertanyaan seputar kesehatan lainnya, yuk tanyakan pada dokter atau spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: