• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Stres Bisa Memicu Masalah pada Kulit

Hati-Hati, Stres Bisa Memicu Masalah pada Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hati-Hati, Stres Bisa Memicu Masalah pada Kulit

“Stres adalah reaksi tubuh ketika mendapatkan tekanan, ancaman, atau perubahan. Bukan hanya dapat menyebabkan kondisi kesehatan mental semakin memburuk, stres juga bisa memicu masalah pada kulit. Ada berbagai gangguan kesehatan kulit yang rentan dialami ketika mengalami stres, salah satunya jerawat.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan kondisi stres yang kamu alami. Stres yang tidak diatasi dengan baik nyatanya dapat menyebabkan berbagai risiko gangguan kesehatan. Mulai dari depresi hingga masalah pada kulit. 

Baca juga: Stres Berat, Tubuh Akan Alami Ini

Ya, kondisi stres yang tidak ditangani nyatanya bisa memicu masalah pada kulit. Tidak ada salahnya simak lebih banyak mengenai kaitan antara stres dan masalah pada kulit dalam artikel ini. Dengan begitu, kamu dapat melakukan pencegahan dengan baik.

Waspada Kondisi Stres

Hampir semua orang pernah merasakan kondisi yang dikenal sebagai stres. Stres sendiri merupakan reaksi tubuh yang terjadi akibat adanya ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan beberapa tanda pada pengidapnya, baik secara mental maupun fisik.

Gejala yang akan dialami oleh pengidap stres biasanya berbeda-beda. Kondisi ini juga bisa terjadi dalam waktu yang cukup pendek hingga panjang dan umumnya sangat sulit untuk diidentifikasi. Ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat sebagai tanda umum dari stres.

  1. Psikologis. Biasanya pengidap stres akan mengalami tanda pada psikologisnya, seperti kesulitan untuk berkonsentrasi, mengalami perasaan cemas terus-menerus, hingga kesulitan mengingat hal-hal yang cukup penting.
  2. Emosional. Seseorang yang mengalami kondisi stres umumnya juga akan mengalami perubahan pada emosinya. Pengidap akan lebih mudah untuk marah, mengalami perubahan suasana hati yang sangat cepat, lebih mudah tersinggung, dan frustasi.
  3. Fisik. Selain psikologis dan emosional, seseorang yang mengalami kondisi stres juga dapat mengalami perubahan pada fisik. Hal ini akan ditandai dengan berbagai gangguan kesehatan yang muncul, seperti darah tinggi, sakit kepala, dan juga perubahan nafsu makan.
  4. Perilaku. Kondisi stres juga dapat menyebabkan perubahan perilaku, seperti kurang memperhatikan kebutuhan diri sendiri, tidak dapat menikmati hal-hal menyenangkan, dan menghindari lingkungan.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Sebaiknya segera pastikan kondisi kesehatan mental kamu setelah mengalami beberapa gejala yang terkait dengan stres. Nyatanya, kondisi stres yang tidak diatasi dengan baik juga dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada psikolog atau dokter mengenai keluhan kesehatan yang dialami terkait dengan stres. Kamu bisa download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Stres dan Masalah pada Kulit

Stres yang kamu alami dapat menyebabkan respon kimia dalam tubuh sehingga membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kondisi ini juga dapat memperlambat penyembuhan gangguan kesehatan pada kulit yang sebelumnya sudah dialami.

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Kondisi ini dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit. Tentunya, kulit yang berminyak akan lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pada kulit, seperti jerawat.

Tidak hanya itu, stres juga dapat menurunkan sistem imun seseorang. Bahayanya, jika kondisi ini tidak diatasi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan pada kulit kepala yang menyebabkan kerontokan rambut dan juga vitiligo.

Stres yang dialami juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit memburuk atau bahkan kambuh. Misalnya, eksim dan juga psoriasis. Untuk itu, sebaiknya segera atasi gejala stres yang kamu alami jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang cukup panjang dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Jangan Abaikan Stres, Ini Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tingkat stres dan kesehatan kulit, seperti mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan juga jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan kulit dengan baik. 

Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan tidur setiap harinya dan lakukan berbagai hal menyenangkan yang bisa membuat kamu merasa lebih nyaman dan bahagia. Yuk, mulai sekarang jangan hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mental agar tetap optimal.

Referensi:
Florida Dermatology. Diakses pada 2021. How Stress Affects Your Skin.
Radiance by Web MD. Diakses pada 2021. Effects of Stress on Your Skin.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. What is Stress?