• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Varises Bisa Jadi Gejala Awal Emboli Paru

Hati-Hati, Varises Bisa Jadi Gejala Awal Emboli Paru

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hati-Hati, Varises Bisa Jadi Gejala Awal Emboli Paru

Halodoc, Jakarta - Pembengkakan pembuluh vena atau varises terkadang masih dianggap sebagai gangguan yang berkaitan dengan estetika dan mengganggu penampilan. Nyatanya, varises adalah kondisi yang berisiko pada penyumbatan pembuluh darah atau emboli paru. Emboli paru adalah penyumbatan arteri paru-paru oleh suatu embolus (bekuan darah) yang terjadi tiba-tiba dan dapat mengakibatkan kematian mendadak pada seseorang. 

Maka dari itu, varises sebaiknya tidak disepelekan karena adanya komplikasi serius yang ditimbulkannya, salah satunya emboli paru. Varises dapat terjadi akibat terganggunya fungsi pembuluh vena untuk mengalirkan darah ke jantung. Vena adalah pembuluh darah yang bekerja untuk mengembalikan darah dari tubuh ke jantung. Tugas vena pada kaki lebih berat dibandingkan pada bagian tubuh lain, karena paling jauh jaraknya dari jantung. 

Baca juga: Menekuk Kaki Setelah Olahraga Bisa Kena Varises?

Emboli Paru Komplikasi yang Disebabkan Varises

Orang yang mengalami varises berisiko mengalami emboli paru, yaitu kondisi yang menyumbat pembuluh darah arteri di paru-paru akibat gumpalan darah yang lepas dari tungkai. Gejala emboli paru yang disebabkan varises biasanya tidak akan terasa atau terlihat, apalagi jika gumpalan darahnya kecil. Namun, jika gumpalan darah berukuran besar, pengidap dapat merasakan nyeri dada dan kesulitan bernapas, bahkan dapat mengalami gagal jantung. 

Varises yang bersifat jangka panjang dapat menyebabkan sindrom pasca trombosis, yaitu kondisi saat varises mengakibatkan kerusakan di pembuluh darah vena yang mengakibatkan aliran darah di daerah tersebut jadi memburuk. Kondisi ini juga mengakibatkan perubahan pada wanita kulit dan luka di tungkai. 

Jika varises semakin parah, akan terjadi penimbunan darah akibat aliran darah balik yang tidak normal. Dengan begitu darah rentan untuk membeku, sehingga berpotensi menyumbat aliran darah ke paru-paru. Inilah yang mengakibatkan kematian mendadak pada seseorang. 

Kematian mendadak akibat emboli paru juga sering disalahartikan sebagai serangan jantung. Itulah sebabnya penyakit ini masih belum jadi perhatian. Perlu kamu ketahui bahwa tahapan gangguan vena diawali dari munculnya garis kemerahan di betis yang merupakan penampakan dari vena yang membengkak. Kemudian, pembengkakan vena semakin besar dan menimbulkan luka karena sel-sel kulit di atas pembuluh darah yang mati. 

Baca juga: Ini Risiko Emboli Paru Sesuai dengan Usia

Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Varises

Untuk mewaspadai terjadinya varises beserta komplikasinya, berikut faktor-faktor yang meningkatkan risiko terjadinya varises yang harus diwaspadai:

  • Usia. Risiko varises meningkat dengan bertambahnya usia. Penuaan menyebabkan keausan pada katup di pembuluh darah yang membantu mengatur aliran darah. Kemudian keausan menyebabkan katup membiarkan darah mengalir kembali ke pembuluh darah di tempat pembuluh darah itu terkumpul alih-alih mengalir ke jantung. 
  • Jenis kelamin. Wanita lebih mungkin mengalami kondisi ini. Perubahan hormon selama kehamilan, pramenstruasi, atau menopause mungkin juga menjadi faktor karena hormon wanita cenderung membuat dinding vena jadi rileks. Perawatan hormon, seperti pil KB, dapat meningkatkan risiko varises.
  • Kehamilan. Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh akan meningkat. Perubahan ini mendukung pertumbuhan janin, tapi juga dapat menghasilkan efek samping yang tidak nyaman, yaitu pembesaran pembuluh darah di kaki. Perubahan hormon selama kehamilan juga bisa jadi penyebabnya. 
  • Riwayat keluarga. Jika anggota keluarga lain ada yang memiliki varises, maka ada kemungkinan kamu juga memilikinya. 
  • Kegemukan. Kelebihan berat badan akan menambah tekanan pada pembuluh darah. 
  • Berdiri atau duduk terlalu lama. Darah tidak mengalir dengan lancar jika kamu berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Saat Hamil

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai varises dan kaitannya dengan gangguan emboli paru. Jika kamu memiliki varises, segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui penangannya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Varicose veins.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What can I do about varicose veins?