• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hepatitis A Bisa Sebabkan Terjadinya Gagal Hati

Hepatitis A Bisa Sebabkan Terjadinya Gagal Hati

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Selalu menjaga kebersihan tangan dan lingkungan dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Berbagai gangguan penyakit terjadi akibat kebersihan yang kurang terjaga, salah satunya adalah hepatitis A. Penyakit hepatitis A adalah peradangan pada bagian hati yang disebabkan oleh adanya paparan virus hepatitis A. 

Baca juga: Makan Sembarangan Bisa Bikin Anak Alami Hepatitis A?

Virus hepatitis A mudah menyebar melalui makanan maupun minuman yang terpapar virus hepatitis A. Kondisi yang tidak diatasi dengan baik dapat sebabkan komplikasi kesehatan, salah satunya gagal hati. Ini ulasan selengkapnya.

Hindari Komplikasi yang Disebabkan Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit hepatitis A adalah jenis penyakit yang sangat mudah menular. Penularan dapat terjadi melalui makanan dan minuman yang terpapar virus hepatitis A melalui feses. Tentunya, kebersihan diri dan lingkungan menjadi kunci utama dalam menghentikan penyebaran penyakit hepatitis A.

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan penyebaran virus hepatitis A lebih cepat, seperti mengonsumsi makanan dengan tingkat kematangan kurang optimal, kebersihan lingkungan yang kurang terjaga khususnya area toilet, minim air bersih, kontak langsung dengan pengidap hepatitis A, dan berhubungan intim dengan pengidap hepatitis A.

Hepatitis A bisa dicegah dengan menjaga kebersihan. Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan, melakukan vaksinasi untuk penyakit hepatitis menjadi salah satu pencegahan yang cukup efektif untuk menghindari hepatitis A. Pencegahan perlu dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang terjadi akibat hepatitis A.

Hepatitis A meningkatkan beragam risiko komplikasi, salah satunya adalah penyakit gagal hati. Gagal hati terjadi ketika sebagian besar organ hati mengalami kerusakan. Kondisi ini menyebabkan hati yang tidak mampu berfungsi secara optimal, padahal organ hati memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh.

Melansir Mayo Clinic, komplikasi gagal hati lebih rentan dialami oleh pengidap hepatitis A yang memiliki usia lanjut. Tidak hanya itu, pengidap liver yang mengalami hepatitis A juga memiliki risiko lebih besar mengalami komplikasi gagal hati. 

Baca juga: Ketahui Bahaya Ibu Hamil yang Alami Hepatitis A

Ketahui Gejala Hepatitis A

Hepatitis A biasanya diawali dengan kondisi demam. Demam akibat penyakit hepatitis A biasanya disertai dengan gejala lain, seperti pusing, menggigil, nyeri otot, dan nyeri sendi. Gejala lanjutan umumnya terjadi seperti warna urine yang berubah menjadi gelap, feses yang berwarna pucat, tubuh terasa lemas, mual, muntah, dan mengalami nyeri pada perut bagian atas.

Pengidap hepatitis A umumnya juga mengalami penurunan nafsu makan. Kondisi yang tidak diatasi tentunya disertai dengan penurunan berat badan. Pengidap hepatitis A juga mengalami gejala lain, seperti kulit yang menjadi gatal dan juga tanda penyakit kuning.

Sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika mengalami beberapa tanda tersebut untuk memastikan penyebab gejala yang dialami. Kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan pemeriksaan. 

Pengobatan hepatitis A dilakukan untuk menurunkan risiko komplikasi dan meredakan gejala yang dialami pengidap hepatitis A. Pengidap hepatitis A sebaiknya banyak mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh yang membasmi virus hepatitis A dalam tubuh. 

Baca juga: Begini Pola Makan Sehat untuk Pengidap Hepatitis A

Melansir Web MD, pengidap hepatitis A sebaiknya memenuhi kebutuhan istirahat, memenuhi cairan tubuh dan hindari alkohol, serta jangan lupa untuk melakukan perawatan pada kulit untuk menghindari kulit yang semakin gatal.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Hepatitis A
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Hepatitis A