Hidup Lebih Sehat Setelah Puasa dan Lebaran, Bisa!

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hidup Sehat, Puasa, pola makan

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti telah menyadari bahwa saat puasa ada beberapa rutinitas harian yang berubah, seperti pola makan, minum, dan tidur. Nah, saat lebaran datang, tentu kamu akan menjadi kalap makan, karena banyak hidangan lezat yang dihidangkan. Enggak heran kalau banyak orang yang berat badannya naik setelah lebaran. Untuk menjalani hidup yang lebih sehat setelah puasa dan lebaran, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Baca juga: Meski Rajin Olahraga, Gaya Hidup Sedentary Tetap Berbahaya

  • Perbaiki Pola Makan

Lebaran pasti membuat pola makan kamu jadi kacau. Nah, akibatnya lemak-lemak di tubuh kamu jadi bertambah. Saat kembali ke rutinitas biasanya, kamu wajib mengatur kembali pola makanmu. Makan tiga kali sehari dalam porsi yang cukup.

  • Perbaiki Pola Minum

Jika kamu tidak bisa mengonsumsi pola delapan gelas sehari saat sedang puasa, ini saatnya untuk kamu memperbaiki pola minum kamu. Karena lebaran banyak minuman yang manis-manis, boleh-boleh saja kamu mengonsumsi minuman ini, tetapi jangan berlebihan, ya!

Baca juga: Hidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

  • Perbaiki Pola Tidur

Saat berpuasa, pola tidur akan berbeda dari biasanya, karena kamu harus membiasakan diri bangun pagi untuk makan sahur. Dengan pola tidur yang tidak beraturan, kamu akan mudah merasa capek saat siang hari dan cenderung tidur lebih malam. Dengan pola tidur yang berantakan ini, mau tidak mau badan akan mudah lelah dan terserang banyak penyakit.

Karena puasa telah usai, kamu bisa mencoba untuk memperbaiki pola tidur sehatmu. Mulai sekarang, kamu bisa mencoba tidur dengan baik selama 7-8 jam per harinya, tidak kurang dan tidak lebih. Di samping itu, jangan biasakan tubuh dengan begadang, ya!

  • Aktif Melakukan Olahraga

Selama satu bulan penuh berpuasa, seseorang pasti cenderung malas sekali berolahraga. Bahkan, aktivitas ini seperti mustahil dilakukan. Saat berpuasa seseorang sering bermalas-malasan, karena tidak mau menguras energi. Saat lebaran pun, seseorang cenderung hanya banyak makan tanpa berolahraga. Nah, jika kebiasaan jelek ini terus dilakukan, obesitas akan datang dan mengganggu kesehatan kamu.

Karena puasa telah usai, tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, minimal seminggu tiga kali. Karena tubuhmu sudah sebulan lebih beristirahat tanpa olahraga, kamu bisa memulainya dengan melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan terlebih dulu. Kemudian, dengan sejalannya olahraga ringan yang rutin kamu lakukan, kamu bisa beralih ke olahraga dengan intensitas tinggi.

  • Melakukan Diet Sehat

Hidangan saat lebaran terlihat begitu menggiurkan setelah sebulan penuh berpuasa, ya! Karena apapun disantap saat lebaran, alhasil banyak lemak yang menumpuk pada tubuh. Nah, ini waktu yang tepat untuk menjalani diet sehat guna mengembalikan berat badan tubuhmu. Kamu bisa melakukan diet sesuai dengan kondisi tubuh, dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, kamu bisa bicarakan langsung ke dokter ahlinya, ya!

Baca juga: Sudahkan Anda Menerapkan Gaya Hidup Sehat Ini?

Nah, jika kamu bingung untuk mendiskusikan masalah kesehatan yang sedang kamu alami, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!