• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hijabers, Begini Cara Tepat Menjaga Kesehatan Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hijabers, Begini Cara Tepat Menjaga Kesehatan Rambut

Hijabers, Begini Cara Tepat Menjaga Kesehatan Rambut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

“Memiliki rambut indah dan sehat pasti menjadi dambaan setiap wanita. Meski memakai hijab, kamu juga harus tahu bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan rambut yang tepat.”

Hijabers, Begini Cara Tepat Menjaga Kesehatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Memakai jilbab atau hijab menjadi salah satu anjuran untuk para wanita pemeluk agama Islam. Mengenakan kerudung tentu akan melindungi rambut dari paparan polusi dan panas matahari. Meski demikian, rambut yang tertutup kain hampir sepanjang hari justru lebih mudah berkeringat. 

Kondisi ini meningkatkan produksi minyak atau sebum yang berujung pada bakteri yang rentan menumpuk di kulit kepala. Tidak heran jika wanita berhijab kerap mengeluhkan rambut lepek, berminyak, gatal, dan mudah mengalami kerontokan. Penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat juga bisa membuat masalah di kulit kepala semakin memburuk. 

Cara Menjaga Kesehatan Rambut untuk Hijabers

Supaya kamu tidak mengalami berbagai masalah rambut tersebut, pastinya kamu harus tahu cara tepat merawat dan menjaga kesehatan rambut. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  1. Segera Lepas Hijab setelah di Rumah

Pertama, segera lepas hijab dan ikatan rambut setibanya di rumah. Dengan begitu, rambut bisa beristirahat dan mendapatkan kembali udara segar setelah sekian lama terikat dan tertutup rapat oleh kain hijab.

  1.  Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu erat bisa meningkatkan risiko rambut rontok karena patah. Selain itu, penggunaan karet rambut yang tidak tepat dan berulang kali juga bisa membuat rambut lebih mudah rusak. 

Selain mengikat rambut lebih longgar, kamu bisa menggunakan aksesori rambut jenis scrunchies untuk mengurangi ketegangan ikatan pada rambut. 

  1. Gunakan Sampo yang Tepat

Umumnya, wanita yang memakai jilbab cenderung memiliki kulit kepala lembap dan rambut berminyak. Jadi, sebaiknya pilih produk pembersih dan pelembut rambut yang berbahan ringan. Apalagi kalau kamu ternyata memiliki kulit kepala yang sensitif. 

Meski demikian, sebaiknya kamu tidak mencuci rambut setiap hari, ya! Sebab, minyak alami yang terdapat pada kulit kepala akan berkurang dan membuat rambut semakin kering. Kulit kepala terlalu kering juga memicu munculnya rasa gatal di kepala, lho!

  1. Pastikan Rambut Kering sebelum Memakai Hijab

Cara merawat rambut berhijab berikutnya adalah membiarkan rambut kering sebelum menutupnya dengan hijab. Menggunakan hijab saat rambut masih basah bisa membuat rambut lembap, lepek, bau, dan memicu tumbuhnya jamur di kulit kepala.

Terlebih lagi jika kamu harus mengikat rambut sebelum memakai kerudung. Pastinya rambut menjadi lebih mudah berketombe. Jika terburu-buru, kamu bisa menggunakan alat pengering rambut dengan suhu rendah untuk menghindari risiko rambut rusak. 

  1. Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Banyak sekali jenis kain hijab yang bisa dijumpai di pasaran. Namun, tidak semuanya tepat dan nyaman digunakan untuk kepala. Kamu harus bisa memilih jenis kain hijab yang tepat sehingga rambut bisa bernapas meski tertutup seharian. 

Apabila memungkinkan, pilih hijab dengan serat alami yang cenderung ringan seperti katun atau chiffon. Bahan tersebut memungkinkan udara mudah masuk ke bagian kulit kepala dan membantu menutup rambut sepenuhnya. 

Namun, kalau kamu menyukai hijab dari kain sintetis seperti poliester atau nilon, ada baiknya kamu menggunakan underscarf sehingga rambut tidak terkena paparan bahan kain secara berlebihan. 

Sebab, paparan berlebihan bisa membuat rambut mudah rontok. Selain itu, sebaiknya pilih hijab dengan kain tipis apabila cuaca sedang panas.

Itu tadi beberapa cara merawat rambut berhijab sehingga tetap sehat, indah, dan berkilau meski tertutup sepanjang hari. Jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut, ya! 

Kamu bisa mendapatkan berbagai kebutuhan kesehatan lebih mudah melalui Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Clozette. Diakses pada 2022. Hair Care tips for women who wear a hijab.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2022. How to stop damaging your hair.