• Home
  • /
  • Hilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Madu

Hilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Madu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Hilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Madu

Halodoc, Jakarta - Jerawat menjadi masalah kulit yang paling umum terjadi pada siapa saja. Munculnya jerawat terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri pada pengidapnya. Selain itu, terkadang keinginan untuk menyentuh dan memencet jerawat menjadi salah satu kondisi yang dirasakan bagi pemilik jerawat.

Baca juga: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 6 Cara Ini

Menurut American Academy of Dermatology, kebiasaan memencet maupun terlalu banyak menyentuh jerawat sebaiknya dihindari. Hal ini disebabkan jerawat dapat mengalami peradangan yang lebih parah. Jika sudah begini, terkadang jerawat yang sudah hilang dapat menimbulkan bekas pada kulit. Lalu bagaimana mengatasi bekas jerawat pada kulit? Benarkah masker madu efektif untuk menghilangkan bekas jerawat? Yuk, simak ulasannya, di sini.

Benarkah Masker Madu Efektif Hilangkan Bekas Jerawat?

Madu menjadi bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi jerawat. Madu memiliki kandungan antibakteri dan antiradang yang digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Sehingga dianggap efektif untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Lalu, bisakah masker madu digunakan untuk mengatasi bekas jerawat pada kulit wajah? 

Melansir Healthline, madu digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk menyamarkan luka bekas jerawat. Madu memiliki kandungan antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus menyamarkan luka bekas jerawat pada kulit. Namun, perhatikan madu yang kamu gunakan untuk perawatan wajah. Sebaiknya gunakan madu murni yang bukan berasal dari pabrik untuk hasil yang optimal.

Menghilangkan bekas luka jerawat dengan madu cukup mudah, kamu dapat menjadikan madu sebagai salah satu bahan masker untuk wajah. Madu juga berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit wajah sehingga menurunkan risiko peradangan. Selain madu murni, gunakan campuran madu murni dengan tomat agar hasil masker yang digunakan lebih optimal. 

Baca juga: Benarkah Akupunktur Dapat Mempercantik Kulit Wajah?

Bahan Alami untuk Atasi Bekas Jerawat

Selain madu, ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah, yaitu:

1. Lidah Buaya

Melansir Medical News Today, lidah buaya digunakan sebagai masker untuk atasi bekas jerawat. Gunakan daging lidah buaya karena kandungan aloin banyak terdapat dalam gel lidah buaya. Kamu dapat mengoleskan daging lidah buaya pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan rutin untuk hasil yang optimal.

2. Mentimun

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium di dalam mentimun membantu untuk menghidrasi kulit sehingga noda hitam akibat bekas jerawat tersamarkan. Jadikan mentimun sebagai masker, caranya dengan mengiris tipis mentimun atau menghaluskan mentimun untuk dioleskan pada wajah.

3. Minyak Kelapa

Melansir dari Healthline, minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Caranya cukup oleskan minyak kelapa pada bagian-bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hangat.

Baca juga: Jerawat di Dagu Menandakan Gangguan Pencernaan

Itulah bahan alami yang digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami keluhan terhadap jerawat yang semakin meradang. Selain menggunakan bahan alami, bekas jerawat juga dapat diatasi dengan beberapa pengobatan medis yang harus dilakukan oleh dokter.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars
Medical News Today.  Diakses pada 2020. The Best Way to Get Rid of Acne Scars
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Acne Scars