• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih, Ini Caranya

Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih, Ini Caranya

Halodoc, Jakarta – Bawang putih telah digunakan sejak lama untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan salah satunya adalah menghilangkan jerawat. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik dari allicin. 

Kandungan allicin inilah yang efektif membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Allicin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek ini memungkinkan kulit menerima lebih banyak nutrisi sehingga meredakan pembengkakan kulit akibat jerawat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Seberapa Efektif Jus Lemon untuk Mengatasi Jerawat?

Bawang Putih dan Jerawat

Allicin pada bawang putih sangat efektif menghilangkan jerawat. Selain itu, bawang putih juga memiliki tiosulfinat yang dapat bertindak sebagai antimikroba. Penggunaan bawang putih yang teratur diyakini dapat membersihkan kulit dari noda jerawat.

Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat memerangi jerawat, seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng (digunakan untuk mengontrol zat berminyak). Anti-inflamasi pada bawang putih juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada jerawat. 

Bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat melalui berbagai metode:

1. Bawang putih mentah yang dijus.

2. Bawang putih mentah yang dijus kemudian dipanaskan. 

3. Bubuk bawang putih kering.

4. Ekstrak bawang putih.

Siung bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Kamu tinggal menghaluskan 3-4 siung bawang putih baru dioleskan ke area yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

Selain diaplikasikan langsung ke area kulit yang bermasalah, bawang putih juga bisa dikonsumsi langsung untuk menghilangkan jerawat. Cincang bawang putih, lalu tambahkan ke makanan yang akan dimakan.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

Untuk menambahkan rasa, kamu juga bisa mencampurkan jus bawang putih mentah dengan cengkeh. Kombinasi ini bisa diminum atau dibalurkan ke area yang berjerawat. Supaya bisa langsung diminum, kamu bisa menyaringnya. 

Selain dengan cengkeh, bahan lain yang bisa digunakan berbarengan dengan bawang putih sebagai perawatan kulit berjerawat adalah yoghurt. Jika digunakan dengan yoghurt, perawatan ini bisa sekaligus mengelupas kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-porimu. Bagaimana cara pembuatannya?

1. Campurkan 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan yoghurt.

2. Oleskan campuran ke kulit.

3. Pijat kulit dan biarkan selama beberapa menit.

4. Bilas dengan air.

Bawang putih dan yoghurt juga bisa ditambahkan dengan madu. Kamu bisa menggunakan kombinasi ketiganya sebagai masker. Diamkan selama 20 menit, baru bilas dengan air. Selain cengkeh, madu, yoghurt, kamu juga bisa menambahkan lidah buaya atau cuka sari apel sebagai pengganti bahan-bahan tambahan tadi.

Baca juga: Apa Penyebab Jerawat yang Membandel di Wajah?

Informasi selengkapnya mengenai cara menghilangkan jerawat bisa ditanyakan langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc ya! Sebelum kamu menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat, pastikan dulu kalau kulitmu aman saat terpapar bawang putih.

Soalnya buat beberapa orang bawang putih dapat memicu reaksi alergi bila terkena kulit. Reaksi kulit yang terjadi bisa jadi gatal-gatal ringan sampai berat. Bisa jadi penyebabnya karena protein dalam bawang putih yang memicu reaksi demikian. Kalau jerawatmu memang sudah parah benar, ada baiknya kamu diskusikan langsung ke dokter kulit ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat Acne and Some Other Skin Conditions with Garlic.
Allergic Living. Diakses pada 2021. Is it Possible to be Allergic to Garlic?