• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hilangkan Jerawat dengan Tomat, Ini Caranya

Hilangkan Jerawat dengan Tomat, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Jerawat yang mengganggu penampilan kerap membuat sebal. Itulah sebabnya banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari yang alami, hingga pergi ke klinik kecantikan untuk mendapat resep obat. Nah, salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan tomat.

Menghilangkan jerawat dengan menggunakan tomat ini banyak digemari dengan alasan murah dan alami. Selain itu, tomat juga mengandung likopen dan antioksidan yang baik untuk kulit. Dua senyawa itu merupakan zat yang baik untuk mempertahankan kesehatan kulit. Tomat juga dipercaya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: 5 Fakta tentang Jerawat yang Jarang Orang Tahu

Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Sebenarnya, ada banyak manfaat mengonsumsi tomat untuk kesehatan tubuh. Misalnya, mencegah kanker payudara serta penyakit kardiovaskuler, seperti sakit jantung dan stroke. Namun, salah satu manfaat utama dari tomat yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat di wajah.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan tomat, yaitu:

1. Dikonsumsi Rutin

Mengonsumsi buah tomat sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dapat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait pencegahan jerawat, tidak ada salahnya kalau kamu mengonsumsi buah yang kaya nutrisi ini. Konsumsi tomat yang disarankan untuk kesehatan kulit adalah dengan memasaknya terlebih dahulu agar likopen optimal diserap oleh tubuh. 

Namun, tidak masalah juga jika kamu mengolahnya menjadi jus, saus pasta, atau makanan lain. Ketika tomat dikonsumsi bersamaan dengan lemak nabati, misalnya dengan alpukat atau minyak zaitun, kandungan likopen akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Baca juga: Inilah Hormon Jerawat dan Cara Mengatasinya

2. Sebagai Masker Wajah

Jika kamu mengalami jerawat yang parah, coba gunakan masker yang terbuat dari tomat, karena mengandung asam salisilat yang dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah dan mengecilkan pori-pori. Kamu bisa membuat masker tomat sendiri dengan cara menghaluskan 1 buah tomat. 

Lalu, tempelkan tomat yang sudah halus ke wajah, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa membeli produk masker tomat yang tersedia di apotik, tetapi harus mengikuti aturan pemakaiannya, ya. Kalau bingung, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk bertanya pada dokter kulit, kapan dan di mana saja. 

Selain dijadikan masker, ada juga teknik lain yang sering dilakukan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan tomat, yaitu menggosok-gosokkan tomat langsung ke wajah. Meski belum ada bukti ilmiah yang memadai, diketahui bahwa kulit tomat memiliki kandungan antioksidan karotenoid yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan proses penuaan dini, serta mengurangi risiko terjadinya kanker kulit.

Baca juga: Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat mungkin akan efektif pada sebagian orang. Namun, cara ini bisa saja tidak memberikan hasil pada sebagian orang lainnya. Hal ini karena kondisi kulit setiap orang tidaklah sama, sehingga efek tomat juga bisa berbeda pada masing-masing orang. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran cara menghilangkan jerawat yang tepat untuk kondisi kulit kamu.

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2020. Yes To Tomatoes Acne Fighting Paper Mask.
Everyday Health. Diakses pada 2020. The Best Foods for Your Skin.
Healthline. Diakses pada 2020. Carotenoids: Everything You Need to Know
WebMD. Diakses pada 2020. Health Properties of Tomatoes.