Hilangkan Kutu Air dengan Korek Api, Bolehkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hilangkan Kutu Air dengan Korek Api, Bolehkah?

Halodoc, Jakarta - Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang mudah terkena penyakit, salah satunya adalah kutu air. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur tersebut harus segera diatasi, supaya tidak cepat menyebar ke bagian tubuh lain.

Kutu air adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika timbul selaput putih pada jari tangan atau jari kaki. Gangguan tersebut dikenal juga dengan sebutan tinea pedis.

Gangguan pada kulit tersebut umumnya menyerang di bagian tertentu, seperti jari kaki. Ketika hal tersebut terjadi, rasa gatal akan timbul dan perasaan terus ingin menggaruk. Jamur yang terjadi akan menyebar jika rasa gatal terus digaruk.

Gejala dan Penyebab Kutu Air

Gangguan yang disebabkan oleh jamur ini dapat menimbulkan ruam merah yang bersisik. Hal tersebut umumnya terjadi pada sela jari kaki. Rasa gatal dapat terasa sangat parah ketika melepas sepatu atau kaus kaki yang kamu kenakan.

Beberapa kutu air yang terjadi dapat berkembang menjadi bisul. Salah satu jenis dari penyakit kulit tersebut dapat menyebabkan kekeringan kronis pada kulit. Hal tersebut membuatnya sering tertukar dengan gejala eksim atau kulit kering.

Penyebab dari kutu air juga termasuk dalam satu jenis jamur yang menyebabkan kurap. Kaus kaki dan sepatu yang lembap dapat mendukung pertumbuhan jamur tersebut. Gangguan tersebut juga dapat menular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi.

Baca juga: Musim Hujan, Cegah Kutu Air dengan 7 Cara Ini

Bolehkah Menghilangkan Kutu Air dengan Korek Api?

Kutu air yang menyerang kamu tentu akan menimbulkan rasa jengkel. Maka dari itu, kamu sebaiknya langsung menemui dokter untuk meminta resep pengobatan. Obat yang diberikan dapat berupa losion dan krim bilas.

Lalu, bolehkah menghilangkan kutu air dengan korek api? Jawabannya adalah tidak. Pasalnya, beberapa obat yang oles untuk kutu air mengandung bahan yang mudah terbakar. Kamu dapat memicu api dengan korek api dan benda panas lainnya.

Selain itu, pengobatan dengan menggunakan korek api juga dapat membuat kulit kamu mengalami gangguan. Mungkin saja kamu mendapat luka bakar yang terjadi karena satu dan lain hal. Cobalah untuk selalu berdiskusi dengan dokter kamu.

Komplikasi yang Disebabkan Kutu Air

Gangguan disebabkan jamur tersebut dapat menyebabkan komplikasi pada beberapa kasus. Komplikasi yang ringan, termasuk reaksi alergi jamur, dapat menimbulkan lepuh pada area yang terserang. Selain itu, infeksi jamur juga dapat kembali setelah diobati.

Komplikasi yang lebih parah juga dapat terjadi, seperti bengkak dan terasa sakit. Gejala dari infeksi yang lebih parah adalah timbulnya nanah dan mengalami demam. Infeksi tersebut juga dapat menyebar ke sistem getah bening kamu.

Baca juga: Bahaya Kutu Air yang Bikin Kaki “Nggak” Nyaman

Cara Mencegah Kutu Air

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kutu air pada tubuh kamu. Berikut adalah beberapa caranya:

  • Pastikan kaki kamu tetap kering, terutama pada bagian jari-jari kaki. Saat di rumah, lepaskan alas kaki agar bagian tersebut mendapat udara sebanyak mungkin dan terhindar dari udara lembap.

  • Cobalah untuk mengganti kaus kaki secara teratur. Pada seseorang yang kakinya mudah berkeringat, gantilah kaus kaki setiap dua kali sehari untuk mencegah jamur berkembang.

  • Kenakan sepatu yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Selalu hindari sepatu yang terbuat dari bahan sintetis, seperti vinil dan karet.

Baca juga: Gejala Tinea Pedis Dapat Berbeda, Ini Penjelasannya

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, gunakan Halodoc sebagai solusinya. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa perlu antre, pesananmu akan diantarkan sampai ke tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang di smartphone kamu!