10 August 2018

Hindari 4 Kesalahan Ini Setiap Malam Supaya Terlihat Lebih Muda

terlihat lebih muda

Halodoc, Jakarta - Kata ahli, ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat seseorang kelihatan lebih tua dari usia sesungguhnya. Padahal, hidup awet muda tentunya jadi dambaan banyak orang, baik wanita maupun pria. Nah, agar tetap terlihat awet muda, cobalah hindari kesalahan yang sering dilakukan setiap malam ini agar dirimu terlihat lebih muda.

1. Jangan Begadang

 

 

Pertanyaannya, berapa sih waktu ideal tidur yang dibutuhkan seseorang tiap malamnya? Kata ahli seperti dilansir dalam National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur selama 7-9 jam tiap malamnya. Meskipun begitu, tidur selama enam jam juga masih diperbolehkan. Namun, tidak direkomendasikan para ahli. Lalu, apa sih hubungan kurang tidur dengan awet muda?

Baca juga: Tips Mudah untuk Selalu Tampil Awet Muda

Nah, ketika tertidur tubuh, kita akan merevitalisasi dan memperbaiki kerusakan-kerusakan pada jaringan tubuh. Enggak cuma itu, saat tidur tubuh pun akan membuang berbagai racun yang ada dalam tubuh, termasuk kulit.

Andaikan kamu kurang tidur akibat sering begadang, maka proses di atas tentunya tak akan berjalan dengan optimal. Inilah yang ujung-ujungnya bisa memicu penuaan kulit. Harapan kulit terlihat lebih muda pun akan semakin menjauh.

 

2. Sering Tidur Tengkurap

 

Bagi kamu yang suka tidur dengan posisi tengkurap, perlu harap-harap cemas. Meski posisi ini sudah menjadi posisi favoritmu ketika hendak tertidur, cobalah ubah kebiasaan tersebut. Menurut ahli dermatologi, tidur tengkurap merupakan kebiasaan yang bisa mempercepat datangnya penuaan. Lho, kok bisa?

Kata sang ahli, ternyata kebiasaan ini bisa membuat mata menjadi sembab karena tekanan gravitasi. Tekanan ini akan menarik cairan dalam wajah mengalir ke bawah, sehingga menumpuk di bagian mata.

Kondisi tersebut lama-kelamaan bisa membuat kulit wajah menjadi kendur dan kehilangan kolagen. Padahal, kolagen sendiri merupakan protein utama dalam kulit yang  fungsinya mengganti dan memulihkan sel-sel kulit mati.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

3. Kebanyakan Mengonsumsi Si Manis

Enggak sedikit orang-orang yang sering mengonsumsi camilan atau makanan manis di malam hari. Nah, yang perlu diingat, Si Manis ini enggak hanya berhubungan dengan diabetes saja, lho. Konsumsi gula yang berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan merusak kolagen.

Selain itu, kata ahli kulit dari San Diego, California, Amerika Serikat, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa mengakibatkan hilangnya cahaya dari wajah, lingkaran hitam di bawah mata, menimbulkan garis-garis halus, kerutan di kulit, meningkatkan ukuran pori-pori, hingga menyebabkan hilangnya kontur wajah. Sederet masalah kulit di atas ini disebabkan oleh proses glikasi, yaitu molekul gula yang menempel pada serat protein di setiap sel tubuh.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindarilah konsumsi makanan dan minuman manis di malam hari agar kulit tetap terlihat lebih muda.

 

4. Aneka Macam Produk Kulit

 

Kamu yang terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit juga perlu waspada. Pasalnya, enggak sedikit wanita yang memakai banyak produk kecantikan sebelum tidur di malam hari. Hal yang perlu diingat, enggak semua produk perawatan kulit itu cocok dengan jenis kulitmu.

Baca juga: Banyak Tertawa Bikin Awet Muda

Contohnya, produk yang mengandung retinol untuk mencegah kulit keriput, bisa menimbulkan masalah bila dicampur dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide (untuk melawan jerawat). Kedua campuran inilah yang nantinya justru membuat kulit kering dan meningkatkan iritasi pada kulit.

Selain itu, kedua produk tersebut juga bisa menimbulkan peradangan, sehingga memunculkan garis-garis halus pada wajah. Oleh sebab itu, gunakanlah produk yang sesuai dengan kondisi kulitmu agar kulit terlihat lebih muda. Kamu bisa lho bertanya langsung pada dokter kulit agar perawatan kulit berlangsung aman dan efektif.

Nah, sudah tahu kan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kulit menua. Yakin masih ingin tetap melakukan kebiasaan di atas tiap malam?

Kamu bisa lho menanyakan masalah-masalah di atas pada dokter melalui  aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!