• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 4 Makanan Ini untuk Hindari BB Naik Selama Puasa

Hindari 4 Makanan Ini untuk Hindari BB Naik Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Selama berpuasa, banyak orang yang berpikir jika kenaikan berat badan dapat dihindari. Padahal kenyataannya, berpuasa mampu membuat sebagian besar orang justru mengalami kenaikan berat badan karena makanan tinggi kalori yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Puasa membuat sebagian besar orang tidak bisa menjaga pola makan sehat yang menjadi pemicu dari kenaikan berat badan. Berikut jenis makanan yang perlu dihindari saat puasa!

Baca juga: Puasa Bisa Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Corona

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari saat Puasa

Berpuasa seharian bukan berarti boleh mengonsumsi apapun saat berbuka. Jika kebiasaan ini dilakukan selama sebulan lamanya, alih-alih memiliki berat badan ideal, kamu justru mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Ini jenis makanan yang perlu dihindari saat puasa:

  • Makanan Bersantan

Ramadhan identik dengan makanan bersantan, seperti kue, gulai, atau kolak. Padahal, makanan bersantan merupakan salah satu jenis makanan yang perlu dihindari saat puasa karena kandungan tinggi kalori dan lemak yang dapat memberatkan kerja sistem pencernaan.

  • Makanan yang Digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung tinggi kalori dan lemak. Selain itu, tepung pada makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan penyerapan karbohidrat pada tubuh. Makanan digoreng juga mengandung tinggi lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena kandungan-kandungan tersebut, berat badan akan ikut naik.

  • Junk Food

Junk food mengandung tinggi garam, gula, serta lemak jenuh di dalamnya yang mampu meningkatkan berat badan secara signifikan jika sering dikonsumsi. Bukan hanya itu saja, junk food memiliki kandungan serat yang sedikit, sehingga akan sulit untuk dicerna. Hal tersebut akan memengaruhi metabolisme, serta sistem pencernaan.

  • Makanan dengan Tepung Terigu

Makanan bertepung menjadi makanan yang perlu dihindari saat puasa, karena dapat membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Jika ingin memiliki berat badan ideal setelah berpuasa, kamu harus menjauhi jenis makanan yang satu ini.

Makanan yang perlu dihindari saat puasa yang terakhir adalah daging olahan. Daging olahan mengandung tinggi sodium yang mampu meningkatkan berat badan secara signifika. Bukan hanya sodium, daging olahan juga mengandung tinggi lemak dan gula di dalamnya. 

Baca juga: Ini 6 Makanan Pelancar Haid Saat Puasa

Penuhi 3 Nutrisi Penting saat Puasa

Pentingnya memenuhi nutrisi dalam tubuh selama berpuasa, karena tubuh hanya bisa mengosumsinya sebanyak dua kali, yaitu saat berbuka dan sahur. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bukan hanya mampu menghilangkan lapar dan dahaga saja, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut nutrisi penting saat puasa yang wajib dipenuhi:

  • Protein

Protein menjadi nutrisi penting saat puasa yang harus dipenuhi, karena protein nantinya akan diolah menjadi sumber energi dalam tubuh. Saat protein terpenuhi, tubuh akan mendapatkan cukup glikogen sebagai bahan bakar. Asupan protein  sendiri bisa kamu dapatkan dari telur, kacang-kacangan, daging, atau produk olahan susu. 

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama. Jika nutrisi penting saat puasa yang satu ini tidak tercukupi dengan baik, kamu akan merasa kurang bertenaga dan lemas seharian. Pastikan untuk mendapat asupan karbohidrat kompleks dari nasi merah, gandum utuh, atau nasi cokelat saat sahur. Sedangkan saat berbuka, konsumsi karbohidrat sederhana yang mudah dicerna tubuh.

  • Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi penting saat puasa yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat juga mampu membantu menurunkan kolesterol, serta menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.  Makanan yang menjadi sumber serat terbaik adalah sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Hindari 4 Menu Makanan Ini saat Berbuka Puasa

Nutrisi penting saat puasa yang wajib dipenuhi selanjutnya adalah vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya yaitu vitamin C, vitamin A, dan zinc. Kamu dapat menikmati sejumlah vitamin dan mineral tersebut dari jeruk, kiwi, hati sapi, susu, bayam, atau wortel. Untuk mengetahui seberapa banyak kandungan yang diperlukan oleh tubuh, kamu dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Liputan6.com. Diakses pada 2020. Hindari 5 Tipe Makanan Ini untuk Cegah Kenaikan Berat Badan Selama Puasa.

Healthline. Diakses pada 2020. 6 Essential Nutrients and Why Your Body Needs Them.

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the 6 essential nutrients?