Hindari 6 Hal Ini agar Kencan Pertama Sukses

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hindari 6 Hal Ini agar Kencan Pertama Sukses

Halodoc, Jakarta - Orang bilang, kesan pertama sangatlah penting dan menentukan kelanjutan suatu hubungan. Itulah sebabnya tak jarang yang merasa gugup bukan main saat akan melakukan kencan pertama, saking inginnya mendapat kesan pertama yang baik. Nah, agar kencan pertama kamu sukses, ketahui beberapa hal yang perlu kamu hindari berikut ini, yuk!

1. Terlalu Bersemangat 

Jika pasangan kencan adalah orang yang memang sudah lama diidamkan, atau merasa sudah klop sejak pertama bertemu, sebaiknya jangan sampai hal-hal itu membuat kamu terlalu bersemangat, ya. Sebab, jika kamu terlalu bersemangat dan terlalu intens dalam menyampaikan ketertarikan pada kencan pertama, sang pasangan kencan bisa saja merasa terbebani.

Sebab, ada beberapa tipikal orang yang perlu melakukan pengenalan lebih lanjut terlebih dahulu, sebelum bisa melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Sebaiknya, buatlah suasana menjadi nyaman dengan banyak mengobrol tentang masing-masing, dan jangan dulu mengutarakan rasa suka. Jika ingin pertemuan dan hubungan berlanjut, kamu cukup bertanya padanya kapan bisa bertemu dan ngobrol-ngobrol lagi. 

Baca juga: Anti-Mainstream! Ini 5 Ide Kencan yang Bisa Bikin Iri Followers

2. Selalu Mengecek Ponsel 

Di zaman ini, hampir semua orang punya ponsel, dan mungkin menghabiskan banyak waktunya untuk mengeksplorasi berbagai fitur yang ada di dalamnya. Namun, saat kamu sedang melakukan kencan pertama, sebaiknya tahan diri untuk tidak selalu mengecek ponsel, ya. Simpan ponsel dalam tas atau saku, dan fokuslah pada pasangan kencan kamu.

Sebab jika kamu selalu mengecek ponsel, pasangan kencan kamu bisa saja menangkap sinyal bahwa kamu tidak tertarik padanya dan lebih tertarik pada dunia virtual dalam ponselmu. Lebih parahnya, bisa saja ia menyangka kamu sudah memiliki pasangan lain yang perlu kamu kabari setiap saat. 

3. Terlalu Banyak Cerita tentang Diri Sendiri 

Hindari terlalu banyak cerita tentang diri sendiri saat kencan pertama, jika ingin kencan pertama kamu sukses. Sebab, hal ini hanya akan meninggalkan kesan bahwa kamu adalah orang yang egois, mau menang sendiri, dan tidak tertarik pada hal-hal tentang pasangan. 

Baca juga: 6 Tips Mencari Pasangan Melalui Internet

Pada beberapa kasus, terlalu banyak cerita tentang diri sendiri juga bisa disebabkan oleh rasa gugup yang luar biasa. Saking tidak tahu bagaimana membuka percakapan, atau takut salah bertanya tentang pasangan kencan, kamu bisa saja memilih untuk bercerita tentang diri sendiri saja. 

Nah, bagi kamu yang sering gugup saat menghadapi kencan pertama, kamu bisa kok diskusi lebih jauh dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Sekarang, diskusi dengan psikolog bisa dilakukan kapan dan di mana saja di aplikasi Halodoc, lewat fitur Chat atau Voice/Video Call. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasinya di ponselmu, ya.

4. Tidak Sopan pada Orang Lain

Saat kencan pertama, penting untuk menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang memiliki sikap baik dan sopan pada siapapun. Sebagai contoh, ketika mengunjungi restoran, jangan sampai kamu bersikap tidak sopan pada pelayan. Sebab, pasangan kencan bisa saja menyimpulkan bahwa kamu bukanlah orang baik, dan hanya pura-pura sopan padanya karena ingin membuatnya terkesan.

Baca juga: Alasan Jadi Perempuan Agresif, Yay or Nay?

5. Membahas Topik Kontroversial

Saat kencan pertama, sebaiknya bahas hal-hal yang berkaitan tentang diri masing-masing saja, seperti apa hobi yang dilakukan pada waktu luang, makanan favorit, tempat nongkrong favorit, atau pekerjaan. Hindari topik-topik berat nan kontroversial, seperti pilihan politik, saat kencan pertama. 

Sebab, setiap orang tentu punya pandangannya sendiri terhadap segala sesuatu dan belum tentu pasangan kencanmu memiliki pandangan yang sama dengan kamu. Jagalah agar arah pembicaraan tentang politik seminimal mungkin. Jika topik tersebut tiba-tiba hadir, alihkan menjadi lelucon lucu atau bahan bercanda.

6. Membicarakan Mantan

Siapa sih yang suka membicarakan tentang masa lalu? Apalagi dengan orang yang baru dikenal, seperti saat kencan pertama. Jika kamu membicarakan soal mantan pada kencan pertama, pasangan kencanmu akan merasa tidak spesial dan menganggap kamu masih terbayang-bayang tentang hubungan yang sudah berlalu. Pembicaraan tentang mantan bisa dibahas ketika telah mencapai hubungan yang lebih dalam.

Referensi:
Eflirt Expert. Diakses pada 2019. 7 Tips To Make That First Date a Success.
The Sydney Morning Herald. Diakses pad 2019. How to succeed on a first date: a scientific guide.