• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 6 Kesalahan Ini saat Berolahraga

Hindari 6 Kesalahan Ini saat Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hindari 6 Kesalahan Ini saat Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, pernahkah kamu sudah berusaha keras olahraga, tetapi hasilnya tidak kunjung terlihat? Sebaiknya perhatikan lagi olahraga yang kamu lakukan. Jangan-jangan, tanpa disadari, kamu telah melakukan kesalahan-kesalahan yang umum terjadi saat berolahraga.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Berolahraga

Bukan hanya hasilnya yang kurang maksimal, melakukan kesalahan saat olahraga meningkatkan berbagai risiko. Mulai dari cedera, hingga alami gangguan fisik. Untuk itu, sebaiknya ketahui beberapa kesalahan yang umum terjadi ketika kamu berolahraga. Yuk, simak ulasannya, di bawah ini!

Kesalahan saat Berolahraga

Ada banyak manfaat olahraga yang bisa kamu rasakan. Mulai dari meningkatkan kekuatan tubuh, meningkatkan imunitas, hingga menurunkan risiko gangguan mental. Bahkan, tidak sedikit orang yang rutin melakukan olahraga karena menginginkan berat dan bentuk tubuh yang ideal. Hal ini bisa terjadi ketika kamu melakukan olahraga dengan tepat.

Namun, pernahkah kamu melakukan olahraga dan tidak merasakan hasilnya? Wah, jangan-jangan tanpa disadari, kamu telah melakukan kesalahan dalam berolahraga. Selain hasilnya yang tidak optimal, kesalahan saat berolahraga dapat menyebabkan cedera fisik, loh.

Berikut ini beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat berolahraga:

1.Melewatkan Pemanasan

Sebelum berolahraga, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghangatkan otot-otot agar lebih fleksibel saat digunakan berolahraga. Dengan begitu, saat kamu melakukan olahraga, kamu akan terhindar dari kondisi cedera atau kram otot. Untuk melakukan pemanasan, tidak ada salahnya lakukan gerakan ringan secara berulang selama beberapa menit.

2.Tidak Konsisten

Sebaiknya atur waktu untuk berolahraga agar kamu bisa melakukan kegiatan ini secara konsisten. Tidak konsisten menjadi kesalahan umum yang dilakukan dalam berolahraga. Hal ini membuat hasil olahraga yang kamu lakukan menjadi tidak optimal.

Baca juga: Kram Saat Olahraga? Begini 4 Cara Menghentikannya

3.Teknik yang Salah

Ketika kamu ingin melakukan satu jenis olahraga, pastikan kamu mengerti tekniknya dengan baik. Memahami teknik yang salah membuat usaha keras kamu dalam olahraga kurang mendapatkan hasil optimal. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan risiko cedera. 

4.Melakukan Olahraga yang Sama Terus Menerus

Melansir Huffpost, tubuh tidak akan menjadi lebih baik ketika kamu melakukan olahraga yang sama secara terus-menerus. Hal ini dapat membuat kamu merasa bosan dan tidak konsisten dalam berolahraga. Lakukanlah olahraga dengan variasi gerakan maupun jenisnya untuk meningkatkan semangat dalam olahraga.

5.Olahraga Berlebihan

Hindari olahraga berlebihan. Bukannya mendapatkan manfaat berolahraga, berlebihan dalam berolahraga dapat meningkatkan berbagai risiko. Mulai dari cedera fisik, gangguan kesehatan, hingga cedera otot. Idealnya, dalam satu hari kamu perlu berolahraga selama 20–35 menit. Hal yang perlu diingat adalah konsistensi agar hasil olahraga dapat dirasakan dengan maksimal. 

6.Tidak Memenuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Tetap penuhi kebutuhan cairan saat berolahraga. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membuat olahraga akan terasa lebih nyaman. Selain itu, saat kamu memenuhi kebutuhan cairan, kondisi ini akan membantu pelumasan sendi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko peradangan dan cedera. Cairan dalam tubuh juga membantu membawa energi dan nutrisi dalam tubuh. Dengan begitu, olahraga akan terasa lebih maksimal.

Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat berolahraga. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan kesehatan yang kamu alami setelah berolahraga. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2020. 17 Common Exercise Mistakes People Make When Working Out at Home.
Forbes. Diakses pada 2020. 12 Common Workout Mistakes You’re Probably Making.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Stop Making These Common Workout Mistakes.