• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 6 Makanan Ini untuk Diberikan ke Anjing

Hindari 6 Makanan Ini untuk Diberikan ke Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Bagi penyayang anjing, berbagai bersama anjing kesayangan adalah hal keseharian yang dilakukan. Mulai dari berbagi waktu, kasih sayang, hingga beberapa jenis makanan pun kerap dibagi untuk anjing. Namun, sebelum memberikan jenis makanan tertentu, tidak ada salahnya ketahui jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh anjing.

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Ada berbagai jenis makanan yang dapat membuat kesehatan manusia menjadi lebih baik. Namun, jangan memberikan makanan manusia pada anjing sembarangan. Salah memberikan jenis makanan dapat meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan pada anjing. Untuk itu, simak berbagai makanan yang perlu dihindari anjing!

Hindari Jenis Makanan Ini untuk Anjing

Buah, sayur, cokelat, hingga kacang-kacangan memiliki manfaat yang baik bagi manusia. Namun, sebaiknya jangan memberikan jenis makanan tertentu pada anjing kesayangan. Bukan hanya dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada kulit maupun bulunya, memberikan makanan yang berbahaya bagi anjing dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya. Mulai dari gangguan kesehatan tulang, hingga pencernaan.

Berikut ini jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh anjing:

1.Kacang Almond

Kacang almond menjadi camilan sehat bagi pemilik anjing. Namun, jangan memberikan makanan ini untuk anjing kesayangan kamu. Kacang almond dinilai dapat meningkatkan risiko penyumbatan pada esofagus dan merusak tenggorokan jika tidak dikunyah dengan baik oleh anjing. 

Selain itu, kacang almond menjadi salah satu jenis makanan yang sulit dicerna oleh saluran pencernaan anjing. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan usus dan lambung sehingga memicu sakit perut, diare, muntah, gas berlebih, hingga kehilangan nafsu makan.

2.Buah Alpukat

Jangan pernah memberikan buah alpukat pada anjing kesayanganmu. Buah alpukat dinilai memiliki kandungan persin yang cukup tinggi sehingga membahayakan kesehatan anjing. Kandungan ini dapat memicu muntah hingga diare pada anjing.

3.Bawang Bombay dan Bawang Putih

Ingin mengolah sendiri makanan untuk anjing kesayangan kamu? Boleh saja, asal hindari penggunaan bawang bombay dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini dapat menyebabkan gangguan pada sel darah merah anjing sehingga anjing rentan mengalami anemia

Perhatikan jika anjing mengalami kondisi lemas, muntah, hingga gangguan pernapasan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang. Segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai kondisi kesehatan anjing kesayanganmu. 

Baca juga: Bolehkah Anjing Diberi Makan Es Krim?

4.Makanan dan Minuman Berkafein

Jangan memberikan makanan maupun minuman dengan kandungan kafein pada anjing kesayanganmu. Kafein dapat membuat gangguan detak jantung pada anjing. Tidak hanya itu, kandungan kafein dinilai mampu merangsang sistem saraf pada anjing. 

Mengonsumsi kafein dapat membuat anjing mengalami gelisah, haus yang berlebihan, kesulitan menahan buang air kecil, muntah, hingga diare. Bahkan, kelebihan jumlah kafein dapat meningkatkan risiko kematian pada anjing. Hindari memberikan teh, kopi, soda, alkohol, hingga cokelat pada anjing.

5.Cokelat

Selain mengandung kafein, cokelat memiliki kandungan lain yang berbahaya bagi anjing, yaitu methylxanthines. Kandungan ini dapat memicu proses metabolisme dalam tubuh anjing terhenti. 

Sedikit saja mengonsumsi cokelat, anjing berisiko mengalami diare hingga muntah. Bahkan, pengonsumsian cokelat dalam jumlah besar bisa memicu kematian pada anjing. 

6.Anggur

Buah anggur menjadi buah yang harus dihindari oleh anjing. Tidak peduli usia atau ras anjing, mengonsumsi buah anggur dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang sangat fatal. Salah satunya memicu gangguan pada ginjal anjing. Untuk itu, pemilik anjing sebaiknya berhati-hati dalam pemilihan jenis makanan untuk anjing.

Baca juga: Mengapa Anjing Dilarang untuk Makan Cokelat?

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh anjing. Untuk tahu lebih banyak mengenai jenis makanan yang berbahaya bagi anjing, kamu bisa tanya langsung pada dokter hewan melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Human Foods Dogs Can and Can’t Eat.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Fruits and Vegetables Dogs Can or Can’t Eat.
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Foods Your Dog Should Never Eat.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Human Foods That Can Be Fatal to Dogs.