• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 8 Makanan Ini untuk Mencegah Hipertensi

Hindari 8 Makanan Ini untuk Mencegah Hipertensi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi masih menjadi momok menakutkan, karena dapat memicu berbagai komplikasi serius. Itulah sebabnya, pengidap hipertensi perlu melakukan perubahan gaya hidup dan memerhatikan pola makan, jika ingin mencegah melonjaknya tekanan darah. 

Ya, soal pola makan, ada beberapa makanan yang perlu dihindari oleh pengidap hipertensi, jika tidak ingin mengalami kekambuhan. Apa saja makanan yang perlu dihindari? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: 5 Tips Berpuasa yang Aman Bagi Pengidap Hipertensi

Cegah Hipertensi dengan Hindari Makanan Ini

Gaya hidup dan pola makan yang tidak terjaga dapat membuat hipertensi kambuh, dan ini tentunya tidak baik bagi pengidapnya. Secara umum, pengidap hipertensi perlu menghindari atau membatasi asupan garam, gula, dan lemak jenuh.

Terkhusus garam, The 2015-2020 Dietary Guidelines for Americans mengungkapkan bahwa orang yang mengidap hipertensi sebaiknya membatasi asupan garam harian menjadi hanya sekitar 1.500 miligram.

Berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari jika ingin mencegah hipertensi:

1.Daging Olahan

Daging olahan biasanya diolah sedemikian rupa, agar awet. Metode yang digunakan biasanya adalah menggunakan garam atau natrium dalam jumlah yang banyak. Dalam satu porsi daging olahan dengan berat sekitar 2 ons, terkandung sekitar 500 miligram natrium, atau lebih.

2.Pizza

Makanan khas Italia ini juga perlu dihindari pengidap hipertensi, karena kombinasi keju, daging olahan, hingga saus tomat dan lapisan roti, banyak mengandung natrium.

Bayangkan saja, satu porsi pizza keju dapat mengandung lebih dari 700 miligram natrium, terkadang bisa lebih. Semakin tebal lapisan pizza dan lebih banyak variasi toppingnya, maka kadar natriumnya semakin tinggi.

Baca juga: Mana yang Lebih Berbahaya, Hipertensi atau Hipotensi?

3.Makanan Kalengan

Makanan kaleng, seperti acar, tomat, atau sup, biasanya mengandung banyak garam, agar lebih tahan lama. Oleh karena itu, pengidap hipertensi perlu menghindari konsumsi makanan kaleng, dan sebisa mungkin memilih bahan makanan yang segar saja. 

4.Acar

Meski tampak menyehatkan karena terbuat dari potongan sayuran seperti wortel dan timun, acar merupakan salah satu makanan yang perlu dihindari pengidap hipertensi. Alasannya karena biasanya acar diberi tambahan garam supaya lebih tahan lama. 

5.Makanan yang Digoreng

Goreng-gorengan juga tidak baik bagi pengidap hipertensi, sehingga perlu dihindari. Sebab, makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Ambil contoh kentang goreng, dalam satu porsinya, terkandung sekitar 19 gram lemak dan 270 miligram natrium, sehingga ini menjadi pantangan bagi pengidap hipertensi/.

6.Makanan Manis

Makanan dan minuman manis seperti permen, soda, atau kue, mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Meski tidak memengaruhi hipertensi secara langsung, konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, yang menjadi pemicu hipertensi. 

Tumpukan lemak dalam tubuh saat mengalami obesitas membuat jantung bekerja ekstra menyempitkan pembuluh darah, sehingga terjadilah hipertensi. Oleh karena itu, pengidap hipertensi juga perlu memerhatikan asupan gula hariannya. 

Baca juga: Ini Manfaat Puasa bagi Pengidap Hipertensi

7.Kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan kelebihan kortisol dan hormon adrenalin yang menyebabkan peningkatan tekanan darah lebih lanjut.

8.Alkohol

Suka mengonsumsi minuman beralkohol? Jika kamu adalah seorang pengidap hipertensi, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan ini, deh. Konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi ringan dan penambahan berat badan dalam jangka panjang. Keduanya adalah faktor yang bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari pengidap hipertensi. Mulailah dengan membatasi konsumsi berbagai makanan tersebut, disertai pola makan sehat dan seimbang, olahraga teratur, dan mengelola stres dengan baik. 

Jika kamu atau orang terdekat ada yang mengidap hipertensi, penting untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, guna menjalani pemeriksaan, dan beli obat hipertensi yang diresepkan dokter dengan mudah. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Eating with High Blood Pressure: Food and Drinks to Avoid.
Edison Institute of Nutrition. Diakses pada 2021. 15 Foods to avoid with High Blood Pressure.
WebMD. Diakses pada 2021. High Blood Pressure Prevention.