• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 4 Menu Makanan Ini saat Berbuka Puasa

Hindari 4 Menu Makanan Ini saat Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa telah tiba, setiap muslim wajib untuk menjalankan ibadah tersebut dengan menahan haus, lapar, serta emosi. Dengan perasaan lapar karena tidak mendapatkan asupan makanan, banyak orang yang sudah tidak sabar menantikan waktunya berbuka. Semua yang ada di atas meja terlihat sangat menggiurkan.

Saat mengonsumsi banyak makanan tersebut, kamu mungkin mengalami sakit perut setelahnya atau gangguan lainnya. Padahal, saat puasa mengajarkan semua orang untuk bersabar seperti halnya saat berbuka. Maka dari itu, penting juga untuk selalu menghindari beberapa makanan yang dapat menimbulkan dampak buruk saat berbuka. Berikut beberapa makanan tersebut!

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Makanan yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa

Tubuhmu akan terasa sangat lemas ketika sudah memasuki sore hari saat puasa disebabkan tubuh mengalami kekurangan energi. Dengan itu, banyak orang yang tidak sabar menantikan waktunya berbuka. Saat sudah memasuki jamnya, banyak orang yang secara sadar atau tidak sadar langsung memakan semua yang ada di hadapannya.

Namun, sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut karena puasa adalah ibadah yang dilakukan selama satu bulan penuh, penting untuk menjaga kelangsungan tersebut. Makanan buruk yang dikonsumsi saat puasa pun dapat langsung memberikan efek pada tubuh karena perut yang kosong seharian.

Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang kandungannya dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Dengan begitu, kamu dapat menghindari gangguan yang dapat timbul dalam jangka pendek atau jangka panjang. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat berpuasa:

  1. Makanan Tinggi Gula

Salah satu makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa adalah yang kaya akan kandungan gula. Beberapa makanan seperti permen dan cokelat penting untuk dikurangi asupannya karena mengandung kalori yang tinggi dengan gizi yang rendah. Makanan tersebut dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan, sehingga masalah kesehatan dapat terjadi saat dikonsumsi.

Baca juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

  1. Makanan yang Digoreng

Jenis makanan lainnya yang harus dihindari saat buka puasa adalah yang diolah dengan cara digoreng dan sangat berminyak. Makanan tersebut mengandung terlalu banyak lemak dan akan disimpan oleh tubuh sebagai jaringan lemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat berbuka dapat meningkatkan tingkat keasaman pada tubuh dan gangguan pencernaan.

  1. Makanan Pedas

Penting juga untuk menghindari mengonsumsi makanan pedas saat kamu berbuka puasa. Memang tidak perlu berhenti mengonsumsinya, tapi cobalah untuk menguranginya terutama tepat saat berbuka puasa. Hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami gangguan pencernaan hingga diare, yang akhirnya mengganggu penyerapan nutrisi pada tubuh saat puasa. Pasti kamu tidak ingin mengalami diare saat puasa bukan?

  1. Makanan Asin

Penting juga untuk menghindari konsumsi terlalu banyak makanan asin saat berbuka puasa. Seseorang yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam waktu yang lama dapat berisiko terhadap darah tinggi sehingga terjadi hipertensi. Selain itu, hindari konsumsi makanan ini saat sahur agar tidak terjadi dehidrasi selama menjalankan puasa.

Itulah beberapa makanan yang wajib dihindari untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Dengan begitu, kamu dapat memastikan tubuh kamu tetap sehat dan memastikan hanya manfaat dari puasa yang diterima. Sehingga, kamu dapat menjalani ibadah ini dengan lebih serius setiap harinya.

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
The National. Diakses pada 2020. The best foods to eat and avoid during iftar and suhoor.
Khaleej Times. Diakses pada 2020. Ramadan food tips: What to eat and what to avoid.