• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hobi Nonton Marathon? Ini Tips Istirahatkan Mata

Hobi Nonton Marathon? Ini Tips Istirahatkan Mata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Penggemar Netflix dan senang nonton marathon sampai mata sepet? Menurut survei yang dilakukan oleh Netflix, 61 persen penggunanya menonton 2–6 episode dalam sekali duduk. 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine, kebiasaan menonton marathon tidak hanya dapat mengganggu pola tidur, tetapi juga mengganggu kesehatan mata. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Simak pembahasan selengkapnya serta tips mengistirahatkan mata di bawah ini!

Memicu Mata Tegang

Menurut informasi kesehatan yang dipublikasikan oleh Vision Council di Amerika, 80 persen orang di era sekarang ini menggunakan perangkat digital selama lebih dari dua jam per hari. 59 persen dari mereka yang aktif menggunakan perangkat digital mengalami mata tegang, sakit leher dan bahu, serta mata kering dan penglihatan kabur.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Memang, kenikmatan dari menonton marathon tidak bisa dielakkan. Secara psikologis, menonton marathon dapat memberikan efek relaksasi, sehingga memicu kamu untuk melakukannya lagi.

Namun, mengetahui kalau kebiasaan menonton tanpa putus ini dapat mengganggu kesehatan, dalam hal ini adalah kesehatan mata, sangat penting untuk menyiasati supaya mata tetap beristirahat sebagaimana mesti. Berikut ini tips yang bisa dilakukan agar mata senantiasa sehat:

  1. Ambil Jeda

Untuk itulah ada tombol pause, supaya kamu bisa menghentikan tontonan dikala perlu. 10–15 menit adalah durasi yang tepat untuk kamu mengistirahatkan mata, entah itu memejamkannya sebentar atau meninggalkan tontonan dan melakukan aktivitas yang lain.

  1. Jangan Menonton dalam Kegelapan

Memang asyik menonton dengan posisi tiduran, memegang gadget dalam suasana gelap. Namun, justru ini bisa menyebabkan sakit kepala dan mata tegang. Walaupun tidak sampai menimbulkan kerusakan permanen, tetapi tetap saja jangan sering-sering melakukannya. Jika kamu melakukannya, segera istirahatkan mata dengan cara memejamkan mata atau menempelkan irisan timun dingin ke mata.

  1. Aturan 20-20-20

Ponsel, tablet, dan laptop memancarkan sesuatu yang disebut high energy visible atau blue light yang seiring waktu dapat menimbulkan kerusakan pada retina. Mata bisa menjadi kering, lelah, dan cenderung berkedip lebih sering.

Karena itu, kamu disarankan untuk melakukan teknik 20-20-20, yaitu setiap 20 menit menonton dan pandanglah jauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Ini akan membantu memulihkan mata yang tegang karena keasyikan menonton. Perlu diingat, kamu disarankan untuk senantiasa berkedip untuk mencegah mata kering.

  1. Minum Air Secukupnya

Tetap terhidrasi adalah kunci tubuh tetap sehat, termasuk kesehatan mata. Minumlah air bersuhu ruangan dan kurangi minuman soda atau bahkan minuman beralkohol. Akan lebih baik bila kamu menyediakan infused water sembari menonton. Karena seringnya dan keasyikan menonton jadi lupa minum. 

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

  1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup tidak hanya berkaitan dengan kesehatan metabolisme, tetapi juga kesehatan mata. Coba kamu ingat-ingat, apa yang terjadi saat kamu kurang tidur? Tidak saja badan terasa lemah, tetapi juga mata menjadi sayu, kering, pedih, dan lelah. Tidur yang cukup dapat membantu mata mendapatkan rehat yang maksimal ketika sebelumnya dipaksa untuk tetap melek saat menonton.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai tips supaya mata tetap sehat buat kamu yang senang nonton marathon? Tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:

South China Morning Post. Diakses pada 2020. How binge-watching is harming your health, from digital eye strain to increased risk of developing a blood clot.
Optometrists’s Clinic Inc. Diakses pada 2020. Is Watching Too Much Netflix Damaging Your Eyes?
Lone Star Vision. Diakses pada 2020. The Effects of Binge Watching on Eye Health.